Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Tak Perlu Kasir, Pelaku UKM Kini Bisa Cetak Struk melalui Smartphone


0

Mesin kasir atau mesin pencetak struk pembayaran merupakan alat yang sangat penting bagi setiap tempat usaha. Struk pembayaran ini bisa menjadi bukti transaksi yang sangat penting bagi konsumen.

Untuk pelaku usaha, mesin kasir juga dibutuhkan buat cetak slip setoran, rekap penjualan, total penjualan harian dan lain-lain. Mengingat pentingnya struk pembayaran ini, tak heran bila permintaan mesin untuk mencetak bukti pembayaran ini laris di pasaran.

Namun, kebanyakan pengusaha harus mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membeli mesin kasir atau yang biasa disebut cash-register. Selain harganya mahal, juga makan tempat.

Kondisi ini tentu menjadi kendala bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Tak heran, hingga saat ini bisnis UKM masih lemah dalam hal pencatatan. Kondisi inilah yang mendorong Ponky Sutanto, Yansen Soeyetsen, William Suryawijaya, dan Kevin Jerremy mendirikan aplikasi Hello Bill di Jakarta.

Ini adalah aplikasi yang dapat menghubungkan handphone dengan mesin kasir. Khusus membantu pelaku usaha kecil dan menengah, lewat aplikasi ini biaya buat mengakses mesin kasir jauh lebih murah.

Lewat aplikasi Hello Bill, pengusaha bisa mencetak struk pembayaran secara langsung lewat alat komunikasi miliknya yang sudah terkoneksi dengan mesin EDC.

Mendirikan usaha sejak awal tahun 2015, sebenarnya Ponky yang sarjana IT dari Amerika ini sudah melihat peluang ini sejak lama. "Di Amerika bukan hanya restoran, ada tukang-tukang yang bawa mesin kasir sendiri," ujar Ponky.

Karena sudah berkembang, Ponky terpikir untuk membawa teknologi ini ke para pelaku usaha di Indonesia dan dengan harga yang terjangkau. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak yang menggunakan mesin kasir, namun dengan biaya yang mahal.

Sementara ini, Hello Billfokus membidik pelaku usaha yang bergerak di sektor kuliner. Sementara layanan aplikasi buat toko ritel baru saja diluncurkan. Dan, ke depannya aplikasi ini juga membidik sektor lain, seperti gerai salon.

Sistem Mudah

Ponky bilang, rata-rata restoran di Jakarta menggunakan mesin kasir yang berbasis komputer dengan biaya minimal Rp 30 juta. Nah, dengan aplikasi Hello Bill yang berbasis Android yang sudah terhubung ke mesin EDC, biayanya jauh lebih murah.

Sistemnya pun sangat mudah. Cukup download aplikasi Hello Bill, kemudian pelaku usaha meregistrasi biodata dan informasi mengenai usaha. Setelah terhubung dengan Hello Bill pusat, pelaku usaha mendapat mesin EDC untuk mencetak struk belanjaan.

Nah, fitur yang disediakan di mesin kasir handphone ini cukup beragam. "Jadi setelah gabung, pelaku usaha bisa mengaplikasi berbagai layanan seperti dine in, take away, delivery, atau reservation," kata Ponky.

Saat ada pengunjung yang ingin membayar, pelaku usaha cukup menekan tombol di layar handphone. Kemudian daftar menu yang sudah dipesan tinggal dikalkulasi untuk pembayaran. Selanjutnya tekan tombol payment dan mesin kasir akan mencetak struk pembayaran dari mesin EDC. "Tidak perlu repot menggunakan komputer, atau jasa pegawai kasir," ungkapnya.

Untuk mendapatkan aplikasi Hello Bill dan mesin EDC, pelaku usaha cukup merogoh kocek ratusan ribu per bulan. Dengan biaya tersebut, pelaku usaha akan mendapat mulai dari layanan IT, mesin kasir dan pemasarannya. Khusus pemasaran nanti akan dibantu food blogger yang sudah bekerjasama dengan Hello Bill.

Ia sengaja membidik pelaku UKM karena potensinya cukup menjanjikan. Di sektor kuliner saja, kurang lebih ada 1 juta resto di Jakarta. Saat ini, sudah ada 200 pelaku usaha yang bergabung di Hello Bill. Kebanyakan dari mereka kelas restoran seperti KOI Teppanyaki, Kopi Oey, Bakso Lapangan Tembak Senayan, dan lainnya.

Aplikasi Hello Bill menyediakan layanan mesin kasir murah meriah yang berbasis Android. Dilengkapi perangkat mesin electronic data capture (EDC) yang sudah terhubung dengan handphone, Hello Bill membidik sektor usaha kecil menengah, khususnya sektor kuliner.

(***)

Sumber: kontan.co.id 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 1 Komentar

Kirim Komentar



Please wait...

TULISAN TERKAIT

Deretan Aplikasi yang Siap Temani Perjalanan Mudik Kamu

Musim mudik segera tiba. Kemacetan merupakan momok yang paling menakutkan. Semua tentu masih ingat dengan tragedi macet Brebes Exit atau Brexit yang terjadi tahun lalu. Kemacetan panjang hingga berpul ...

Google Drive akan Bisa Backup Semua Data Komputer

Google berencana melakukan pembaruan untuk layanan media penyimpanan berbasis komputasi awan atau cloud miliknya yang bernama Drive. Dalam waktu dekat, Google bakal menjadikannya sebagai alat backup k ...

Yahoo Bangkrut! Kok Bisa?

Kabar duka mengejutkan dari Yahoo, satu lagi perusahaan digital raksasa akhirnya gulung tikar. Perusahaannya pun tidak main-main, karena ini Yahoo, yang sudah ada sejak kita kenal zaman awal internet ...

Wow! Ternyata Seperti Ini Pabrik Pemberi "Like Palsu" di Media Sosial

Di dunia media sosial, jumlah "like" merupakan parameter penting yang diburu oleh para vendor untuk mengiklankan barang dagangan masing-masing. Oleh karena itu, muncul pula cara tak j ...

Snapchat dan Instagram Berdampak Buruk untuk Anak Muda?

Penelitian baru berjudul Status of Mind menyebut media sosial berdampak negatif pada remaja. Pada penelitian tersebut, Instagram dan Snapchat sebagai media sosial dengan dampak terburuk. Penelitian ...

Fujifilm Rilis Kamera Instax Square SQ10

Tren kamera gaya lama di mana fotonya 'langsung jadi' seperti di era 80 dan 90-an kini sedang digemari oleh masyarakat. Banyak warga yang mulai memanfaatkan kamera ini untuk mengabadikan mom ...

WhatsApp Minta Facebook Wajib Bayar Denda Hingga Rp1,6 Triliun

Memberikan pernyataan palsu terkait akuisisi WhatsApp pada 2014 lalu membuat Facebook kini berada dalam masalah. Seperti yang telah dilansir dari Kumparan.com, Selasa (23/05/17), menurut kumparan akib ...

Apakah Ransomware 2.0 Akan Menyerang Smartphone?

Teror ransomware WannaCry kini telah menyebar di 150 negara di dunia, membuat sekitar 150 negara di dunia 'menangis'. Bagaimana tidak, hanya dalam waktu dua hari, malware ganas ini menyebar ...

Mau Dapat Beasiswa Developer Android dari Google? Simak Ulasan Berikut

Google Indonesia menawarkan beasiswa bagi 500 developer Android dengan mengikuti program Associate Android Developer Fast Track. Program ini menawarkan sejumlah mata pembelajaran yang dibuat oleh G ...

Wow! Seperlima Pasar Iklan Dunia Dikuasai Facebook & Google

Raksasa Silicon Valley, Google dan Facebook berhasil meraup lebih dari USD 100 miliar dari belanja iklan global. Kedua perusahaan telah meningkatkan pangsa pendapatan iklan global mereka dari sekitar ...