Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Berbekal Resep Rumahan, Black Garlic Raih Omset Miliaran


0

Sesibuk apa pun bekerja, sebagai wanita tentu Anda rindu memasak dan menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga. Begitu pula Anda yang kurang pintar memasak, sesekali ingin juga, dong menyajikan hasil masakan sendiri.

Berdasarkan hal itu, Michael Saputra (33), Olivia Wongso (39), Willy Haryanto (35), dan Ardo Adiwidjaja (33) memulai bisnis pengiriman bahan makanan siap masak berlabel Black Garlic pada Juli 2015. “Waktu itu saya dan teman-teman baru saja menikah dan punya anak. Kami repot kalau harus belanja dulu, terus memasak, dan sebagainya. Makan di luar terus-menerus enggak mungkin. Yang wanita juga ingin memasak untuk keluarga. Akhirnya kami mencari solusi, yang cocok untuk orang-orang yang mengalami hal yang sama,” ujar Michael saat ditemui di kantor Black Garlic di daerah Kebayoran Baru, Jakarta. 

Solusinya, membuat layanan belanja dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak. “Kami membuat bisnis yang bisa membantu orang-orang yang enggak punya banyak waktu untuk belanja, Black Garlic. Black Garlic mengirimkan bahan-bahan segar siap masak. Semua sudah kami siapkan dan kami takar untuk porsi 2 dan 4 orang,” ujarnya. 

Harga menu per porsi dibanderol sekitar Rp 25-300 ribu, tergantung pada jenis bahan. Tak hanya hemat waktu karena bahan sudah tersedia, bumbu pun dikirim dalam keadaan jadi dan sudah diolah, sehingga Anda tinggal menambahkannya ke dalam masakan.

Agar pelanggan tidak bosan, setiap minggunya Black Garlic mengeluarkan 11 menu berbeda. Rasanya dijamin enak, mengingat resep-resep Black Garlic digarap melewati persetujuan William Wongso (69), maestro kuliner Indonesia yang juga penasihat kuliner maskapai Garuda Indonesia. “Menu kami tiap minggu terdiri dari 7 menu utama, 3 menu sarapan dan menu anak-anak, serta 1 menu makanan penutup,” perinci Michael. 

Dalam kurun 1,5 tahun, bisnis ini berkembang pesat. “Juli 2015, kami cuma mengirim 50 boks per bulan. Satu boks bisa berisi beberapa porsi menu, termasuk 11 menu sekaligus, pesanan pelanggan untuk seminggu. November 2016 kami sudah mengirim 2.200 boks dalam sebulan,” ujar Michael.

Untuk media promosi, tim Black Garlic melakukannya melalui jalur online maupun offline. ”Titik beratnya di online. Dari memasang iklan, mengirim newsletter, membuat kampanye, semua bisa diperhitungkan,” ujarnya.

Untuk promosi offline, mereka mengirim perwakilan ke arisan ibu-ibu. Dalam akun Instagram @BlackGarlicID, dipasang video tutorial dan fakta seputar masakan dan bahan-bahannya. Kini Black Garlic meraup omzet rata-rata Rp 1,5 miliar per bulan. 

(***)

Sumber: Tabloid Bintang 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Hebat! Mahasiswa UI Sukses Olah Limbah Makanan Menjadi Kapsul Nutrisi

Lima mahasiswa Universitas Indonesia menciptakan Aspergyomega, kapsul bernutrisi dari limbah ampas singkong dan tahu.  Aspergyomega diyakini dapat menjadi alternatif pengganti minyak ikan ...

Inovasi Plastik Berbahan Singkong dan Rumput Laut

Plastik konvensional (terdiri dari zat-zat kimia polimer tak mudah terurai) yang notabene merupakan simbol kemudahan dalam dunia industri kemasan, namun malah menjadi masalah besar untuk Indonesia dan ...

Fotografer Difabel Asal Banyuwangi Jadi Sorotan Dunia

Tidak ada yang mampu menghalangi pria berumur 24 tahun bernama Achmad Zulkarnain ini untuk menggeluti hobinya yang kini menjadi pekerjaannya. Meski awalnya ia dipandang rendah oleh orang-orang seki ...

Hebat! Inilah 10 Anak Muda Indonesia Terkaya Versi Majalah Forbes

Mereka yang masuk daftar dinilai memiliki potensi menjadi pemimpin atau pengusaha di masa depan. Dilansir dari Tempo, Sabtu (09/1292017) mendapati data dari majalah Forbes, edisi akhir Novemb ...

Kisah Kania Annisa Anggiani Sukses Membangun Chic&Darling

“We make things that speaks to your heart” begitu kalimat pembuka akun Chic&Darling di Instagram (IG). Ini adalah  akun yang isinya menjual produk-produk kreatif, unik dan mena ...

Jatuh Bangun Bisnis Kecantikan Beromzet Ratusan Juta

Kejelian melihat peluang merupakan salah satu unsur keberhasilan mengembangkan bisnis. Tidak perlu pusing mencarinya, mungkin saja peluang tersebut ada di setiap kebiasaan kita. Dilansir dari&am ...

Dari Hobi Menuju Bisnis ala Anita Briana Dewi

Kecintaan Anita Briana Dewi menjelajahi berbagai destinasi wisata berbuah hoki. Dia berhasil mendirikan agen perjalanan wisata Travellover Jogja yang bersitus di www.travelloverjogja.com. Bukan sembar ...

10 Pebisnis Online Muda Terkaya Sejagat

Kamu tahu bahwa Kamu telah berhasil ketika berada di surat kabar atau majalah dan terpublikasi/ diketahui oleh banyak orang. Ada begitu banyak cara untuk menghasilkan uang melalui bisnis online. Hal i ...

4 Fakta Kisah Inspiratif dari Orang-orang Tak Terduga Sukses Sentuh Nuranimu

Berbagi kepada sesama, tak harus menunggu kaya. Dengan apa yang kamu miliki semua bisa terjadi. Tak perlu jabatan atau status yang tinggi untuk bisa memberikan kontribusi kepada orang lain. Kebaikan b ...

Apakah Sukses Selalu Identik dengan Materi?

Sukses adalah pencapaian dari sebuah tujuan. Apakah kesuksesan hidup identik sukses dan kaya raya? Berlayar keliling dunia dengan yatch mewah sambil menikmati santapan mahal? Ke temat-tempat wisa ...