Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Art of Smartbisnis: Kisah Sukses Pengusaha Jasa Titip


0

Saat ini kita berada di zaman serba digital di mana melakukan kegiatan bisnis dapat dilakukan melalui internet. Namun dunia belanja online saat ini tidak hanya diramaikan dengan banyaknya e-commerce yang beredar. Adanya media sosial pun dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan, salah satu jenis usaha tersebut adalah jasa titip barang (jastip). Hanya dengan mengandalkan kepercayaan dan foto menarik, Sobiz bisa menjadi pembelanja personal atau biasa disebut personal shopper.


Sistem kerjanya sederhana dan mengasyikkan, Sobiz hanya mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan lalu pilih item yang ingin ditawarkan, setelah itu foto dan unggah item itu ke media sosial dengan memberikan caption tawaran harga yang sesuai beserta informasi yang menyangkut item tersebut. Sobiz bisa duduk manis sambil menunggu pesanan datang menghampiri.


Setelah pembeli setuju dengan harga dan item-nya, mereka akan mengirimkan sejumlah uang untuk membelikan barang yang mereka pesan. Terakhir, Sobiz kirimkan item tersebut ke alamat yang dituju melalui jasa pengiriman yang terpercaya. Bagaimana, mudah bukan? Usaha jastip ini selain tidak perlu membutuhkan modal yang besar, juga sangat banyak memiliki keuntungan.


Untuk Sobiz yang hobi belanja, ini adalah salah satu usaha sampingan yang sangat menggiurkan. Seperti misalnya wanita bernama Pipit Widiya Sari yang telah menjalani bisnis ini sejak tahun 2015. Usaha jastip yang dijalankan fokus kepada perabotan rumah tangga, terutama produk IKEA yang ditawarkan melalui akun instagram @dev_ikea.


Pipit mengaku awalnya tertarik memilih produk IKEA karena memiliki desain yang unik dan tidak pasaran. Ia pun menceritakan, awalnya hanya membantu teman untuk membelikan sofa di IKEA, karena lokasi rumah temannya jauh sehingga Pipit membantu memilihkan barang yang temannya inginkan lewat foto yang diunggah lewat Instagram. Hal ini menjadi berkah bagi Pipit, menyadari rumahnya yang dekat dengan IKEA akhirnya ia pun memperdalam usaha ini.


Hingga saat ini, jenis barang yang dipesan cukup bervariasi. Mulai dari peralatan dapur, bed textile, lighting, rugs, home decoration, perlengkapan makan, hingga barang yang bersifat furniture seperti sofa, lemari pakaian, ranjang kasur, dan meja makan. Untuk konsumennya kebanyakan dari kalangan ibu rumah tangga, namun tidak sedikit juga yang datang dari perusahaan ataupun restoran.


Dari setiap barang yang ditawarkan, Pipit hanya mengambil fee sebesar Rp 5.000, namun jika harga barangnya di atas Rp 1 juta, fee yang diambil berkisar Rp 80.000 sampai Rp 100.00. Fee tersebut sudah termasuk biaya packing bubble wrap atau dus untuk proses pengiriman. Pipit juga mengaku tertarik melanjuti bisnis ini karena omzet yang didapat cukup besar. Jika hari biasa tidak ada banyak diskon berkisar Rp 6 juta sampai Rp 7 juta per bulan. Namun jika ada banyak sale saat tanggal tertentu, Pipit dapat menghasilkan omzet Rp 10 juta sampai Rp 11 juta per bulan.


Bagaimana menurut Sobiz, apakah mendapat banyak pelajaran dari pengalaman yang dialami oleh Pipit dengan usaha jastipnya ?


Temukan lebih banyak informasi seputar referensi peluang usaha lengkap dengan berbagai tips dan trik untuk mengembangkan usaha tersebut dengan cara bergabung bersama komunitas Smartbisnis. Tak hanya itu, dengan bergabung bersama Smartbisnis, maka Sobiz juga bisa mendapatkan pinjaman modal mudah yang dapat membantu Sobiz untuk memulai usaha.

 

Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi www.smartbisnis.co.id sekarang juga!


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar