×
Ayo segera daftarkan Usaha dan Produk Anda disini!
7 Cara Menjadi Manajer Sukses
Updated: Jumat 21 Februari 2014 - 11:08 Kategori: Inspirasi Bisnis

Tugas dari seorang manajer adalah mengarahkan bawahan untuk bisa bekerja dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Disini kami akan memberikan beberapa tips cara menjadi seorang manajer yang sukses, seperti berikut ini.

  • Harus memperhatikan potensi anggota tim

Sebagai manajer, adalah tanggung jawab Anda untuk mengetahui siapa yang akan menjadi pilihan terbaik dalam menjalankan suatu tugas tertentu. Untuk memahami itu maka Anda harus memperhatikan potensi dan keterbatasan dari masing-masing anggota tim Anda. Anda harus memperhatikan dengan detail perilaku dari anggota tim Anda. Dengan begit

  • Menjadi role model

Setiap kali Anda sedang mengarahkan atau menyarankan anggota tim untuk bekerja dengan cara tertentu atau mengikuti etika kerja tertentu, Anda harus bisa menjadi role model  untuk diri Anda. Misalnya, Anda tidak ingin melihat anggota tim Anda sering terlambat masuk kerja atau menjalankan tugasnya. Tentu mereka akan menghormati Anda sebagai pemimpin dan mengikuti semua praktek-praktek yang Anda ajarkan kepada mereka. Hal ini bisa membangun hubungan yang sehat dengan karyawan Anda.

  • Harus tahu bagaimana memotivasi tim

Sebagai manajer, Anda harus tahu bagaimana menarik tim ketika ada tugas yang sulit. Adanya saling kerja sama dalam menyelesaikan tugas yang sulit. Anda harus bisa memotivasi mereka untuk selalu semangat bekerja. Misalnya, dengan memberikan reward sehingga mereka termotivasi untuk bekerja dengan baik.

  • Menjaga tim agar tetap kompak

Bila Anda memiliki banyak anggota, Anda harus tahu sifat dari tim Anda. Sifat setiap tim kan berbeda-beda, ada yang ego, pemarah, dll oleh karena itu Anda harus tahu masalah pribadi mereka. Ini adalah tanggung jawab Anda untuk mengetahui bagaimana untuk menjaga tim agar selalu kompak. Anda harus memahami karakter mereka masing-masing agar tidak terjadi konflik.

  • Betanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan

Hanya karena Anda adalah manajer, itu tidak berarti bahwa Anda sempurna. Dalam menjalankan tugas tak semuanya berjalan mulus sesuai dengan keinginan, pasti Anda pernah berbuat kesalahan dalam mengambil sebuah keputusan. Akuilah bila Anda pernah mengalami kesalahan dan bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda perbuat. Sikap ini pasti akan dilihat oleh bawahan Anda dan menjadi inspirasi mereka untuk mengikuti sikap yang sudah Anda lakukan.

  • Harus tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik

Sebagai manajer, Anda harus bisa menyampaikan pesan dengan baik dan jelas untuk bawahan Anda. Dengan begitu pesan yang Anda sampaikan sesuai dengan sasaran. Dan Anda harus belajar bagaimana bersikap tegas tanpa kasar atau ofensif. Menghargai anggota tim jika ia melakukan pekerjaan yang baik dan tahu bagaimana memberikan solusi saat tim mengalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya.

  • Menerima saran dan kritik dari karyawan

Sebagai seorang manajer, Anda harus bisa menerima kritik dan saran dari karyawan tentang kinerja yang Anda lakukan ini. Ini tentunya bisa membuat Anda menjadi seorang pemimpin yang lebih baik lagi. (***)