Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Pengguna Internet di Indonesia Tembus Angka 132,7 Juta Jiwa


0

Jumlah pengguna internet Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet di Indonesia akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Samuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengatakan, berdasarkan data, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah kian pesat dengan rata-rata pertambahan pengguna 1,3% per tahunnya dari tahun 2013 hingga 2016

Pada tahun 2013 tercatat pengguna internet sebanyak 74,6 juta, lalu bertambah menjadi 83,6 juta (2014), 93,4 juta (2015), dan 102,8 juta di 2016. Dan pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 86,3 juta pengguna internet berada di Pulau Jawa. Angka ini setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Tempo.co, berikut jumlah persebaran pengguna internet di Indonesia berdasarkan wilayah:

1. Pulau Jawa

86,3 juta pengguna internet ada di Pulau Jawa. Jumah tersebut setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

2. Pulau Sumatera

Pengguna internet terbesar kedua ada di Pulau Sumatera dengan jumlah 20,7 juta orang atau setara dengan angka 15,7 persen pengguna internet Indonesia.

3. Pulau Sulawesi

Jumlah pengguna internet di Pulau Sulawesi adalah 8,4 juta orang atau setara dengan angka 6,3 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

4. Pulau Kalimantan

Persebaran terbanyak keempat berada di Pulau Kalimantan dengan jumlah pengguna sebanyak 7,6 juta orang. Angka pengguna internet di Kalimantan setara dengan 5,8 persen dari pengguna Internet Indonesia.

5. Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Jumlah pengguna internet di Pulau Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 6,1 juta dengan persentase setara dengan angka 4,7.

6. Maluku dan Papua

Jumlah pengguna internet Indonesia untuk wilayah Maluku dan Papua 3,3 juta orang dengan persentase 2,5 persen dari pengguna Internet Indonesia.

Berdasarkan data survei APJII, diketahui bahwa 52,5 persen pengguna Internet Indonesia adalah pria. Sedangkan 47,5 persen pengguna internet lainnya adalah wanita.

Pasar Potensial Pemasaran Online

Angka-angka di atas menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah menjadi kebutuhan utama. Banyak keuntungan yang didapat dari perkembangan teknologi terutama internet. Mulai dari mendukung laju perekonomian, pembangunan, serta sarana telekomunikasi tentunya.

Salah satu faktor penyebab tingginya tingkat penggunaan internet di Indonesia adalah semakin banyaknya orang Indonesia yang menggunakan smartphone, juga penggunaan media sosial, game online, dan belanja online.

Berbicara mengenai belanja online, sejak 2013 industri e-commerce Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Adapun nilai rata-rata total transaksinya berbanding retail sales sebesar 0,9% per tahun.

Menurut Samuel Abrijani Pangerapan, pertumbuhan retail internet di Indonesia pun menjadi yang tertinggi.

”Pertumbuhan retail internet di Indonesia tergolong tinggi. Dari kurun waktu 2010 hingga 2013 tumbuh 36%. Angka itu dua kali lipat dari Filipina dan hampir dua kali lipat dari pertumbuhan Malaysia juga Thailand. Jika dibandingkan dengan Singapura, 3,5 kali lipat pertumbuhannya,” ujar Samuel seperti dilansir dari Pikiran-rakyat.com.

Dengan jumlah pengguna internet begitu besar, Indonesia juga menjadi pasar potensial pemasaran online. Untuk terus mendorong terus pertumbuhan ekosistem e-commerce, pemerintah pun telah melakukan beberapa pemetaan dan hal yang perlu segera dibenahi.

Telkom, sebagai salah satu perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia juga ikut membantu UKM dalam pemanfaatan penggunaan internet. Salah satunya dengan meluncurkan program Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital merupakan program pemanfaatan teknologi informasi yang dilaksanakan secara komprehensif, integratif yang berbasis komputer dan internet dengan tujuan mendukung proses bisnis UKM yang terpusat dan terpadu.

Lewat program Kampung UKM Digital, diharapkan para pelaku UKM lebih melek teknologi dan mulai masuk pasar online mengingat masih banyak pelaku UKM yang belum tersentuh teknologi padahal pangsa pasar online begitu besar. Terlebih dengan masuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (pus)

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Catat! Apple Bisa Rubah iPhone Jadi Macbook

Mari kita lupakan sejenak berita rumor tentang iPhone 8yang mungkin akan segera rilis tahun ini. Karena Apple selalu menggodok sesuatu yang baru di laboratoriumnya. Yang terbaru pun juga salah satu ya ...

Bagaimana Facebook Menjadikan Whatsapp Sebagai Pundi Uang?

Aplikasi pesan instan milik Facebook, WhatsApp pada awal Maret 2017 mulai memperkenalkan fitur baru mereka. WhatsApp melakukan ujicoba fitur yang dikhususkan untuk kalangan usaha kecil dan menengah di ...

Game Fenomenal Super Mario Run Hadir di Android Hari Ini

Super Mario Run adalah bentuk adaptasi Nintendo untuk menyasar pemain gim di perangkat mobile semacam smartphone. Gim itu diangkat dari gim legendaris Super Mario yang tersemat di konsol buatan Nint ...

Uber Kembali Ditinggalkan Petingginya

Perusahaan layanan transportasi, Uber Technologies Inc, kembali diguncang masalah dengan keluarnya presiden mereka, Jeff Jones, seorang ahli pemasaran yang dipekerjakan untuk membantu menaikkan reputa ...

Di Indonesia, WhatsApp Kalah dengan BBM

Ajeng Kusuma Wardhani Sejak BBM dirilis di Android, pengguna memiliki pilihan lain untuk melakukan instant mesaging (IM). Ini istilah lain untuk chatting. Selama ini mereka sudah mengena ...

Ponsel Ini Khusus Dijual di Indonesia

Aurora akan menjadi nama bagi BlackBerry perdana bagi perusahaan teknologi BlackBerry hasil kerjasama dengan join venture PT BB Merah Putih. Keran pemesanan awal pun sudah dibuka melalui situs online, ...

Seberapa Besar Industri Game Sumbang PDB Ekonomi Kreatif?

Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf), Hari Sungkari mengatakan Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif pada tahun 2015 sebesar Rp 700 triliun. Dari angka tersebut, 1 persennya merup ...

Perangi Hoax, Kominfo Berencana Terapkan "One Man One Account"

Banyaknya akun palsu di media sosial yang cenderung bertujuan menyebar hoax, membuat Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melempar wacana untuk menjalankan one man one account (satu akun ...

4 Ciri Perangkat Kamu Sedang Disusupi

Penyadapan memang bukan hal baru dalam dunia telekomunikasi. Hal ini sering dilakukan petugas berwenang demi mencari informasi dibutuhkan. Bahkan belakangan isu penyadapan menjadi polemik tersendir ...

Survei: Indonesia, Surga bagi Penjahat Cyber

Era teknologi yang semakin maju bagai dua mata pisau. Jika digunakan dengan benar akan memberikan nilai positif bagi kemajuan dan perekonomian suatu negara. Namun, jika digunakan secara tidak bertangg ...