Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Sukses Jalankan Bisnis Kue dengan Modal Kecil dengan Strategi Bisnis Ini


0

Punya bakat berbisnis pasti akan membantu kamu  untuk menciptakan dan memanfaatkan peluang agar bisa meraih kesuksesan. Naluri bisnis yang tajam akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis yang kamu tekuni. 

Sebab kamu tahu keputusan-keputusan yang harus diambil demi kemajuan bisnis. Tentu tidak semua orang memiliki hal tersebut di dalam dirinya. Karena itu, kesempatan yang baik untuk meraih pasar dan untung bisa kamu dapatkan. 

Kalau pun kamu bukanlah yang beruntung dalam memiliki bakat bisnis, bukan berarti kamu tidak boleh berbisnis. Ada banyak lini bisnis yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Bahkan, di antaranya bisa dijadikan awalan oleh pemula. Saat ini berbagi informasi makin dimudahkan dan ini menjadi nilai lebih yang akan menguntungkan calon pebisnis. 

Dengan begitu, kamu tentu akan berpeluang dalam mengenal, merencanakan, dan memulai bisnis yang kamu jalankan. Namun, sejumlah hal tetap harus dipertimbangkan. Terlebih kamu baru pertama kali terjun ke dunia bisnis.

Salah satu bisnis yang bisa jadi awalan dengan prospek yang menjanjikan adalah bisnis kue. Peluang untuk mendapatkan pasar dalam bisnis kue terbilang cerah dan besar. Bahkan, seorang pemula sekalipun bisa mencetak untung dari bisnis ini. Jika kamu berminat untuk menjalankannya, tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa strategi di bawah ini.

Rencanakan dengan Matang

Apa pun jenis bisnisnya selalu membutuhkan perencanaan yang matang, termasuk dalam berbisnis kue. Selalu pastikan bahwa kamu memang benar-benar merencanakan bisnis tersebut dengan matang. Tentunya berbagai hal dan langkah yang diambil memang benar-benar telah diperhitungkan dengan baik dan tepat. Hal ini akan membantu dalam mengatasi berbagai masalah yang merintangi jalannya bisnis kamu. Bahkan, di luar dugaan, perencanaan yang matang sanggup mengantisipasi beberapa masalah yang mungkin tidak diperhitungkan sejak awal. 

Penting bagi kamu untuk memiliki perencanaan mendetail dan sesuai dengan kondisi pasar. Dengan begitu, berbagai kendala dan risiko bisa diatasi dengan baik. Jangan menyusun rencana yang tidak masuk akal. Kamu akan repot dalam menjalankannya dan mustahil untuk meraih sukses dalam bisnis yang kamu tekuni. Susun rencana kamu serealistis mungkin agar mudah dalam mengoptimalkan bisnis kue kamu. 

Temukan dan bidik pasar yang paling tepat untuk bisnis yang akan dijalankan. Kamu harus benar-benar yakin bahwa bisnis tersebut akan berkembang dengan baik. Artinya, kamu harus jeli dan pintar dalam melihat peluang dan berbagai risiko di pasar yang akan dimasuki nantinya. Jangan memaksakan diri untuk menembus pasar yang peluangnya kecil. Pasar yang menjanjikan adalah pasar yang masih memiliki kemungkinan untuk selalu berkembang dan memiliki tingkat persaingan yang minim. Jadi, pastikan kamu menemukan pasar yang seperti itu.

Persiapkan Modal dan Konsep yang Jelas

Konsep dan modal menjadi poin penting yang akan membantu. Meskipun tidak selalu menjadi poin utama, kedua poin tersebut diperlukan keberadaannya dalam bisnis apa pun. Konsep yang baik dan tepat akan melancarkan kamu untuk bisa mendapatkan untung dari pasar yang kamu bidik. Tak mengherankan jika sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu untuk membuat konsep bisnis dengan matang. 

Tak jauh beda dengan konsep, sejumlah modal yang kamu miliki harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tak ada jaminan modal besar akan melahirkan untung yang besar. Justru modal kecil yang memberi untung besarlah yang membuat orang mendapat predikat pebisnis sukses, tak terkecuali pebisnis kue.

Lakukan Kegiatan Produksi

Usai melaksanakan ketiga strategi di atas, saatnya melakukan kegiatan produksi. Selalu lakukan kegiatan ini dengan terencana agar semua berjalan dengan lancar. Jika kegiatan produksi sampai tersendat, bisa dipastikan bisnis kue kamu akan mengalami gangguan. Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu bisa mengalami kendala yang cukup berat akibat gangguan tersebut. Karena itu, jangan ragu untuk mengerahkan keahlian dan kemampuan sampai tingkatan yang maksimal.

Pasarkan dengan Cerdas 

Langkah pemasaran yang cerdas harus dimiliki seorang pebisnis, termasuk kamu yang baru memulai bisnis. Hal ini mungkin akan terasa berbeda. Terlebih jika kamu baru dalam merintis usaha kue. Berbagai kegiatan pemasaran bisa diterapkan, tergantung jenis pasar yang menjadi tujuan kamu dalam pemasaran kue. 

Jangan melakukan pemasaran yang biasa-biasa saja meskipun hal tersebut banyak dilakukan pebisnis lain. Mungkin saja jenis pemasaran tertentu tidak mendapat tanggapan positif dari pasar yang kamu sasar. 

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa langkah pemasaran yang umum dan sering dilakukan para pebisnis dalam meraih angka penjualan, antara lain: Melakukan penawaran secara langsung kepada konsumen. Dimulai dari para tetangga di dekat tempat tinggal, rekan kerja di kantor, keluarga, dan teman-teman dekat lainnya. Melakukan penawaran dan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang dapat menjual produk dan memperluas pasar penjualan. Misalnya, kerja sama dengan toko-toko roti dan kue, supermarket, katering, pembuat parsel, atau agen pemasaran kue.

Pilih Nama dan Promosikan dengan Tepat

Pemilihan nama yang tepat akan berpengaruh pada kesuksesan bisnis kue kamu. Mengingat ketatnya angka persaingan di luar sana. Jangan memilih dan menggunakan nama yang terlalu pasaran. Hal ini justru akan membuat produk sulit dikenal dan terlihat cenderung sama dengan produk sejenis lainnya.

Hindari memilih nama yang aneh dan sulit untuk diucapkan. Sebab ini justru membuat orang tidak akrab dengan produk kue yang kamu tawarkan. Temukan dan gunakan nama yang unik, mudah diingat, dan ditanggapi banyak orang. 

Berbagai upaya promosi juga perlu dilakukan untuk menambah angka penjualan, terutama saat baru merintis produk ke pasaran. Lakukan beberapa kegiatan sekaligus, seperti membagikan brosur berisi produk, melakukan promosi lewat internet, atau membuat iklan di berbagai media yang mudah ditemukan para konsumen.

Selalu Berinovasi

Inovasi adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Meskipun bisnis tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan lancar, bukan berarti kamu berhenti untuk berinovasi. Semapan-mapannya bisnis pada akhirnya akan ambruk karena nihilnya inovasi. Selalu lahirkan inovasi produk yang membuat pasar tetap bergairah dan setia dengan kue buatan kamu. Ingat, dunia bisnis penuh persaingan dan yang berbisnis kue bukan hanya kamu seorang.

(***)

Sumber: www.okezone.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Sukses Dirikan Rumah Makan, Ridho Capai Omzet Miliaran Rupiah

Pemilik rumah makan "Ayam Gepuk Pak Gembus", Ridho Nurul Adityawan mengakui berwirausaha lebih enak ketimbang jadi karyawan. Ridho yang juga dipanggil Pak Gembus ini mengakui hidupnya leb ...

Kenapa Ir. Soekarno Disebut Sebagai Sang Proklamator?

Sang Proklamator, mungkin sampai sekarang beliau adalah tokoh yang paling banyak dikagumi orang di Indonesia. Soekarno terus menerus melakukan pendekatan dan kerjasama dengan Jepang dengan tujuan a ...

8 Buku Ini Direkomendasikan Bill Gates untuk Kamu Baca!

Buku adalah jendela dunia, begitu orang banyak menyebutnya. Begitu pula bagi miliarder asal Amerika Bill Gates, buku merupakan benda yang sangat berharga bagi siapapun yang menginginkan kehidupan yang ...

Tebar Inspirasi Bersama Wanita Pendiri Kesuksesan GoJek

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu co-founder perusahaan digital GoJek, Alamanda Shantika Santoso. Eksekutif wanita yang satu ini merupakan salah satu alasan mengapa GoJek mam ...

4 Pebisnis Muda RI yang Punya Omzet Rp 300 Juta per Bulan

Apa yang akan (atau sedang) kamu alami saat memasuki usia 20-an? Berkutat dengan segala tugas kuliah? Atau bekerja di sebuah perusahaan maupun instansi pemerintah? Itu semua bagus dan tak ada yang sal ...

Kenapa Bung Hatta Digelari Sebagai Bapak Koperasi Indonesia?

Mohammad Hatta merupakan salah satu tokoh bangsa yang amat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia dari masa ke masa. Bersama dengan Presiden pertama Soekarno, jasa Hatta sangat besar dalam membebaskan ...

Max Gunawan, Putra Indonesia Pencipta Lampu Lumio yang Inovatif

Pengalaman hidup selalu memberikan pelajaran yang terbaik bagi seorang manusia. Dengan pengalaman hidup tersebut kita bisa mengetahui banyak hal serta belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang pern ...

Bisnis Limbah Pinus, Wanita Ini Raup Omzet Puluhan Juta

Ketika melangkahkan kaki di Jalan Gondosuli, Kelurahan Waru, Malang, Jawa Timur‎, terdengar suara bising dari mesin gergaji. Tepat di sebuah rumah sederhana bercat kuning, tampak kesibukan beberapa ...

Hobi Ternak Kecoa, Mahasiswa Ini Raup Omzet Rp 87 Juta Perbulan

Kecoak bagi sejumlah orang adalah hal yang menjijikkan. Namun tidak untuk mahasiswa asal Taiwan, Dong Zhiwen. Bahkan ia berhasil meraup keuntungan besar dengan berjualan kecoak. Bagaimana bisa? Don ...

Berawal dari Kuli Panggul, Kini Sukses Lewat Aplikasi Android

Henry Jufri, kuli panggul asal Makassar, menjadi bahan obrolan netizen sepekan belakangan. Sebabnya, pria 32 tahun ini berhasil mendapat penghasilan dari Google Play sebanyak US$ 1.200 atau Rp 16 juta ...