Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Pengguna Internet di Indonesia Tembus Angka 132,7 Juta Jiwa


0

Jumlah pengguna internet Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet di Indonesia akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Samuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengatakan, berdasarkan data, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah kian pesat dengan rata-rata pertambahan pengguna 1,3% per tahunnya dari tahun 2013 hingga 2016

Pada tahun 2013 tercatat pengguna internet sebanyak 74,6 juta, lalu bertambah menjadi 83,6 juta (2014), 93,4 juta (2015), dan 102,8 juta di 2016. Dan pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 86,3 juta pengguna internet berada di Pulau Jawa. Angka ini setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Tempo.co, berikut jumlah persebaran pengguna internet di Indonesia berdasarkan wilayah:

1. Pulau Jawa

86,3 juta pengguna internet ada di Pulau Jawa. Jumah tersebut setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

2. Pulau Sumatera

Pengguna internet terbesar kedua ada di Pulau Sumatera dengan jumlah 20,7 juta orang atau setara dengan angka 15,7 persen pengguna internet Indonesia.

3. Pulau Sulawesi

Jumlah pengguna internet di Pulau Sulawesi adalah 8,4 juta orang atau setara dengan angka 6,3 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

4. Pulau Kalimantan

Persebaran terbanyak keempat berada di Pulau Kalimantan dengan jumlah pengguna sebanyak 7,6 juta orang. Angka pengguna internet di Kalimantan setara dengan 5,8 persen dari pengguna Internet Indonesia.

5. Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Jumlah pengguna internet di Pulau Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 6,1 juta dengan persentase setara dengan angka 4,7.

6. Maluku dan Papua

Jumlah pengguna internet Indonesia untuk wilayah Maluku dan Papua 3,3 juta orang dengan persentase 2,5 persen dari pengguna Internet Indonesia.

Berdasarkan data survei APJII, diketahui bahwa 52,5 persen pengguna Internet Indonesia adalah pria. Sedangkan 47,5 persen pengguna internet lainnya adalah wanita.

Pasar Potensial Pemasaran Online

Angka-angka di atas menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah menjadi kebutuhan utama. Banyak keuntungan yang didapat dari perkembangan teknologi terutama internet. Mulai dari mendukung laju perekonomian, pembangunan, serta sarana telekomunikasi tentunya.

Salah satu faktor penyebab tingginya tingkat penggunaan internet di Indonesia adalah semakin banyaknya orang Indonesia yang menggunakan smartphone, juga penggunaan media sosial, game online, dan belanja online.

Berbicara mengenai belanja online, sejak 2013 industri e-commerce Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Adapun nilai rata-rata total transaksinya berbanding retail sales sebesar 0,9% per tahun.

Menurut Samuel Abrijani Pangerapan, pertumbuhan retail internet di Indonesia pun menjadi yang tertinggi.

”Pertumbuhan retail internet di Indonesia tergolong tinggi. Dari kurun waktu 2010 hingga 2013 tumbuh 36%. Angka itu dua kali lipat dari Filipina dan hampir dua kali lipat dari pertumbuhan Malaysia juga Thailand. Jika dibandingkan dengan Singapura, 3,5 kali lipat pertumbuhannya,” ujar Samuel seperti dilansir dari Pikiran-rakyat.com.

Dengan jumlah pengguna internet begitu besar, Indonesia juga menjadi pasar potensial pemasaran online. Untuk terus mendorong terus pertumbuhan ekosistem e-commerce, pemerintah pun telah melakukan beberapa pemetaan dan hal yang perlu segera dibenahi.

Telkom, sebagai salah satu perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia juga ikut membantu UKM dalam pemanfaatan penggunaan internet. Salah satunya dengan meluncurkan program Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital merupakan program pemanfaatan teknologi informasi yang dilaksanakan secara komprehensif, integratif yang berbasis komputer dan internet dengan tujuan mendukung proses bisnis UKM yang terpusat dan terpadu.

Lewat program Kampung UKM Digital, diharapkan para pelaku UKM lebih melek teknologi dan mulai masuk pasar online mengingat masih banyak pelaku UKM yang belum tersentuh teknologi padahal pangsa pasar online begitu besar. Terlebih dengan masuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (pus)

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Lindungi Gadget Kesayangan Kamu dengan 6 Cara Ini

Kamu hidup di waktu di mana teknologi tidak bisa dilepaskan dari aktifitas sehari-hari. Kamu tidak bisa memikirkan apa pun di dunia modern yang tidak terpengaruh oleh teknologi dalam beberapa cara. Or ...

Mengapa Hoax Lebih Cepat Tersebar?

Hoax, atau kabar bohong, menyebar karena faktor kedekatan informasi dengan masyarakat, kata salah seorang pendiri lembaga pemantau media Awesometrics, Ismail Fahmi. "Tidak hanya di Indonesia, ...

Asah Otak Kamu dengan 6 Aplikasi Android Ini

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sylvie Belleville dari Universitas Gériatrie de Montréal menyebutkan bahwa melatih otak dengan brain game dapat mencegah penyakit Alzheimer. Bahkan, brain g ...

6 Laptop Bisnis Terbaik untuk Dukung Produktivitas Profesional Kamu

Dinamisnya dunia pekerjaan di era digital kini menjadikan para pekerja juga turut serta mengikuti cepatnya tempo dan perkembangannya. Beberapa perusahaan bahkan memperbolehkan karyawan mereka untuk be ...

Terus Berkembang, Ini 3 Strategi Zomato dalam Bermain di Pasar Platform Kuliner Indonesia

Sejak diluncurkan pada tahun 2008, startup direktori restoran asal India Zomato terus berkembang menjadi platform kuliner yang cukup besar di dunia. Berbekal total ...

Blanja.com Permudah Beli Barang di eBay

JAKARTA -– Portal marketplace Blanja.com mempermudah masyarakat yang ingin membeli barang di eBay dengan menghadirkan site ebay.blanja.com. “Kita sudah soft launch eb ...

Ini Alasan Mengapa Instagram Unggul dari Snapchat di 2016!

Instagram belum menunjukkan gejala-gejala melambat. Layanan ini sudah menggaet lebih dari 600 juta pengguna, dengan 100 juta pengguna baru pada 6 bulan terakhir.  Jejaring sosial Snapchat ...

Survei Google: Smartphone Perangkat Utama Aktivitas Online

JAKARTA -- Pelaksanaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 menyedot perhatian. Kegiatan tersebut sekaligus menjadi penanda perubahan gaya hidup masyarakat dalam berbelanja. Dalam riset Niels ...

Kominfo Buka Pendaftaran bagi Merek Global Dapatkan Kemudahan Sertifikasi Gadget

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai membuka pendaftaran bagi pemilik merek global untuk mendapatkan kemudahan sertifikasi gadget. “Dalam rangka penyempurnaan proses sertifikasi ...

10 Youtuber Terkaya di Dunia

YouTuber bisa mendapat uang berlimpah dari iklan yang ditayangkan melalui video, produk yang disponsori, dan sumber-sumber lain. Semakin banyak jumlah tayangan dan subscriber, semakin besar pula po ...