Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Pengguna Internet di Indonesia Tembus Angka 132,7 Juta Jiwa


0

Jumlah pengguna internet Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet di Indonesia akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Samuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengatakan, berdasarkan data, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah kian pesat dengan rata-rata pertambahan pengguna 1,3% per tahunnya dari tahun 2013 hingga 2016

Pada tahun 2013 tercatat pengguna internet sebanyak 74,6 juta, lalu bertambah menjadi 83,6 juta (2014), 93,4 juta (2015), dan 102,8 juta di 2016. Dan pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 86,3 juta pengguna internet berada di Pulau Jawa. Angka ini setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Tempo.co, berikut jumlah persebaran pengguna internet di Indonesia berdasarkan wilayah:

1. Pulau Jawa

86,3 juta pengguna internet ada di Pulau Jawa. Jumah tersebut setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

2. Pulau Sumatera

Pengguna internet terbesar kedua ada di Pulau Sumatera dengan jumlah 20,7 juta orang atau setara dengan angka 15,7 persen pengguna internet Indonesia.

3. Pulau Sulawesi

Jumlah pengguna internet di Pulau Sulawesi adalah 8,4 juta orang atau setara dengan angka 6,3 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

4. Pulau Kalimantan

Persebaran terbanyak keempat berada di Pulau Kalimantan dengan jumlah pengguna sebanyak 7,6 juta orang. Angka pengguna internet di Kalimantan setara dengan 5,8 persen dari pengguna Internet Indonesia.

5. Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Jumlah pengguna internet di Pulau Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 6,1 juta dengan persentase setara dengan angka 4,7.

6. Maluku dan Papua

Jumlah pengguna internet Indonesia untuk wilayah Maluku dan Papua 3,3 juta orang dengan persentase 2,5 persen dari pengguna Internet Indonesia.

Berdasarkan data survei APJII, diketahui bahwa 52,5 persen pengguna Internet Indonesia adalah pria. Sedangkan 47,5 persen pengguna internet lainnya adalah wanita.

Pasar Potensial Pemasaran Online

Angka-angka di atas menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah menjadi kebutuhan utama. Banyak keuntungan yang didapat dari perkembangan teknologi terutama internet. Mulai dari mendukung laju perekonomian, pembangunan, serta sarana telekomunikasi tentunya.

Salah satu faktor penyebab tingginya tingkat penggunaan internet di Indonesia adalah semakin banyaknya orang Indonesia yang menggunakan smartphone, juga penggunaan media sosial, game online, dan belanja online.

Berbicara mengenai belanja online, sejak 2013 industri e-commerce Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Adapun nilai rata-rata total transaksinya berbanding retail sales sebesar 0,9% per tahun.

Menurut Samuel Abrijani Pangerapan, pertumbuhan retail internet di Indonesia pun menjadi yang tertinggi.

”Pertumbuhan retail internet di Indonesia tergolong tinggi. Dari kurun waktu 2010 hingga 2013 tumbuh 36%. Angka itu dua kali lipat dari Filipina dan hampir dua kali lipat dari pertumbuhan Malaysia juga Thailand. Jika dibandingkan dengan Singapura, 3,5 kali lipat pertumbuhannya,” ujar Samuel seperti dilansir dari Pikiran-rakyat.com.

Dengan jumlah pengguna internet begitu besar, Indonesia juga menjadi pasar potensial pemasaran online. Untuk terus mendorong terus pertumbuhan ekosistem e-commerce, pemerintah pun telah melakukan beberapa pemetaan dan hal yang perlu segera dibenahi.

Telkom, sebagai salah satu perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia juga ikut membantu UKM dalam pemanfaatan penggunaan internet. Salah satunya dengan meluncurkan program Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital merupakan program pemanfaatan teknologi informasi yang dilaksanakan secara komprehensif, integratif yang berbasis komputer dan internet dengan tujuan mendukung proses bisnis UKM yang terpusat dan terpadu.

Lewat program Kampung UKM Digital, diharapkan para pelaku UKM lebih melek teknologi dan mulai masuk pasar online mengingat masih banyak pelaku UKM yang belum tersentuh teknologi padahal pangsa pasar online begitu besar. Terlebih dengan masuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (pus)

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Instagram Tembus Rekor 700 Juta Pengguna

Instagram mengumumkan mengalami pertumbuhan pengguna 100 juta pengguna aktif semenjak akhir Desember 2016. Sehingga saat ini, Instagram mengklaim telah memiliki 700 juta pengguna aktif bulanan. &qu ...

Salah Kirim Pesan Whatsapp Bisa Ditarik Kembali

Sebagian pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami salah kirim, entah melayangkan pesan bukan ke kontak yang dimaksud ataupun ingin memikirkan kembali kata-kata yang terlontar. Selama ini pesan ...

Twitter Lite Bisa Hemat 70% Kuota Internet

Twitter memperkenalkan Twitter Lite untuk pengguna yang tak ingin kuota internetnya cepat habis atau sedang berada di daerah dengan kecepatan akses lambat. Seperti detikINET kutip dari laman blog T ...

Microsoft akan menghilangkan Aplikasi Wunderlist Untuk Meluncurkan Aplikasi To-Do Yang Baru

November lalu, The Next Web mendengar tentang aplikasi pengujian beta Microsoft untuk Windows yang diberi kode nama Project Cheshire. Proyek itu kini telah membuahkan hasil ...

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Windows Vista

Apakah Sobiz salah satu pengguna Windows Vista? Saatnya sekarang berpisah dengan Windows Vista, karena pihak Microsoft akhirnya menon-aktifkan layanan tersebut. Dilansir dari TheV ...

Bahaya! Jangan Sembarang Posting di Medsos, 6 Hal Ini yang Wajib Kamu Perhatikan

Privasi jadi hal langka akhir-akhir ini, dan media sosial (medsos) kesayangan kamu mungkin penyebabnya. Namun perlu juga diingat, ada beberapa hal yang dilakukan di medsos yang bisa memperburuk keadaa ...

Perangi "HOAX", Google Mulai Tandai Hasil Pencarian

Google mulai menerapkan langkah-langkah yang dijanjikan untuk memerangi penyebaran berita palsu alias hoax melalui layanannya. Akhir pekan lalu, raksasa internet ini mulai menandai berita-berita yang ...

Bos Yahoo akan Jadi Investor Startup?

Seperti diwartakan sebelumnya, Yahoo resmi diakuisisi Verizon secara utuh pada pekan lalu. Imbasnya, jajaran dewan direksi Yahoo berubah struktur. CEO Yahoo Marissa Mayer pun dipastikan akan mening ...

Ternyata Relativitas Waktu Pada Sains Telah Dijelaskan Alquran

Ilmuwan Albert Einstein pada tahun-tahun awal abad ke-20 mengungkapkan teori relativitas. Melalui teorinya, Einstein menjelaskan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan, di mana sebelumnya tid ...

Ada 6 Juta Ton Limbah Ponsel di Dunia, Ke Mana Mereka Pergi?

Saat ini, beredar miliaran ponsel di berbagai belahan dunia. Dari jumlah tersebut, secara tidak sengaja banyak produk yang sudah tak terpakai menghasilkan sampah. Para pengguna gadget, terutama pon ...