Chat with Us

Aktifkan STARBOX

BBM Sudah Dimiliki 100 Persen oleh Indonesia?


0

Jakarta - Presiden Joko Widodo berharap aplikasi teknologi BlackBerry Messenger atau BBM dapat menjadi platform yang menopang industri e-commerce Tanah Air.

"Saya mendapatkan informasi bahwa BBM sudah dimiliki 100 persen oleh Indonesia. Saya kira bisa kita jadikan platform asli Indonesia," ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa pekan lalu.

"Kita harapkan, seluruh hal yang berkaitan dengan e-commerce, baik platform ritel maupun platform logistik, bisa menempel ke BBM yang kita siapkan menjadi platform asli Indonesia," kata dia.

Jika Indonesia tidak mempunyai platform asli di sektor e-commerce, Jokowi yakin Indonesia akan tertinggal dengan negara-negara lain.

Selain itu, Presiden juga meminta kebijakan mendorong dan mengembangkan e-commerce dipercepat, misalnya dengan memprioritaskan akses modal bagi pelaku usaha dan bisnis start up yang hendak mengembangkan diri di bidang e-commerce.

Jokowi juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Dengan demikian, e-commerce memiliki daya jangkau yang tinggi.

"Sebagai contoh, saya lihat di Alibaba, mereka itu betul-betul merajai dunia karena kepemilikan logistic platform yang betul-betul mereka kuasai. Mau tidak mau, Indonesia juga harus memiliki itu," ujar Jokowi.

Terbesar se-Asia Tenggara

Jokowi mengatakan, saat dia mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi G-20 beberapa waktu lalu, negara-negara besar sudah mulai menggaungkan revolusi industri dengan berbasis pada ekonomi digital.

"Hampir semua negara bicara mengenai ekonomi digital. Maka. kita tidak boleh tertinggal. Kita harus ambil peran dalam tren perubahan ini," ujar Jokowi.

Terlebih lagi, Indonesia memiliki potensi besar dalam hal pengembangan e-commerce. Penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa, dengan 93,4 persen di antaranya merupakan pengguna internet.

Pada 2014, jumlah penjualan barang melalui e-commerce di Indonesia mencapai 2,6 miliar dollar AS.

"E-commerce ini membantu 56 juta UMKM yang menyumbang sekitar 55 persen produk domestik bruto (PDB)," ujar Jokowi.

"Potensi pasar sangat besar dan ini tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Yakinlah potensi ini akan menjadi fondasi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," kata dia.

HIngga saat ini, belum diketahui perusahaan asal Indonesia apa yang menguasai BlackBerry Messenger, seperti disebut Jokowi.

Sebelumnya, grup media asal Indonesia, Emtek (PT Elang Mahkota Teknologi Tbk), menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi berbasis di Kanada, BlackBerry.

Bentuk kerja sama tersebut adalah dalam hal brand, perjanjian lisensi software, dan hak kekayaan intelektual atas aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM).

Perjanjian ini memungkinkan pengguna aplikasi pesan instan BBM mengakses beragam konten yang dimiliki oleh grup Emtek, seperti video, acara televisi free-to-air, dan koleksi lebih dari 100.000 jam konten TV.

(***)

Sumber: kompas.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Perangi Hoax, Kominfo Berencana Terapkan "One Man One Account"

Banyaknya akun palsu di media sosial yang cenderung bertujuan menyebar hoax, membuat Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melempar wacana untuk menjalankan one man one account (satu akun ...

4 Ciri Perangkat Kamu Sedang Disusupi

Penyadapan memang bukan hal baru dalam dunia telekomunikasi. Hal ini sering dilakukan petugas berwenang demi mencari informasi dibutuhkan. Bahkan belakangan isu penyadapan menjadi polemik tersendir ...

Survei: Indonesia, Surga bagi Penjahat Cyber

Era teknologi yang semakin maju bagai dua mata pisau. Jika digunakan dengan benar akan memberikan nilai positif bagi kemajuan dan perekonomian suatu negara. Namun, jika digunakan secara tidak bertangg ...

Siap Diproduksi, Smartphone Asli Besutan ITB Ini Tak Kalah dengan Merek Asing

Smartphone telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar penduduk Indonesia di masa kini. Sayangnya, menurut survei APJII mengenai Ekosistem Device, Network & Apps yang dilaksanakan 20 Oktober ...

Pakar Manajemen Strategis: Startup Perlu Bimbingan Akselerator

Tren dunia memang sudah mengarah ke digital di semua aspek kehidupan. Perusahaan rintisan pun menjamur, namun tanpa bimbingan yang tepat dari akselerator, startup agak sulit untuk tumbuh. Menurut p ...

11 Persen Pengguna Internet Dunia Gunakan Pemblokir Iklan

Facebook dan Google telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi pemblokir iklan alias ad blocker. Namun, tidak peduli apa yang mereka lakukan, jumlah orang yang menggunakan software untuk memblokir ik ...

6 Tips Melindungi Toko Online Kamu dari Serangan Siber

Kejahatan siber dan peretasan website e-commerce telah menjadi tema umum di media massa selama beberapa bulan terakhir. Jika kamu seorang pemilik website, ancaman peningkatan yang te ...

7 Gim Terfavorit Sepanjang Masa

Bagi banyak gamer, memlih satu dari sekian banyak gim yang sudah muncul di pasaran tiap tahunnya pasti akan sulit. Seperti memilih buku atau film favorit, setiap orang memiliki satu judul gim yang ...

Sektor Finansial 'Makanan Empuk' Penjahat Dunia Maya

JAKARTA -- Berkembanganya dunia digital seperti membuka pintu gerbang bagi penjahat dunia maya untuk melancarkan aksi. Terbukanya akses internet membuat sektor-sektor industri menjadi incaran para per ...

65 Juta UKM Gunakan Facebook dalam Bisnisnya

Mark Zuckerberg melalui laman Facebook pribadinya mengungkapkan bahwa Facebook kini memiliki hampir 1,9 miliar pengguna di seluruh dunia. Ini membuktikan, Facebook masih menjadi salah satu media sosia ...