Chat with Us

Aktifkan STARBOX

7 Metode Pembayaran Online yang Paling Sering Digunakan e-Commerce


0

Transaksi online semakin diminati, bahkan sudah menjadi tren di kalangan masyarakat luas. Selain dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan waktu atau jarak, belanja online juga dapat memberikan manfaat ekonomis, sebab banyak sekali promo-promo menarik yang ditawarkan oleh toko online termasuk diskon besar-besaran pada momen-momen tertentu.

Semakin berkembangnya toko online, semakin beragam pula metode pembayaran yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online. Semakin beragamnya alternatif metode pembayaran dewasa ini, semakin mempermudah pelaku bisnis e-commerce dalam melayani pelanggannya. Metode pembayaran sudah seharusnya bukan lagi kendala bagi mereka.

Masyarakat semakin mengenal metode pembayaran tidak hanya melalui transfer bank, sistem mencicil dari kartu kredit, atau cash on delivery, tapi juga metode pembayaran via mobile wallet atau aplikasi mobile sejenis lainnya. (Baca juga: 8 Kiat Aman Melakukan Transaksi Elektronik)

Blanja.com misalnya, marketplace plat merah ini menyediakan berbagai macam metode pembayaran untuk mempermudah pelanggannya. Blanja.com menggunakan metode pembayaran via transfer bank melalui ATM, internet atau mobile banking, kartu kredit,  Finpay, dan aplikasi T-Cash. (Baca juga: CEO Blanja.com Berbicara Mengenai Industri e-Commerce Indonesia)

Meskipun adanya keberagaman metode pembayaran dalam transaksi online, namun beberapa metode pembayaran berikut ini adalah metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh toko online:

1. Transfer bank

Cara yang paling banyak digunakan dalam pembelanjaan online adalah menggunakan pilihan pembayaran berupa transfer bank, baik melalui ATM, internet banking, ataupun mobile banking. 

Untuk transfer bank melaui ATM mungkin akan terlihat cukup merepotkan, karena harus dilakukan secara manual. Artinya pembeli mentransfer dana secara manual, mengkonfirmasi secara manual dan kemudian penjual mengecek apakah dana yang di transfer tersebut sudah diterima atau belum.

Sementara untuk pembayaran transfer melalui internet banking, kamu mungkin akan direpotkan dengan harus selalu membawa token. Meski demikian, transfer melalui internet banking terhitung lebih aman. Sebab setiap melakukan transaksi dari lewat internenet banking, kamu harus mendapatkan kode otentifikasi yang hanya bisa didapatkan lewat token (e-securre).

Metode ini adalah metode pembayaran yang paling umum dilakukan atau dipilih oleh pelaku belanja online, karena tidak semua pembeli memiliki kartu kredit, paypal ataupun kartu debit online untuk melakukan transaksi pembayaran. (Baca juga: 4 Tipe Pebelanja, Kamu Termasuk yang Mana?

2. Kartu kredit

Apa yang tidak bisa dibayar dengan kartu kredit? Dari mulai toko online super yang menyediakan banyak jenis barang dagangan sampai toko online yang hanya mengkhususkan jenis barang dagangannya pun pasti menerima pembayaran via kartu kredit. Google store, Apple store, Ebay dan Amazon contohnya, semuanya menyediakan pilihan metode pembayaran melalui kartu kredit. (Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini dan Intip Cara Berhemat Saat Menggunakan Kartu Kredit)

Metode pembayaran ini terbilang paling mudah digunakan, karena pemegang kartu kredit hanya diminta memasukan data kartu kreditnya saja dan kemudian proses pembayaran pun selesai dilakukan. 

Metode pembayaran kartu kredit cukup menjadi favorit banyak pelanggan belanja online, terutama bagi mereka yang sering melakukan pembelian online dari luar negeri. Selain karena kemudahan prosesnya, metode ini dipilih karena ada banyak website toko online yang biasa memberikan diskon spesial untuk pelanggan kartu kredit tertentu. Metode pembayaran ini pun sering dimanfaatkan oleh pelanggan karena sistem pembayarannya yang dapat dicicil. (Baca juga: 3 Manfaat Kartu Kredit untuk Bisnis Online Kamu)

3. Paypal

Selain dua metode di atas, paypal adalah metode pembayaran online cukup banyak digunakan saat ini. Metode ini juga menjadi favorit kedua bagi pelanggan yang sering belanja online di luar negeri.

Di berbagai toko online mancanegara, kamu tidak akan susah untuk menemukan metode pembayaran yang satu ini. Paypal adalah salah satu metode pembayaran online paling populer di mancanegara. Selain menawarkan kemudahan saat bertransaksi, faktor keamanan, gratis biaya pendaftaran dan biaya bulanan merupakan faktor-faktor yang menyebabkan metode pembayaran ini sangat booming di kalangan para pebisnis online di mancanegara.

Saat ini paypal sudah mulai digunakan oleh beberapa toko online lokal. Sayangnya, paypal belum mendukung penggunaan rupiah saat melakukan transaksi, sehingga toko online yang akan menggunakan paypal ini harus menjual barang dagangannya dengan mata uang asing seperti Euro atau Dollar Amerika. Dan jangan lupa, untuk menggunakan metode pembayaran ini, kamu harus memilili akun paypal terlebih dahulu.

4. Kartu Debit Online (Payoneer)

Tidak semua kartu debit dapat digunakan untuk transaksi online, terutama kartu debit lokal yang memang belum memperbolehkan penggunaan semacam ini. Namun jika kamu menggunakan kartu debit dari bank luar negeri, mungkin kamu bisa melakukan transaksi melalui kartu debit. Untuk mendapatkan kartu debit luar, kamu bisa mendaftar di payoneer.

Selain bisa digunakan untuk transaksi online di internet, kartu debit payoneer juga dapat digunakan untuk berbelanja di supermarket maupun melakukan transaksi melalui mesin ATM.

5. Western Union

Siapa yang tak kenal Western Union? Western Union adalah layanan pengiriman uang lintas negara atau dalam negeri secara real time yang aman dan dengan proses yang lebih cepat. 

Jasa pengiriman uang melalui Western Union ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat hingga lebih dari 200 negara yang ada di dunia. Keuntungan menggunakan jasa layanan Western Union adalah kamu bisa menggunakannya tanpa harus membuka rekening bank. Kamu juga tidak memerlukan domisili tempat tinggal sehingga bisa melakukan pengiriman dan penerimaan uang dengan nyaman. Pengiriman uang melalui jasa Western Union tidak memerlukan batas minimum nominal uang. Sehingga kamu bisa mengirimkan uang berapapun yang diinginkan.

Metode ini lebih sering digunakan program affiliate atau periklanan seperti Google AdSense, Adbrite, ClickBank dan lain-lain dalam membayar gaji anggotanya. Metode ini masih jarang dijumpai di toko-toko online dalam maupun luar negeri.

6. Penagihan melalui ponsel atau menggunakan pulsa

Untuk metode pembayaran melalui penagihan ponsel atau menggunakan pulsa harus dengan operator yang mendukungnya. Apple Store atau pembelian sticker Line misalnya. Jika kamu adalah salah seorang pengguna gadget dari Apple, kamu dapat membayar pembelian iTunes Store, App Store, dan iBooks Store serta keanggotaan Apple Music dengan penagihan melalui telepon genggam.

Hal serupa juga berlaku bagi kamu pengguna Line, aplikasi chatting asal Jepang yang cukup populer di Indonesia. Bagi kamu yang melakukan pembelian melalui website Line Store, dapat melakukan pembelian dengan sistem potong pulsa. 

7. Cash on Delivery

Bagi penggemar sistem belanja online, pasti sudah akrab dengan sistem pembayaran cash on delivery atau COD. COD merupakan sistem pembayaran dimana barang dibayar tunai ketika barang sampai ditangan pembeli. Sistem ini sangat menguntungkan bagi pembeli karena menjamin barangnya sampai di tempat dengan aman. 

Salah satu keunggulan sistem pembayaran ini dibandingkan sistem lainnya adalah lebih dipercaya. Mengapa? 

Keamanan dan kepercayaan adalah dua isu yang paling sering menjadi kendala dalam proses belanja online. Bagi beberapa pembeli, terutama mereka yang baru dalam dunia online shop, banyak hal yang mereka khawatirkan, seperti apakah barang yang mereka pesan itu benar-benar akan dikirimkan dan sampai setelah uang dikirimkan, atau apakah barang yang dikirim itu kualitasnya sesuai dengan yang ditawarkan. 

Sistem pembayaran COD adalah salah satu solusinya, karena konsumen baru akan membayar ketika barang sudah sampai dan terima dengan baik. COD tentu dapat menambah rasa percaya pembeli atau konsumen terhadap belanja online

Semakin banyaknya pilihan metode pembayaran yang tersedia, kini tidak hanya mempermudah pembeli, namun juga pelaku e-commerce untuk memberikan layanan terbaiknya. 

(***)

Dari berbagai sumber 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.     


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar