Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Belajar Bisnis: Memulai Bisnis UMKM Dengan Modal Patungan Dari Teman, Apakah Efektif ?


0

Kendala dalam membuka usaha pasti ada aja ya Sobiz, salah satunya adalah modal saat berbisnis UMKM. Beberapa orang mengatasinya dengan mengumpulkan modal lewat patungan bersama teman. Cara ini cukup berhasil karena semakin cepat modal berkumpul, semakin cepat juga bentuk bisnis UMKM yang dijalankan. Hal ini sangat disarankan bila memang menemukan teman yang dirasa cocok.

Berbisnis bareng teman memberikan sederet keuntungan loh, selain bisa berbagi modal juga bisa bertukar pikiran untuk pengembangan UMKM. Namun seberapa efektif kah memulai bisnis UMKM dengan modal patungan seperti itu? Berikut ini adalah cara yang harus dilakukan agar bisnis tersebut bisa efektif.

1.   Harus satu tujuan

Saat sepakat untuk berada di satu perahu, tentunya harus satu tujuan. Begitulah jika Sobiz ingin berbisnis UMKM dengan modal patungan bareng teman. Pastikan Sobiz dan teman menggelar diskusi soal rencana bisnis, baik jangka pendek, menengah, dan panjang. Semuanya harus disepakati bersama untuk mencapai satu tujuan.

2.   Bagi tugas harus jelas

Diperlukan pembagian tugas yang jelas agar tidak bentrok saat bisnis telah berjalan. Lakukan tugas dengan kemampuan masing-masing. Misalnya jika Sobiz ahli dalam keuangan maka bisa menjadi bagian keuanga di UMKM, dan biarkan temanmu yang ahli membuat sesuatu untuk menciptakan suatu produk yang akan dijual nantinya. Walaupun memiliki tugas yang beda, namun keuntungan yang didapat harus sesuai dengan modal awal yang disetorkan.

3.   Saling terbuka

Transparansi harus mejadi prioritas utama. Bila ada salah satu pihak yang menutup-nutupi sesuatu yang berhubungan dengan bisnis UMKM, maka bisnis Sobiz tidak akan efektif. Bahkan bisa timbul efek domino yang akan menumbangkan bisnis yang dirintis. Transparansi yang dimaksud adalah menyangkut keuangan, asset dan karyawan.

4.   Hitam di atas putih

Walau berbisnis dengan teman, perjanjian tertulis tetap harus dilakukan sehingga ada bukti bahwa komitmen dan konsekuensi ditanggung bersama-sama. Bila Sobiz dan teman memiliki niat yang sama, maka perjanjian seperti itu tidak akan memberatkan. Tidak perlu mengundang notaris, Sobiz cukup lakukan perjanjian di kertas dengan tulis nama, tanda tangan dengan menggunakan materai.

Itulah tadi beberapa hal yang harus dilakuakn ketika memulai bisnis UMKM dengan modal patungan bersama teman. Menarik bukan? Jika Sobiz masih bingung cara memulai usaha, maka segera bergabung bersama Smartbisnis. Di sini Sobiz akan mendapatkan berbagai tips, trik dan dukungan serta bantuan dalam bentuk pinjaman modal mudah untuk memulai usaha Sobiz.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi www.smartbisnis.co.id dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Sobiz.

 

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar