Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Potensi Besar Bisnis Oleh-oleh Makanan


0

JAKARTA -- Sebanyak 60 persen dari wisatawan tertarik mengunjungi Indonesia untuk wisata budaya. Salah satu produk unggulan dari wisata budaya ialah pengalaman berbelanja dan kuliner.

"Salah satu unggulan dalam wisata budaya adalah wisata belanja dan kuliner," ujar Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Kementerian Pariwisata Oneng Setya Harini saat menghadiri pengumuman pemenang kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh 2016 di Plataran Dharmawangsa, Jakarta.

Oneng mengatakan biasanya wisatawan menghabiskan 40 persen dari anggaran liburan mereka hanya untuk kuliner. Sedangkan 60 persen lainnya digunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti biaya transportasi, biaya mengunjungi tempat wisata hingga penginapan. Di sisi lain, sebagian besar wisatawan, khususnya wisatawan dalam negeri, memiliki kebiasaan untuk membawa pulang oleh-oleh.

Di sisi lain, Indonesia kaya akan aneka ragam jajanan tradisional yang lezat. Oleh karena itu, Oneng melihat hal ini dapat menjadi potensi menjanjikan yang patut dieksplorasi lebih mendalam dengan berbagai inovasi untuk menghasilkan oleh-oleh makanan yang khas untuk tiap-tiap daerah di Indonesia. Oneng pun mendorong agar tiap-tiap daerah mampu berinovasi untuk menghasilkan berbagai kreasi oleh-oleh khas dari daerah tempat mereka tinggal.

"Produk jajanan Nusantara ini bisa menjadi salah satu yang mendukung pengembangan kepariwisataan," tambah Oneng.

Agar bisnis oleh-oleh makanan khas daerah dapat berkembang dan bersaing dengan baik, Oneng mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain rasa yang lezat dan ciri khas, Oneng mengatakan kemasan juga harus dibuat menarik dengan harga yang bersaing.

Yang tak kalah penting, Oneng mengatakan faktor kebersihan dan kesehatan dari oleh-oleh makanan. Oneng melihat, masalah kebersihan dan kesehatan masih menjadi salah satu yang perlu lebih ditingkatkan agar lebih banyak lagi wisatawan yang tertarik untuk menjajal kelezatan oleh-oleh makanan dari Indonesia.

"Indeks daya saing pariwisata kita untuk health dan hygiene berada di posisi 109 dari 141 negara. Kebersihan juga harus dijaga agar produk lebih higienis," jelas Oneng. 

(***)

Sumber: Republika.co.id 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Lampion Karya Warga Malang Ini Bersinar Hingga Eropa

Berasal dari gang sempit, Jalan Juanda Gang V, Kota Malang, Syamsudin (30), menciptakan sebuah karya lampion yang dikenal sampai Eropa. Sudah belasan tahun, pria bernama lengkap Ahmad Syamsudin ini me ...

8 Peluang Bisnis Menggiurkan di Menjelang Tahun Baru Imlek

Tahun baru Imlek merupakan salah satu hari raya yang ditunggu oleh penduduk Tionghoa. Sebab ini adalah tahun baru dari kalender mereka dan sekarang sudah menjadi salah satu hari besar nasional yang di ...

Rahasia Sukses Para Konglomerat Bidang Teknologi

Hampir setiap orang bermimpi menjadi kaya raya. Para pentolan di dunia teknologi ini sudah mencapainya. Sebut saja nama seperti Bill Gates, Steve Jobs atau Mark Zuckerberg. Mereka telah mencapai ke ...

6 Cara Menghasilkan Uang Bahkan Ketika Kamu sedang Tidur

Menghasilkan uang dengan cepat dan mudah bukanlah suatu hal yang mustahil. Jika kita tahu tentang cara, maka kita akan mudah mendapatkan sesuatu, begitu juga dalam menarik uang untuk selalu dekat deng ...

Kedai Kopi Milik Benny, Manjakan Penikmat Kopi sampai Bolehkan Pelanggan Jadi Barista

JAWA TENGAH -- Menikmati seduhan kopi original menjadi tren belakangan ini. Tidak hanya di kota besar, Purwokerto menjadi salah satu surganya para pemburu kenikmatan ngopi. Dari sekitar 50 kedai ko ...

5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Akhir Pekan!

Sering merasa penghasilan kamu tidak cukup untuk membiayai pengeluaran sehari-hari? Gaji sebagai karyawan terkadang memang pas-pasan tapi kamu bisa mengakalinya dengan mencari usaha sampingan. Enaknya ...

Sukses Menjadi Eksportir Ikan Hias dengan Prinsip Berikan yang Terbaik untuk Konsumen

Walaupun masih berusia muda namun Chivalry Ai Pranoto telah menjadi salah satu eksportir ikan hias yang sukses. Merunut sejarahnya, pria yang akrab disapa Ai ini mengaku sudah mengenal ikan hias sejak ...

Warga Nigeria Ini Sukses dengan Berbisnis Kuliner Produk Mie Instan Indonesia

Inikah penjaja makanan kaki lima terbaik di Nigeria? Pertanyaan itu dituliskan oleh BettaBox, sebuah akun vlogger dari Nigeria, dalam sebuah video mereka di YouTube. Video mereka merekam betapa lar ...

Sukses dengan Bisnisnya, Rio Dewanto Ternyata Sempat Alami Kegagalan Berbisnis

Menjadi aktor layar lebar yang laris tidak menghalangi minat Rio Dewanto untuk menggeluti dunia bisnis. Suami Atiqah Hasiholan ini rupanya malah sudah menjajal berbagai macam bisnis, mulai dari betern ...

Generasi Millenial Terkesan Malas Bekerja? Ini Alasannya!

Tak bisa dipungkiri, generasi millennials yang kini menduduki berbagai posisi di tempat bekerja, sedikit banyak mengubah gaya kerja di kantor. Banyak pebisnis yang kewalahan menghadapi perilaku millen ...