Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Asah Otak Kamu dengan 6 Aplikasi Android Ini


0

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sylvie Belleville dari Universitas Gériatrie de Montréal menyebutkan bahwa melatih otak dengan brain game dapat mencegah penyakit Alzheimer. Bahkan, brain game juga dapat meningkatkan kinerja otak bagi orang-orang yang telah menunjukkan tanda-tanda awal demensia, seperti dikutip dari situs Neuronation.

Studi yang dilakukan Belleville menunjukkan bahwa otak manusia sesungguhnya dapat dilatih sesuai dengan kebutuhan tiap individu. Jika kamu ingin mencoba melatih otak atau sekadar menghabiskan waktu luang, kamu bisa memainkan game asah otak melalui beberapa aplikasi berikut ini:

Memorado

Memorado merupakan aplikasi yang wajib kamu coba dalam daftar ini. Pasalnya, versi gratis dari aplikasi ini cukup ramah karena mengizinkanmu memainkan tiga game dalam satu sesi latihan. Para pengguna versi premium bisa mengakses lima game sekaligus.

Ada fitur Brain Duel yang memungkinkan kamu menantang sesama pengguna untuk mendapatkan skor tertinggi. Kamu hanya perlu melakukan log in terlebih dahulu, baik dengan akun Facebook atau akun Memorado.

Layanan premium Memorado dibanderol dengan harga sebesar Rp199.000 untuk tiga bulan, atau Rp329.000 per tahun. Kamu juga bisa membeli versi premium untuk seumur hidup dengan harga Rp499.000.

Harga yang dipatok developer Memorado bukanlah yang termurah dibanding aplikasi sejenis lainnya. Tapi setidaknya dengan menggunakan layanan premium, kamu bisa mengakses semua fitur serta total delapan belas buah game di Memorado.

Peak

Sebagai sebuah aplikasi asah otak, Peak membutuhkan ruang yang cukup besar di dalam perangkat. Kamu harus menyediakan ruang sebesar 150 MB di smartphone untuk menampung aplikasi ini—ukuran yang cukup fantastis untuk sebuah aplikasi asah otak.

Ukuran aplikasi yang relatif besar itu sepandan dengan fitur dan tampilan yang ditawarkan. Tak heran jika Peak dinobatkan oleh Google sebagai salah satu aplikasi terbaik di Google Play Store pada tahun 2016.

Selain harus menyediakan ruang yang cukup besar dalam perangkat, kamu juga harus merogoh kocek hingga Rp25.000 per bulan atau Rp125.000 per tahun demi menikmati layanan dalam Peak. Kamu bisa membeli layanan Peak untuk digunakan seterusnya dengan harga sebesar Rp250.000, cukup murah bila dibanding aplikasi asah otak lainnya.

Dengan harga sebesar itu, kamu akan mendapatkan puluhan game asah otak yang didukung dengan tampilan apik dan sangat terpoles. Kamu juga bakal mendapatkan program latihan khusus yang disesuaikan dengan kelemahan dan kelebihan kamu.

Lumosity

Merasa game asah otak monoton dan kurang menantang? Sebaiknya kamu mencoba Lumosity terlebih dahulu sebelum berpikir demikian. Aplikasi ini menyediakan puluhan game asah otak yang dibagi atas enam kategori, yaitu kecepatan, ingatan, perhatian, fleksibilitas, bahasa dan pemecahan masalah.

Setiap game terlihat sederhana dan gampang, tapi cobalah dulu barang sebentar. Misalnya game Train of Thought yang bertujuan melatih perhatian dengan menantangmu mengubah-ubah arah rel guna mengarahkan kereta ke stasiun berwarna sama.

Pada awalnya akan terasa mudah, tapi jumlah kereta akan makin banyak dengan jarak kemunculan yang makin singkat hingga bisa membuatmu keteteran. Kalau sudah begini, tidak aneh bila ada satu atau dua kereta yang salah masuk stasiun. Menarik, bukan?

Sayangnya pengguna gratis Lumosity hanya bisa mengakses tiga game saja dalam satu sesi latihan. Bagi yang ingin lebih, kamu harus berlangganan versi premium dengan biaya sebesar Rp139.000 per bulan, atau Rp699.000 per tahun. Pengguna premium akan mendapatkan akses ke semua game serta fitur kustomisasi.

Elevate

Bingung mencari aplikasi asah otak yang bagus? Ingin mencoba banyak game namun tidak ingin menguras kocek? Elevate bisa jadi pilihan. Meski tidak benar-benar gratis, namun fitur yang disediakan jauh lebih kaya dibanding Lumosity.

Salah satu fitur menarik yang dapat ditemukan di sini, yaitu Unlock Games, memungkinkan pengguna versi gratis untuk membuka sejumlah game baru asalkan memiliki nilai yang cukup. Ada juga kategori yang tidak ditemukan di Lumosity seperti Reading.

Salah satu game kategori ini, yaitu Processing, menantangmu untuk membaca kalimat demi kalimat yang muncul silih berganti dalam hitungan detik. Setelah selesai, kamu akan diminta menjawab pertanyaan mengenai apa yang telah kamu baca. Kamu dituntut untuk mengerti sekaligus mengingat informasi penting yang telah dibaca.

Di luar kategori Reading, masih ada Listening dan Speaking dengan game yang tidak kalah unik. Sayangnya pengguna versi gratis hanya bisa mengakses tiga game per sesi latihan. Bandingkan dengan pengguna premium yang bisa memainkan lima game.

Biaya langganan Elevate terbilang mahal, mencapai Rp659.000 per tahun. Untungnya kamu bisa mencoba versi trial Elevate selama tiga puluh hari. Cukup bagi yang penasaran ingin mencicipi fitur berlangganan tapi masih ragu-ragu untuk mengeluarkan uang.

Brain Coach

Butuh aplikasi asah otak yang simpel dan memiliki fitur offline? Brain Coach jawabannya. Aplikasi ini menyediakan delapan game yang dapat kamu mainkan tanpa akses internet. Setiap game didesain khusus untuk meningkatkan kemampuan kamu, mulai dari memori, konsentrasi, hingga reaksi.

Misalnya game Segregation yang dapat meningkatkan memori dan konsentrasi. Tugas kamu memilih sayuran yang telah ditentukan dalam tempo enam puluh detik. Di akhir game, kamu akan ditanyakan jumlah sayuran yang berhasil didapatkan. Cukup menantang bukan?

Aplikasi ini juga menyelipkan informasi singkat seputar kemampuan otak di akhir setiap game. Misalnya hasil penelitian bahwa mengenai orang yang dapat berbicara dua bahasa atau lebih cenderung memiliki hasil yang bagus dalam tes intelejensi dibanding mereka yang hanya bicara dalam satu bahasa saja.

Sayangnya tampilan Brain Coach tergolong biasa saja serta masih ada fitur-fitur yang belum bisa diakses untuk saat ini, misalnya fitur multiplayer. Meski demikian, Brain Coach tetap layak untuk dicoba.

Neuronation

Benarkah menggunakan aplikasi brain games ada manfaatnya? Apakah program latihan benar-benar didesain oleh ahlinya? Jika pertanyaan ini menghantui kamu, mungkin kamu bisa mencoba NeuroNation. Aplikasi ini menyediakan program latihan yang didesain khusus oleh tiga lembaga akademis, yaitu Edith Cowan University, Free University Berlin, dan Medical School Hamburg.

Fitur NeuroNation terbilang cukup lengkap. Mulai dari program latihan yang dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna, game yang cukup bervariasi, hingga artikel ringan seputar kemampuan otak. Jika dirasa kurang, kamu bisa membeli versi premium yang akan menghadirkan program latihan lebih spesifik serta menyediakan akses ke semua game di NeuroNation. Biaya berlangganan NeuroNation hanya Rp56.000 untuk tiga bulan.

Namun, ketiadaan fitur offline menjadi kelemahan utama NeuroNation. Cukup disayangkan memang, padahal aplikasi ini memiliki tampilan yang bagus dan fitur yang beragam.

(***)

Sumber: id.techinasia.com  

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.  


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Instagram Tembus Rekor 700 Juta Pengguna

Instagram mengumumkan mengalami pertumbuhan pengguna 100 juta pengguna aktif semenjak akhir Desember 2016. Sehingga saat ini, Instagram mengklaim telah memiliki 700 juta pengguna aktif bulanan. &qu ...

Salah Kirim Pesan Whatsapp Bisa Ditarik Kembali

Sebagian pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami salah kirim, entah melayangkan pesan bukan ke kontak yang dimaksud ataupun ingin memikirkan kembali kata-kata yang terlontar. Selama ini pesan ...

Twitter Lite Bisa Hemat 70% Kuota Internet

Twitter memperkenalkan Twitter Lite untuk pengguna yang tak ingin kuota internetnya cepat habis atau sedang berada di daerah dengan kecepatan akses lambat. Seperti detikINET kutip dari laman blog T ...

Microsoft akan menghilangkan Aplikasi Wunderlist Untuk Meluncurkan Aplikasi To-Do Yang Baru

November lalu, The Next Web mendengar tentang aplikasi pengujian beta Microsoft untuk Windows yang diberi kode nama Project Cheshire. Proyek itu kini telah membuahkan hasil ...

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Windows Vista

Apakah Sobiz salah satu pengguna Windows Vista? Saatnya sekarang berpisah dengan Windows Vista, karena pihak Microsoft akhirnya menon-aktifkan layanan tersebut. Dilansir dari TheV ...

Bahaya! Jangan Sembarang Posting di Medsos, 6 Hal Ini yang Wajib Kamu Perhatikan

Privasi jadi hal langka akhir-akhir ini, dan media sosial (medsos) kesayangan kamu mungkin penyebabnya. Namun perlu juga diingat, ada beberapa hal yang dilakukan di medsos yang bisa memperburuk keadaa ...

Perangi "HOAX", Google Mulai Tandai Hasil Pencarian

Google mulai menerapkan langkah-langkah yang dijanjikan untuk memerangi penyebaran berita palsu alias hoax melalui layanannya. Akhir pekan lalu, raksasa internet ini mulai menandai berita-berita yang ...

Bos Yahoo akan Jadi Investor Startup?

Seperti diwartakan sebelumnya, Yahoo resmi diakuisisi Verizon secara utuh pada pekan lalu. Imbasnya, jajaran dewan direksi Yahoo berubah struktur. CEO Yahoo Marissa Mayer pun dipastikan akan mening ...

Ternyata Relativitas Waktu Pada Sains Telah Dijelaskan Alquran

Ilmuwan Albert Einstein pada tahun-tahun awal abad ke-20 mengungkapkan teori relativitas. Melalui teorinya, Einstein menjelaskan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan, di mana sebelumnya tid ...

Ada 6 Juta Ton Limbah Ponsel di Dunia, Ke Mana Mereka Pergi?

Saat ini, beredar miliaran ponsel di berbagai belahan dunia. Dari jumlah tersebut, secara tidak sengaja banyak produk yang sudah tak terpakai menghasilkan sampah. Para pengguna gadget, terutama pon ...