Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Business Hack: Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Umur Perusahaan Beserta Analisanya


0

Menjadi seorang pengusaha yang memiliki suatu bisnis atau perusahaan memang merupakan hal yang menggembirakan, namun di sisi lain juga tidak mudah untuk dilakukan. Selain berupaya menghasilkan produk yang berkualitas, sebuah perusahaan atau usaha bisnis haruslah memiliki sistem yang baik, serta integritas yang baik agar menjadi sebuah perusahaan atau usaha bisnis yang sukses bertahan lama.

Integritas yang baik tersebut akan berpengaruh pada umur perusahaan. Umur perusaah sendiri adalah lamanya sebuah perusahaan berdiri, berkembang dan bertahan. Semakin lama umur perusahaan, semakin banyak informasi yang diketahui oleh masyarakat tentang perusahaan tersebut. Dan hal inilah yang akan menimbulkan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk perusahaan.

Sebuah perusahaan dapat dikatakan sukses apabila melewati umur 5-10 tahun, dengan kondisi tetap berdiri dan bahkan terus berkembang serta mengalami kemajuan yang signifikan. Semakin lama sebuah perusahaan berdiri, tentunya mempunyai strategi dan kita-kiat yang lebih solid untuk dapat menghadapi lika-liku dalam berbisnis.

Berdasarkan survey dari Statistic Brain yang dilakukan oleh Entrepreneur Weekly, Small Business Development Center, Bradley Univ dan University of Tennessee Research di tahun 2015, jumlah perusahaan start up yang melewati tahun pertama operasional hanya 75%, artinya sekitar 25% mengalami kebangkrutan. Dan pada tahun kedua yang bertahan sebesar 64%, pada tahun ketiga yang bertahan menjadi sebesar 56%.

Jenis Usaha yang Paling Sukses Bertahan dalam 4 Tahun

Hanya sekitar 5 jenis usaha yang paling sukses selama 4 tahun pertama berdiri. Ide-ide bisnis tersebut bisa Sobiz terapkan sebagai peluang dalam memulai bisnis yang baru. Berikut jenis-jenis usaha tersebut :

1. Organisasi dan Yayasan Keagamaan

2. Developer Apartement

3. Usaha Produksi Sayuran

4. Rumah Sakit/Praktek Dokter

5. Yayasan Baby Sitter

Jenis Usaha yang Paling Banyak Mengalami Kegagalan dalam 4 Tahun

Sebaiknya Sobiz lebih mempertimbangkan dengan hati hati bila ingin membuka 5 bisnis ini. Karena bisnis jenis ini rentan mengalami kegagalan dan umurnya tidak sampai 4 tahun. Berikut jenis-jenis usaha tersebut :

1. Bisnis Pelayanan Servis AC

2. Jasa Tukang Bangunan

3. Toko Grosir

4. Rumah Makan

5. Agensi Security

Analisis Penyebab Terbesar Umur Perusahaan Tidak Mencapai 5 Tahun

 

1. Kehabisan uang kas

Banyak sekali pengusaha yang tidak memisahkan antara pengeluaran dan pemasukan dari kas pribadinya dengan kas milik perusahaan. Kasus seperti itu yang sering mengakibatkan perusahaan menjadi kehabisan uang kas yang harusnya digunakan untuk pemutaran modal usaha.

2. Tidak memiliki tim yang kuat

Selain memiliki produk yang berkualitas, pebisnis juga harus memiliki tim yang solid. Karena tanpa kerjasama antara karyawan satu dengan karyawan lainnya, suatu perusahaan atau usaha bisnis tidak akan bertahan lama. Tim yang solid sangat dibutuhkan saat menghasilkan produk yang berkualitas, memasarkan produk tersebut, hingga berhasil menjualnya.

3. Kalah berkompetisi

Sebelum memulai usaha berusahalah untuk mengetahui yang akan menjadi competitor-kompetitor terbesar dalam bisnis Sobiz. Setelah itu ketahui bagaimana cara mereka mencapai kesuksesan, serta temukan yang menjadi kelemahan-kelemahan mereka. Kalah berkompetisi dalam dunia usaha bisa karena faktor yang bermacam-macam. Dari mulai kalah dalam penetapan harga, kalah saat melakukan promosi, hingga kalah merangkul target pasar yang diinginkan. Cara yang paling tepat untuk memenangkan kompetisi dalam sebuah bisnis dengan belajar dari para kompetitor.

Jadi bagaimana dengan Sobiz, apakah sudah mulai mengenal yang dimaksud dengan umur perusahaan, serta sudah menganalisis gagalnya para pebisnis ? Jika masih bingung, silahkan bergabung bersama komunitas Smartbisnis untuk mendapatkan informasi seputar peluang usaha, tips mengembangkan usaha, hingga pinjaman modal mudah untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

Segera sukseskan bisnismu dan kunjungi www.smartbisnis.co.id sekarang juga !

 

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar