Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Potensi Besar Bisnis Oleh-oleh Makanan


0

JAKARTA -- Sebanyak 60 persen dari wisatawan tertarik mengunjungi Indonesia untuk wisata budaya. Salah satu produk unggulan dari wisata budaya ialah pengalaman berbelanja dan kuliner.

"Salah satu unggulan dalam wisata budaya adalah wisata belanja dan kuliner," ujar Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Kementerian Pariwisata Oneng Setya Harini saat menghadiri pengumuman pemenang kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh 2016 di Plataran Dharmawangsa, Jakarta.

Oneng mengatakan biasanya wisatawan menghabiskan 40 persen dari anggaran liburan mereka hanya untuk kuliner. Sedangkan 60 persen lainnya digunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti biaya transportasi, biaya mengunjungi tempat wisata hingga penginapan. Di sisi lain, sebagian besar wisatawan, khususnya wisatawan dalam negeri, memiliki kebiasaan untuk membawa pulang oleh-oleh.

Di sisi lain, Indonesia kaya akan aneka ragam jajanan tradisional yang lezat. Oleh karena itu, Oneng melihat hal ini dapat menjadi potensi menjanjikan yang patut dieksplorasi lebih mendalam dengan berbagai inovasi untuk menghasilkan oleh-oleh makanan yang khas untuk tiap-tiap daerah di Indonesia. Oneng pun mendorong agar tiap-tiap daerah mampu berinovasi untuk menghasilkan berbagai kreasi oleh-oleh khas dari daerah tempat mereka tinggal.

"Produk jajanan Nusantara ini bisa menjadi salah satu yang mendukung pengembangan kepariwisataan," tambah Oneng.

Agar bisnis oleh-oleh makanan khas daerah dapat berkembang dan bersaing dengan baik, Oneng mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain rasa yang lezat dan ciri khas, Oneng mengatakan kemasan juga harus dibuat menarik dengan harga yang bersaing.

Yang tak kalah penting, Oneng mengatakan faktor kebersihan dan kesehatan dari oleh-oleh makanan. Oneng melihat, masalah kebersihan dan kesehatan masih menjadi salah satu yang perlu lebih ditingkatkan agar lebih banyak lagi wisatawan yang tertarik untuk menjajal kelezatan oleh-oleh makanan dari Indonesia.

"Indeks daya saing pariwisata kita untuk health dan hygiene berada di posisi 109 dari 141 negara. Kebersihan juga harus dijaga agar produk lebih higienis," jelas Oneng. 

(***)

Sumber: Republika.co.id 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Bisnis UKM dengan Prospek Cerah di Tahun 2017

Bisnis adalah salah satu jalan menuju kesuksesan finansial. Namun, untuk memulai bisnis dibutuhkan modal tak sedikit. Nah, untuk kamu yang punya rencana meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan dan mul ...

Warga Desa Ini Manfaatkan Internet untuk Perluas Pasar Tali Ijuk

Tak banyak yang mengetahui bahwa bisnis produksi tali ijuk ternyata mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang sangat menggiurkan. Hal ini sudah dibuktikan oleh pasangan Wibowo (31) dan Astuti (29) ...

Brand Kamu Menyasar Pasar Generasi Z? Ketahui Dulu Rahasia Ini

Generasi Z adalah generasi yang lahir pada akhir '90-an hingga 2000-an. Menurut pakar informasi teknologi (IT), Nukman Luthfie, generasi millennial ini lahir ketika internet sud ...

Michael Jalankan Clothing Line dengan "Filosofi Keberuntungan"

Bila selama ini yang paling sering terkenal dengan clothing line kerennya adalah dari Jakarta atau Bandung, kini Malang juga punya sederet label fashion keren yang siap kamu lirik.  Salah ...

Lulusan SMP Ini Buktikan Bisnis Hewan Peliharaan Masih Menjanjikan

Bisnis hewan peliharaan, mulai dari makanan, asesoris, hingga obat-obatan, masih moncer. Yadi Aryadi, yang hanya lulusan SMP sukses meraup cuan miliaran setiap bulan dari bisnis ini. Amazon Pet Group ...

12 Bisnis Ini Cocok untuk Kamu Si Introvert

Orang introvert adalah orang-orang yang cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Orang-orang ini cenderung lebih banyak berpikir dan lebih sedikit berinteraksi dengan orang lain. Di dunia kerja, ...

Anniesa Hasibuan Hadir dengan "Drama" di Panggung New York Fashion Week

"The ability to express diversity in this business is a value that I hold on to. Diversity is what fashion is for me." - Anniesa Hasibuan . Desainer busana muslim Anniesa Hasibuan ...

Peluang Bisnis dari Penggunaan Sarung di Indonesia

Sarung atau sepotong kain lebar berbahan katun, polyester atau bahkan sutera yang dililit di pinggang hingga bagian bawah tubuh telah lama dikenal masyarakat di Indonesia dan sekitar pulau-pulau Pasif ...

3 Jenis Barang Paling Diburu Orang Saat Belanja Online

Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta. Angka ini berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016. Hasil survei tersebut juga memberikan sinya ...

Layanan Pembuatan Kontrak Online untuk UKM dan Startup

Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan penting. Sayangnya, saat ini tidak sedikit pelaku usaha UKM yang masih k ...