Chat with Us

Aktifkan STARBOX

10 Youtuber Terkaya di Dunia


0

YouTuber bisa mendapat uang berlimpah dari iklan yang ditayangkan melalui video, produk yang disponsori, dan sumber-sumber lain. Semakin banyak jumlah tayangan dan subscriber, semakin besar pula potensi penghasilannya.

Para YouTuber terkaya bisa memiliki arus pemasukan hingga belasan juta dollar AS atau ratusan miliar rupiah setiap tahun. Biasanya mereka memiliki subscriber yang jumlahnya mencapai jutaan pula.

Forbes mencatat, tahun 2016 ini para YouTubers terkaya memperoleh penghasilan lebih besar dibanding 2015 lalu.

Sepuluh kanal yang mencatat penghasilan tertinggi mencatat pemasukan gabungan sebesar 70,5 juta dollar AS (sekitar Rp 932 miliar) dalam periode 12 bulan yang berakhir pada Juni 2016.

Siapa saja YouTubers terkaya sepanjang 2016 itu? Berikut daftarnya, disusun secara berurutan hingga yang terbesar, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Selasa (6/12/2016).

1. Colleen Ballinger (penghasilan Rp 66 miliar)

Ballinger menciptakan karakternya yang bernama "Miranda Sings" pada 2008. Semenjak itu, Miranda telah tampil di sejumlah acara terkenal seperti Tonight Show Jimmy Fallon.

Buku yang ditulis Ballinger, Selp-Helf, tercatat menjadi bestseller New York Times selepas dirilis pada Juli 2015. Di YouTube, jumlah subscriber kanalnya sekitar 7,3 juta.

Terakhir, Ballinger yang membukukan pendapatan sebesar 5 juta dollar AS dalam setahun ini membawa kisah backstory Miranda ke layar kaca lewat serial Netflix berjudul Haters Back Off.

2. Rhett & Link (penghasilan Rp 66 miliar)

Duo komedian Rhett & Link turut masuk dalam daftar YouTuber terkaya dengan penghasilan mencapai Rp 66 miliar, sebanding dengan Colleen Ballinger.

Kedua pria bernama lengkap Rhett James McLaughlin dan Charles Lincoln Neal III ini menyebut diri sebagai "intertainers", gabungan dua kata internet dan entertainment.

Rhett & Link mengelola sejumlah kanal YouTube berbeda, termasuk Rhett & Link yang memiliki 4,2 juta subscriber, Good Mythical Morning, dan Extras.

3. German Garmendia (penghasilan Rp 73 miliar)

Warga Chile bernama German Alejandro Garmendia Aranis ini menjadi salah satu YouTuber termuda dengan pundi-pundi raksasa. Umurnya baru 26 tahun.

Garmendia berada di balik kanal HolaSoyGerman dan JuegaGerman, masing-masing dengan jumlah subscriber mencapai kisaran 30,3 juta dan 16,1 juta.

Dia adalah YouTuber pertama yang memperoleh dua Diamond Play Button karena melewati jumlah subsriber 10 juta di kedua kanal miliknya.

4. Markiplier (penghasilan Rp 73 miliar)

Dalam waktu tak sampai dua tahun. Gamer Markiplier yang bernama asli Mark Fischbach berhasil mengumpulkan 15,7 juta subscriber.

Fischbach memiliki spesialisasi berupa playthrough sebuah game (let’s play), terutama dari genre survival horror dan action, sambil diselingi komentar dan reaksi berlebihan.

Sejak pertama bergabung ke YouTube tahun 2012 lalu, Fischbach telah berkolaborasi dengan sejumlah selebriti dan YouTuber lain, termasuk Jack Black, Jimmy Kimmel, dan PewDiePie.

5. Tyler Oakley (penghasilan Rp 79,9 miliar)

Oakley adalah bintang YouTube sekaligus aktivis yang secara terbuka mengaku sebagai gay. Dia banyak menyoroti isu-isu yang berkaitan dengan kelompok minoritas LGBT.

Pria kelahiran tahun 1989 ini pertama kali mengunggah video YouTube pada 2007. Hingga kini, dia telah mengunggah sekitar 400-an video dan mengumpulkan lebih dari 8 juta subscriber.

Oakley pernah mewawancarai First Lady AS, Michelle Obama dalam sebuah video interview, dan boyband One Direction sembari berkeliling dunia dalam live tour.

6. Rosanna Pansino (penghasilan Rp 79,9 miliar)

Rosanna Pansino mengelola acara memasak bernama Nerdy Nummies yang memiliki sekitar 7,4 juta subcriber dan rata-rata view bulanan sebesar 75 juta di YouTube.

Nerdy Nummies menyajikan proses pembuatan kue dengan aneka macam bentuk yang terinspirasi dari tema geek, semacam cake DeathStar.

Acara memasak Pansino kerap ikut diramaikan oleh bintang YouTube lain seperti Lily Singh dan Rhett & Link. Dia juga berperan sebagai tokoh Violet di serial Broken Quest.

7. Smosh (penghasilan Rp 93 miliar)

Duo Smosh yang beranggotakan Anthony Padulla dan Ian Hecox bisa dibilang sebagai salah satu pelopor YouTube. Mereka memulai kanal komedi Smosh pada 2005.

Smosh kini telah mengumpulkan lebih dari 22 juta subscriber dan total view sebanyak 6 miliar di YouTube.

Tim Smosh kemudian berkembang hingga menelurkan enam kanal lain, seperti Smosh Games, Smosh 2nd, dan Smosh Animated.

8. Lily Singh (penghasilan Rp 99,9 miliar)

Sejak meluncurkan kanal Superwoman miliknya pada 2010, Lily Singh telah mengumpulkan 10 juta subscriber dan lebih dari 1,5 miliar view.

Singh alias IISuperowmanII adalah komedian Kanada keturunan India yang dikenal sebagai komedian, aktris, vlogger, sekaligus rapper.

Selain aktif di YouTube, Singh berencana merilis buku berjudul How to be a Bawse di pertengahan 2017 nanti. Dia merupakan salah satu bintang wanita di YouTube yang paling sukses.

9. Roman Atwood (penghasilan Rp 106 miliar)

Atwood dikenal lewat video-video iseng (prank) di mana dia menjahili orang lain dengan tingkah usil yang berujung pada kejadian lucu.

Kanalnya yang bernama RomanAtwood memiliki jumlah subscriber lebih dari 10 juta dan 1,39 miliar view. Dia juga dikenal sebagai vlogger yang rutin mengunggah update setiap hari.

Secara keseluruhan, jumlah subscriber Atwood tercatatat sebanyak 20,3 juta.

10. Felix Kjellberg (penghasilan Rp 199 miliar)

Felix Kjellberg mempertahankan posisinya sebagai YouTuber terkaya dengan penghasilan mencapai 15 juta dollar AS, lebih besar dari tahun lalu sebesar 12 juta dollar AS (sekitar Rp 159 miliar). Jumlah subscriber di kanalnya hampir mencapai angka 50 juta.

Kjellberg yang dikenal dengan nama alias PewDiePie adalah gamer asal Swedia yang dikenal dengan sumpah serapahnya dalam video playthrough game.

Di Samping YouTube, Kjellberg aktif sebagai penulis buku, pembuat acara serial YouTube Red, membuat game, juga merilis lini pakaian berupa kaus kaki.

(***)

Sumber: Kompas.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Facebook Luncurkan Inovasi Terbaru bagi Dunia Periklanan

Facebook kembali meluncurkan inovasi terbaru dalam dunia periklanan. Bertumpu pada Facebook Pixel sebagai fondasi utama, Facebook mengembangkan teknologi Facebook Dynamic Ads sebagai salah satu altern ...

Ternyata Ini Wujud Asli BlackBerry Krypton!

Rumor BlackBerry akan membuat smartphone berbasis sistem operasi Android dengan layar penuh sudah tersiar sejak lama. Oleh BlackBerry, smartphone itu diberi nama BlackBerry Krypton. Nah, menariknya ...

Saingi iPhone X, Samsung Garap Ponsel Fitur Lipat

Apple boleh saja bangga dengan iPhone X yang baru saja dirilis. Namun Samsung pun tak mau kalah, ponsel bernama Galaxy X konon telah disiapkan. Meski sama-sama menggunakan nama X di belakangannya, ...

Nokia 8 Versi RAM 6 GB Siap Meluncur Bulan Depan

Hadirnya Nokia 8 sempat diremehkan karena hanya memiliki RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Kini HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia, resmi mengkonfirmasi kehadiran Nokia 8 dengan RAM 6 GB dan memor ...

Bill Gates Menyesal Soal Ctrl-alt-del, Kenapa?

Ada beberapa kombinasi tombol keyboard yang bisa dimanfaatkan di sistem operasi Windows, di antaranya ctrl-alt-del. Namun Bill Gates menyesal telah membuat kombinasi tersebut. Ctrl-alt-del jika dit ...

Kini Google Makin Fasih Berbahasa Jawa & Sunda

Keterbatasan bahasa sering menjadi kendala serius dalam kehidupan manusia. Salah satunya ketika berselancar di dunia maya. Meski ditetapkan sebagai bahasa internasional, nyatanya memang masih banyak b ...

CEO Apple: iPhone Bukan untuk Orang Kaya

Gadget Apple dikenal mahal, apalagi dengan gosip iPhone 8 harganya paling tinggi dibanding generasi iPhone selama ini. Namun demikian, CEO Apple Tim Cook menegaskan produknya bukan hanya untuk orang k ...

Google Play Protect, Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware Ala Google

Google baru saja meluncurkan tool baru bernama Google Play Protect. Melalui tool ini, Google dapat memperingatkan pengguna apabila menemukan aplikasi yang memiliki malware di dalamnya. Terkini, per ...

Kenapa Harga Smartphone Masih Mahal? Cek Dulu 2 Hal ini!

Aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dijalankan pemerintah untuk produk Handphone, Komputer, dan Tablet (HKT) berbasis teknologi 4G tak terasa sudah berlaku selama setahun. Peraturan M ...

Berapa Gaji Rata-rata Karyawan Google?

Bekerja di kantor pusat Google di Mountain View adalah impian banyak orang, utamanya yang memiliki ketertarikan di sektor teknologi. Selain suasana kantor yang santai dan sehat, para pegawai Google ju ...