Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Anyaman Pemuda Asal Belitung Ini Mendunia Berkat Internet


0

BELITUNG -- Tak banyak anak seumuran Muhammad Hatta, Anak Baru Gede (ABG) asal Belitung kelas 9 sekolah menengah kejuruan di pulau Belitung.

Pemuda berperawakan gemuk ini punya kemampuan yang sangat unik dan biasa hanya dilakoni oleh wanita,yaitu menganyam, membuat pernak-pernik, dan mendesain pakaian wanita.

Sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Hatta menggeluti hobinya ini. Berbagai jenis rajutan ia buat lewat tangannya yang lincah dan gemulai.  Uniknya anyaman karya nya justru menggunakan bahan baku yang di luar pikiran orang banyak. 

Hatta menganyam berbagai jenis produk menggunakan tali rapia dan kantong kresek yang sudah tidak terpakai.

Dari ‘”tarian” tangannya, Hatta mampu menghasilkan berbagai jenis karya yang cukup unik. Mulai dari tas, dompet, topi pantai, tempat ponsel, topi wanita, gantungan kunci, sarung botol minuman, pernak-pernik gantungan kunci anyaman, dan masih banyak lainnya yang benar-benar buatan tangannya.

Binaan Telkom

Hatta merupakan salah satu UKM binaan Telkom yang kini sudah mulai mendigitalkan produk karyanya lewat jalur dunia maya.

Selain meningkatkan hasil produksi dan memenuhi pesanan pelanggannya, Hatta juga mengajari anak-anak muda di sekitar tempat tinggalnya merajut. Ia pun tak sungkan berbagi ilmu dan ikut membina puluhan pemuda di Belitung khususnya Tanjung Pandan untuk punya kemampuan sepertinya dan bisa menghasilkan tambahan uang.

Bahkan Hatta juga menjadi guru ilmu keterampilan di sekolah-sekolah mulai dari SMP hingga SMU. “Setiap hari saya mengajar di sekolah-sekolah. Bidang studi keterempilan seperti ini yang saya ajarkan,” katanya saat dikunjungi IndoTelko di showroom-nya di Tanjung Pandan Belitung.

Menurut Hatta, banyak sekali pesanan yang datang kepadanya.  Kadang kala pesanan-pesanan tersebut sulit dipenuhinya lantaran dia masih bekerja sendiri.  Ia mencontohkan rajutan topi berbahan baku tali rapia. “Topi ini pesanan sebuah sekolah yang ingin tampil dalam sebuah karnaval. Sekitar 150 pesanan topi harus saya buat,” ceritanya.

Masuk Gallery KUKM

Selain memenuhi pesanan pelanggannya, Hatta pun mesti mengisi kebutuhan gallery KUKM Belitung, dimana ia tergabung di dalamnya bersama ratusan pengrajin rumahan lainnya. Dan Hatta merupakan anggota KUKM termuda bahkan sangat muda yang ada di perkumpulan pengrajin asal Belitung ini.

Tak hanya jago menganyam dan membuat pernak-pernik. Hatta juga mampu menciptakan desain baju wanita yang sangat cantik.  Bahkan ia sempat masuk tiga besar dalam lomba desain yang di gelar oleh deaainer nasional Ivan Gunawan dan sempat tampil di Jakarta. “Saya ingin menjadi desainer ternama,” katanya mengungkapkan cita-citanya.

Masuknya Telkom dalam mendukung UKM digital di kawasan Belitung membuat perkembangan industri kerajinan dan rumahan di Belitung selangkah lebih maju.  Hatta pun merasakan hal itu.  Hatta sudah bisa menjual produknya lewat toko online yang disediakan Telkom, seperti Blanja.com.

Ia pun mulai memaksimalkan keberadaan sosial media seperi halnya Facebook.  Ia bercerita, bahwa bantuan Telkom dan bimbingan dari ketua UKM Digital Belitung Ibu Wiji Rahayu yang membuatnya bersemangat mendigitalkan produknya. “Ibu Wiji yang ajarkan saya main internet dan membuat Facebook,” katanya.

Lewat Facebook ia sempat merasakaan penjualan produknya dengan harga yang cukup tinggi.  Sebuah tas wanita yang terbuat dari bahan kantong plastik yang dianyam.  “Waktu itu barangnya hanya satu.  Namun banyak sekali yang mau dan berminat membeli,” ceritanya.  Demi keadilan dan menghindari hal-hal yang tidak enak, Hatta melelang produknya tersebut.  “Tas itu laku Rp.1,5 juta,” katanya.

Sadar akan pengaruh internet dan digitalisasi terhadap karya-karyanya, Hatta kini rajin berinteraksi di dunia maya khususnya Facebook. Ia berangan-angan bahwa produknya bisa dilihat orang dan dikenal.  Mimpinya pun kini semakin meningkat tinggi, ingin sekolah desainer di ibukota.  Ia ingin menjadi desainer yang andal dan mencipta berbagai produk pakaian wanita yang tentu saja dijual dan ditawarkan lewat internet.  Dan kini dunia sudah di tangan Hatta.

(***)

Sumber: Indotelko.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

12 Kebiasaan Terbaik Agar Hidup Menjadi Sukses

Jika kamu berkomitmen untuk bisa meraih kebahagiaan dan kesuksesan, maka kerjakan lah ke-12 hal ini ke dalam rutinitas harian kamu, Sobiz :) Kita sering melakukan hal-hal yang biasa dilakukan dalam ...

9 Orang Sukses yang Buktikan Usia Bukan Penghalang Mereka

Ketika usia seseorang mencapai 30 tahun, rasa takut untuk tidak sukses mulai menghantui. Berbagai usaha dilakukan untuk meraih titik sukses. Berikut ini adalah sembilan orang sukses yang banyak mengal ...

Quotes: Berani Sukses Berani Memulai

"If You Have The Courage to Begin, You Have The Courage to Succeed." David Viscott Ajeng Kusuma Wardhani ...

Sukses Berbisnis Boneka Lumut, Pria Ini Raup Omzet Puluhan Juta Per Bulan

Merintis bisnis sejak muda sedang jadi tren. Ini juga yang dijalani Faldi Adisajana, memulai bisnis boneka lumut sejak duduk di semester 5 Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran. Faldi terinsp ...

Meski Bertubuh Kerdil, Doris Sukses Geluti Dunia Fashion

Sebagian orang berpikir fashion hanya cocok dikenakan oleh pemilik tubuh ideal. Tentu hal ini salah. Seorang perempuan yang memiliki keterbatasan fisik ini mampu membuktikan bahwa fashion dapat dikena ...

Bikin Lukisan dari Pita Kaset, Pria Ini Raup Omzet Rp 10 Juta/Bulan

Membuahkan rupiah dari hasil karyanya sendiri tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Muhammad Fitri Mawardi, mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mahasiswa yang kini duduk di semester 5 ju ...

Dari Bantu Suami, Kini Sukses Bisnis Jamu Rasa Kopi

Rasanya yang terasa pahit, membuat banyak orang menghindari konsumsi jamu. Namun keengganan orang meminum jamu karena rasa tersebut, ditangkap sebagai peluang bisnis untuk membuat produk 'jamu ra ...

Tajam dan Menguntungkan, Pria Ini Raup Puluhan Juta Rupiah dari Produksi Senjata Tajam

Bagi pandangan orang umumnya, bisnis yang ditekuni Ibrahim Kadir bisa jadi terbilang sangat langka, bahkan terkesan menyeramkan. Pria asal Jakarta ini 10 tahun terakhir memproduksi dan berjualan senja ...

Quotes: The Way You Work in The Best Way Possible!

If you're gonna make connections which are innovative. You have to not have the same bag of experiences as everyone else does! Ajeng Kusuma Wardhani ...

Raup Puluhan Juta Rupiah dari Kerajinan Koran Bekas

Meski jumlahnya masih sedikit, namun mulai banyak orang-orang yang memilih menjadi social entrepreneur, salah satunya Aling Nur Naluri. Namanya sudah cukup dikenal sebagai salah satu founder dari Ranc ...