Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Pengguna Internet di Indonesia Tembus Angka 132,7 Juta Jiwa


0

Jumlah pengguna internet Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet di Indonesia akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Samuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengatakan, berdasarkan data, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah kian pesat dengan rata-rata pertambahan pengguna 1,3% per tahunnya dari tahun 2013 hingga 2016

Pada tahun 2013 tercatat pengguna internet sebanyak 74,6 juta, lalu bertambah menjadi 83,6 juta (2014), 93,4 juta (2015), dan 102,8 juta di 2016. Dan pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan pengguna internet akan mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 86,3 juta pengguna internet berada di Pulau Jawa. Angka ini setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Tempo.co, berikut jumlah persebaran pengguna internet di Indonesia berdasarkan wilayah:

1. Pulau Jawa

86,3 juta pengguna internet ada di Pulau Jawa. Jumah tersebut setara dengan 65 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

2. Pulau Sumatera

Pengguna internet terbesar kedua ada di Pulau Sumatera dengan jumlah 20,7 juta orang atau setara dengan angka 15,7 persen pengguna internet Indonesia.

3. Pulau Sulawesi

Jumlah pengguna internet di Pulau Sulawesi adalah 8,4 juta orang atau setara dengan angka 6,3 persen pengguna internet di seluruh Indonesia.

4. Pulau Kalimantan

Persebaran terbanyak keempat berada di Pulau Kalimantan dengan jumlah pengguna sebanyak 7,6 juta orang. Angka pengguna internet di Kalimantan setara dengan 5,8 persen dari pengguna Internet Indonesia.

5. Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Jumlah pengguna internet di Pulau Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 6,1 juta dengan persentase setara dengan angka 4,7.

6. Maluku dan Papua

Jumlah pengguna internet Indonesia untuk wilayah Maluku dan Papua 3,3 juta orang dengan persentase 2,5 persen dari pengguna Internet Indonesia.

Berdasarkan data survei APJII, diketahui bahwa 52,5 persen pengguna Internet Indonesia adalah pria. Sedangkan 47,5 persen pengguna internet lainnya adalah wanita.

Pasar Potensial Pemasaran Online

Angka-angka di atas menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah menjadi kebutuhan utama. Banyak keuntungan yang didapat dari perkembangan teknologi terutama internet. Mulai dari mendukung laju perekonomian, pembangunan, serta sarana telekomunikasi tentunya.

Salah satu faktor penyebab tingginya tingkat penggunaan internet di Indonesia adalah semakin banyaknya orang Indonesia yang menggunakan smartphone, juga penggunaan media sosial, game online, dan belanja online.

Berbicara mengenai belanja online, sejak 2013 industri e-commerce Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Adapun nilai rata-rata total transaksinya berbanding retail sales sebesar 0,9% per tahun.

Menurut Samuel Abrijani Pangerapan, pertumbuhan retail internet di Indonesia pun menjadi yang tertinggi.

”Pertumbuhan retail internet di Indonesia tergolong tinggi. Dari kurun waktu 2010 hingga 2013 tumbuh 36%. Angka itu dua kali lipat dari Filipina dan hampir dua kali lipat dari pertumbuhan Malaysia juga Thailand. Jika dibandingkan dengan Singapura, 3,5 kali lipat pertumbuhannya,” ujar Samuel seperti dilansir dari Pikiran-rakyat.com.

Dengan jumlah pengguna internet begitu besar, Indonesia juga menjadi pasar potensial pemasaran online. Untuk terus mendorong terus pertumbuhan ekosistem e-commerce, pemerintah pun telah melakukan beberapa pemetaan dan hal yang perlu segera dibenahi.

Telkom, sebagai salah satu perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia juga ikut membantu UKM dalam pemanfaatan penggunaan internet. Salah satunya dengan meluncurkan program Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital merupakan program pemanfaatan teknologi informasi yang dilaksanakan secara komprehensif, integratif yang berbasis komputer dan internet dengan tujuan mendukung proses bisnis UKM yang terpusat dan terpadu.

Lewat program Kampung UKM Digital, diharapkan para pelaku UKM lebih melek teknologi dan mulai masuk pasar online mengingat masih banyak pelaku UKM yang belum tersentuh teknologi padahal pangsa pasar online begitu besar. Terlebih dengan masuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (pus)

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Sebentar Lagi Astronot Bisa Akses Internet di Bulan?

Sebuah perusahaan rintisan di Jerman berencana membangun menara telekomunikasi seluler pertama di permukaan bulan. Dengan demikian, seorang astronot yang mendarat di bulan pada 2018 nanti diharapkan s ...

Seperti Apa Bahasa Indonesia Versi Digital?

Sejak 1992, bulan Oktober sudah ditetapkan sebagai bulan bahasa dan sastra. Idenya tercetus dari doktor Abdul Ghofur, pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang waktu itu terinspirasi oleh per ...

Akhirnya Facebook Dirikan Kantor Baru di Jakarta

Sebelum diresmikannya kantor Facebook di Jakarta, pada 2 Agustus lalu, perwakilan Facebook Asia Pasifik datang ke Jakarta dan melakukan pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkomi ...

Akibat Sukses Ciptakan Startup Avrego, Pemuda Minang Berkibar di Jalur Digital

Jauh-jauh menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, empat pemuda berdarah Minang, Sumatera Barat, justru berhasil mendirikan perusahaan rintisan, atau startup bernama Avrego. M ...

Terbesar di Asia Pasifik, Instagram Punya 45 Juta Pengguna Aktif

Indonesia dinilai sebagai lahan subur bagi pertumbuhan media sosial dunia, berkat keaktifan penggunanya. Hal ini turut dinikmati oleh layanan media sosial berbasis foto, Instagram. “Komunitas Ins ...

Lazada Bantu UKM di Pelosok Mencapai Go Digital

E-commerce Lazada meluncurkan program roadshow #upgradeUKM. Program ini guna mengunjungi dan mengedukasi Usaha Kecil Menengah (UKM) di 11 kota di Indonesia. Lazada bekerjasa ...

Instagram Memiliki Efek Buruk Bagi Kesehatan

Instagram, aplikasi untuk berbagi foto, dianggap sebagai media sosial yang paling buruk bagi kesehatan mental dan jiwa. Walau media sosial ini banyak disukai karena bisa menjadi platform untuk menampi ...

Ini 3 Alasan Kemkominfo Resmi Buka Blokir Telegram

Blokir terhadap Telegram terjadi sejak 14 Juli dan saat ini resmi dibuka kembali pada hari Kamis (10/08/2017) setelah adanya penanganan konten terorisme di perusahaan aplikasi Telegram selesai ditanga ...

Tiga Aplikasi Nyeleneh tapi Bermanfaat

Penggunaan internet semakin pesat. Pada 2016, penetrasi pengguna internet bergerak (mobile internet) menyentuh setengah populasi penduduk dunia. Segala hal, dengan kata lain, berurusan dengan internet ...

Saat Ini Liburan Hingga Biaya Kuliah Juga Bisa Kredit, Lho!

Setiap individu memiliki kebutuhannya masing-masing. Kebutuhan tersebut tentu nggak bisa disamakan. Pun cara memenuhinya berbeda satu sama lain. Dalam keseharian, sering kali kita menemui keadaan d ...