Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Pengguna Internet di Indonesia Tembus Angka 132,7 Juta Jiwa


0

Jumlah pengguna internet Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet di Indonesia akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Samuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengatakan, berdasarkan data, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah kian pesat dengan rata-rata pertambahan pengguna 1,3% per tahunnya dari tahun 2013 hingga 2016

Pada tahun 2013 tercatat pengguna internet sebanyak 74,6 juta, lalu bertambah menjadi 83,6 juta (2014), 93,4 juta (2015), dan 102,8 juta di 2016. Dan pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 86,3 juta pengguna internet berada di Pulau Jawa. Angka ini setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Tempo.co, berikut jumlah persebaran pengguna internet di Indonesia berdasarkan wilayah:

1. Pulau Jawa

86,3 juta pengguna internet ada di Pulau Jawa. Jumah tersebut setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

2. Pulau Sumatera

Pengguna internet terbesar kedua ada di Pulau Sumatera dengan jumlah 20,7 juta orang atau setara dengan angka 15,7 persen pengguna internet Indonesia.

3. Pulau Sulawesi

Jumlah pengguna internet di Pulau Sulawesi adalah 8,4 juta orang atau setara dengan angka 6,3 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

4. Pulau Kalimantan

Persebaran terbanyak keempat berada di Pulau Kalimantan dengan jumlah pengguna sebanyak 7,6 juta orang. Angka pengguna internet di Kalimantan setara dengan 5,8 persen dari pengguna Internet Indonesia.

5. Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Jumlah pengguna internet di Pulau Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 6,1 juta dengan persentase setara dengan angka 4,7.

6. Maluku dan Papua

Jumlah pengguna internet Indonesia untuk wilayah Maluku dan Papua 3,3 juta orang dengan persentase 2,5 persen dari pengguna Internet Indonesia.

Berdasarkan data survei APJII, diketahui bahwa 52,5 persen pengguna Internet Indonesia adalah pria. Sedangkan 47,5 persen pengguna internet lainnya adalah wanita.

Pasar Potensial Pemasaran Online

Angka-angka di atas menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah menjadi kebutuhan utama. Banyak keuntungan yang didapat dari perkembangan teknologi terutama internet. Mulai dari mendukung laju perekonomian, pembangunan, serta sarana telekomunikasi tentunya.

Salah satu faktor penyebab tingginya tingkat penggunaan internet di Indonesia adalah semakin banyaknya orang Indonesia yang menggunakan smartphone, juga penggunaan media sosial, game online, dan belanja online.

Berbicara mengenai belanja online, sejak 2013 industri e-commerce Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Adapun nilai rata-rata total transaksinya berbanding retail sales sebesar 0,9% per tahun.

Menurut Samuel Abrijani Pangerapan, pertumbuhan retail internet di Indonesia pun menjadi yang tertinggi.

”Pertumbuhan retail internet di Indonesia tergolong tinggi. Dari kurun waktu 2010 hingga 2013 tumbuh 36%. Angka itu dua kali lipat dari Filipina dan hampir dua kali lipat dari pertumbuhan Malaysia juga Thailand. Jika dibandingkan dengan Singapura, 3,5 kali lipat pertumbuhannya,” ujar Samuel seperti dilansir dari Pikiran-rakyat.com.

Dengan jumlah pengguna internet begitu besar, Indonesia juga menjadi pasar potensial pemasaran online. Untuk terus mendorong terus pertumbuhan ekosistem e-commerce, pemerintah pun telah melakukan beberapa pemetaan dan hal yang perlu segera dibenahi.

Telkom, sebagai salah satu perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia juga ikut membantu UKM dalam pemanfaatan penggunaan internet. Salah satunya dengan meluncurkan program Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital merupakan program pemanfaatan teknologi informasi yang dilaksanakan secara komprehensif, integratif yang berbasis komputer dan internet dengan tujuan mendukung proses bisnis UKM yang terpusat dan terpadu.

Lewat program Kampung UKM Digital, diharapkan para pelaku UKM lebih melek teknologi dan mulai masuk pasar online mengingat masih banyak pelaku UKM yang belum tersentuh teknologi padahal pangsa pasar online begitu besar. Terlebih dengan masuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (pus)

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Facebook Luncurkan Inovasi Terbaru bagi Dunia Periklanan

Facebook kembali meluncurkan inovasi terbaru dalam dunia periklanan. Bertumpu pada Facebook Pixel sebagai fondasi utama, Facebook mengembangkan teknologi Facebook Dynamic Ads sebagai salah satu altern ...

Ternyata Ini Wujud Asli BlackBerry Krypton!

Rumor BlackBerry akan membuat smartphone berbasis sistem operasi Android dengan layar penuh sudah tersiar sejak lama. Oleh BlackBerry, smartphone itu diberi nama BlackBerry Krypton. Nah, menariknya ...

Saingi iPhone X, Samsung Garap Ponsel Fitur Lipat

Apple boleh saja bangga dengan iPhone X yang baru saja dirilis. Namun Samsung pun tak mau kalah, ponsel bernama Galaxy X konon telah disiapkan. Meski sama-sama menggunakan nama X di belakangannya, ...

Nokia 8 Versi RAM 6 GB Siap Meluncur Bulan Depan

Hadirnya Nokia 8 sempat diremehkan karena hanya memiliki RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Kini HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia, resmi mengkonfirmasi kehadiran Nokia 8 dengan RAM 6 GB dan memor ...

Bill Gates Menyesal Soal Ctrl-alt-del, Kenapa?

Ada beberapa kombinasi tombol keyboard yang bisa dimanfaatkan di sistem operasi Windows, di antaranya ctrl-alt-del. Namun Bill Gates menyesal telah membuat kombinasi tersebut. Ctrl-alt-del jika dit ...

Kini Google Makin Fasih Berbahasa Jawa & Sunda

Keterbatasan bahasa sering menjadi kendala serius dalam kehidupan manusia. Salah satunya ketika berselancar di dunia maya. Meski ditetapkan sebagai bahasa internasional, nyatanya memang masih banyak b ...

CEO Apple: iPhone Bukan untuk Orang Kaya

Gadget Apple dikenal mahal, apalagi dengan gosip iPhone 8 harganya paling tinggi dibanding generasi iPhone selama ini. Namun demikian, CEO Apple Tim Cook menegaskan produknya bukan hanya untuk orang k ...

Google Play Protect, Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware Ala Google

Google baru saja meluncurkan tool baru bernama Google Play Protect. Melalui tool ini, Google dapat memperingatkan pengguna apabila menemukan aplikasi yang memiliki malware di dalamnya. Terkini, per ...

Kenapa Harga Smartphone Masih Mahal? Cek Dulu 2 Hal ini!

Aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dijalankan pemerintah untuk produk Handphone, Komputer, dan Tablet (HKT) berbasis teknologi 4G tak terasa sudah berlaku selama setahun. Peraturan M ...

Berapa Gaji Rata-rata Karyawan Google?

Bekerja di kantor pusat Google di Mountain View adalah impian banyak orang, utamanya yang memiliki ketertarikan di sektor teknologi. Selain suasana kantor yang santai dan sehat, para pegawai Google ju ...