Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Berbekal Resep Rumahan, Black Garlic Raih Omset Miliaran


0

Sesibuk apa pun bekerja, sebagai wanita tentu Anda rindu memasak dan menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga. Begitu pula Anda yang kurang pintar memasak, sesekali ingin juga, dong menyajikan hasil masakan sendiri.

Berdasarkan hal itu, Michael Saputra (33), Olivia Wongso (39), Willy Haryanto (35), dan Ardo Adiwidjaja (33) memulai bisnis pengiriman bahan makanan siap masak berlabel Black Garlic pada Juli 2015. “Waktu itu saya dan teman-teman baru saja menikah dan punya anak. Kami repot kalau harus belanja dulu, terus memasak, dan sebagainya. Makan di luar terus-menerus enggak mungkin. Yang wanita juga ingin memasak untuk keluarga. Akhirnya kami mencari solusi, yang cocok untuk orang-orang yang mengalami hal yang sama,” ujar Michael saat ditemui di kantor Black Garlic di daerah Kebayoran Baru, Jakarta. 

Solusinya, membuat layanan belanja dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak. “Kami membuat bisnis yang bisa membantu orang-orang yang enggak punya banyak waktu untuk belanja, Black Garlic. Black Garlic mengirimkan bahan-bahan segar siap masak. Semua sudah kami siapkan dan kami takar untuk porsi 2 dan 4 orang,” ujarnya. 

Harga menu per porsi dibanderol sekitar Rp 25-300 ribu, tergantung pada jenis bahan. Tak hanya hemat waktu karena bahan sudah tersedia, bumbu pun dikirim dalam keadaan jadi dan sudah diolah, sehingga Anda tinggal menambahkannya ke dalam masakan.

Agar pelanggan tidak bosan, setiap minggunya Black Garlic mengeluarkan 11 menu berbeda. Rasanya dijamin enak, mengingat resep-resep Black Garlic digarap melewati persetujuan William Wongso (69), maestro kuliner Indonesia yang juga penasihat kuliner maskapai Garuda Indonesia. “Menu kami tiap minggu terdiri dari 7 menu utama, 3 menu sarapan dan menu anak-anak, serta 1 menu makanan penutup,” perinci Michael. 

Dalam kurun 1,5 tahun, bisnis ini berkembang pesat. “Juli 2015, kami cuma mengirim 50 boks per bulan. Satu boks bisa berisi beberapa porsi menu, termasuk 11 menu sekaligus, pesanan pelanggan untuk seminggu. November 2016 kami sudah mengirim 2.200 boks dalam sebulan,” ujar Michael.

Untuk media promosi, tim Black Garlic melakukannya melalui jalur online maupun offline. ”Titik beratnya di online. Dari memasang iklan, mengirim newsletter, membuat kampanye, semua bisa diperhitungkan,” ujarnya.

Untuk promosi offline, mereka mengirim perwakilan ke arisan ibu-ibu. Dalam akun Instagram @BlackGarlicID, dipasang video tutorial dan fakta seputar masakan dan bahan-bahannya. Kini Black Garlic meraup omzet rata-rata Rp 1,5 miliar per bulan. 

(***)

Sumber: Tabloid Bintang 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Bisnis UKM dengan Prospek Cerah di Tahun 2017

Bisnis adalah salah satu jalan menuju kesuksesan finansial. Namun, untuk memulai bisnis dibutuhkan modal tak sedikit. Nah, untuk kamu yang punya rencana meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan dan mul ...

Warga Desa Ini Manfaatkan Internet untuk Perluas Pasar Tali Ijuk

Tak banyak yang mengetahui bahwa bisnis produksi tali ijuk ternyata mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang sangat menggiurkan. Hal ini sudah dibuktikan oleh pasangan Wibowo (31) dan Astuti (29) ...

Brand Kamu Menyasar Pasar Generasi Z? Ketahui Dulu Rahasia Ini

Generasi Z adalah generasi yang lahir pada akhir '90-an hingga 2000-an. Menurut pakar informasi teknologi (IT), Nukman Luthfie, generasi millennial ini lahir ketika internet sud ...

Michael Jalankan Clothing Line dengan "Filosofi Keberuntungan"

Bila selama ini yang paling sering terkenal dengan clothing line kerennya adalah dari Jakarta atau Bandung, kini Malang juga punya sederet label fashion keren yang siap kamu lirik.  Salah ...

Lulusan SMP Ini Buktikan Bisnis Hewan Peliharaan Masih Menjanjikan

Bisnis hewan peliharaan, mulai dari makanan, asesoris, hingga obat-obatan, masih moncer. Yadi Aryadi, yang hanya lulusan SMP sukses meraup cuan miliaran setiap bulan dari bisnis ini. Amazon Pet Group ...

12 Bisnis Ini Cocok untuk Kamu Si Introvert

Orang introvert adalah orang-orang yang cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Orang-orang ini cenderung lebih banyak berpikir dan lebih sedikit berinteraksi dengan orang lain. Di dunia kerja, ...

Anniesa Hasibuan Hadir dengan "Drama" di Panggung New York Fashion Week

"The ability to express diversity in this business is a value that I hold on to. Diversity is what fashion is for me." - Anniesa Hasibuan . Desainer busana muslim Anniesa Hasibuan ...

Peluang Bisnis dari Penggunaan Sarung di Indonesia

Sarung atau sepotong kain lebar berbahan katun, polyester atau bahkan sutera yang dililit di pinggang hingga bagian bawah tubuh telah lama dikenal masyarakat di Indonesia dan sekitar pulau-pulau Pasif ...

3 Jenis Barang Paling Diburu Orang Saat Belanja Online

Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta. Angka ini berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016. Hasil survei tersebut juga memberikan sinya ...

Layanan Pembuatan Kontrak Online untuk UKM dan Startup

Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan penting. Sayangnya, saat ini tidak sedikit pelaku usaha UKM yang masih k ...