Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Tak Perlu Bersaing! Inilah Rahasia Menciptakan Pasar Sendiri Bagi Usaha Anda


0

Lelah dengan segala persaingan bisnis yang telah Anda lalui selama ini? Maka berarti sudah saatnya Anda untuk bangkit dan beranjak untuk menciptakan pasar sendiri bagi usaha yang Anda jalankan. Dengan menciptakan pasar sendiri bagi Anda, maka tak perlu lagi modal besar untuk dapat menyaingi kompetitor. Menciptakan peluang usaha dalam pasar baru memang bisa dikatakan susah susah gampang.

Namun dengan memahami beberapa strategi berikut ini, Anda mungkin bisa meraciknya untuk membangun sebuah bisnis yang lebih besar lagi ke depannya. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, berikut Smartbisnis akan membagikan strategi rahasia untuk menciptakan pasar tersendiri bagi usaha Anda tanpa adanya persaingan!



Memahami  “Blue Ocean”

W Chan Kim dan Renee Maugorgne lewat bukunya berjudul Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make Competition Irrelevant, berhasil memperkenalkan formula baru yang mengejutkan banyak pebisnis. Dalam bukunya tersebut, mereka mengatakan bahwa sebuah bisnis yang cerdas adalah bisnis yang mampu keluar dari persaingan yang semakin lama semakin ketat, dan pada akhirnya menciptakan sebuah pasar baru.

Secara garis besar, mereka membagi dua jenis pasar. Yang pertama adalah “red ocean” di mana sebuah wirausaha harus jatuh bangun untuk bersaing lewat fitur produk dancolor:#000000;background-color:#ffffff;font-style:italic;font-variant:normal;text-decoration:none;vertical-align:baseline;white-space:pre;white-space:pre-wrap;">“blue ocean”, sebuah peluang usaha dan  pasar baru tanpa persaingan yang hanya bisa terbentuk oleh kekuatan merk sebuah usaha.


Saatnya pindahkan usaha Anda ke blue ocean

Setiap wirausaha yang mampu berpindah ke blue ocean di awali dari seorang pemilik yang berani melakukan perubahan drastis melawan sistem yang selama ini ada. Dan berikut adalah 4 srategi baru yang harus Anda pelajari agar dapat bertahan di blue ocean atau pasar baru yang Anda ciptakan.


Strategi pertama: Berani menghentikan setiap fitur produk Anda

Strategi pertama di awali dari Anda yang berani untuk tidak mematok harga tinggi dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tak hanya itu, sebagai pemilik usaha Anda juga harus bisa menahan agar tidak ikut berkompetisi langsung secara head-to-head dari para kompetitor lewat fitur produk yang ditawarkan. Yang terpenting adalah Anda harus bisa untuk selalu menyederhanakan produk Anda dan menurunkan harganya. Cukup ekstrim bukan?

Strategi kedua: Ganti fitur lama produk Anda dengan sesuatu yang baru

Setelah Anda berhasil melakukan strategi pertama, maka untuk menangkap peluang usaha di blue ocean selanjutnya adalah dengan mengganti fitur lama pada tiap produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan sebuah fitur baru yang berbeda dan fresh. Usahakan menciptakan sebuah fitur baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan kata lain, Anda juga dituntut untuk melakukan sebuah riset kecil akan hal ini.




Strategi Ketiga: Berani melawan kebiasaan yang mengakar

Dalam sebuah pasar baru, akan terus bermunculan bombardir terhadap usaha Anda dengan mengacu pada kebiasaan yang mengakar sejak dahulu kala. Untuk lebih mudahnya kita bisa mengambil contoh seperti industri pengolahan air minum kemasan. Zaman dulu orang tertawa terbahak-bahak mendengar bahwa ada air putih yang dijual, padahal air tersebut bisa didapat dengan mudah.


Namun, apa yang terjadi saat ini? Industri air minum kemasan tetap berjaya dan mampu menerobos segala macam kebiasaan yang mengakar tersebut. Jadi, cobalah untuk melakukan sebuah inovasi yang fenomenal.

 


Srategi keempat: Mengubah setiap ruang lingkup pasar

Pada dasarnya, sebuah usaha yang terjun ke blue ocean memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah demografi yang berbeda dari pasar pada umumnya. Dengan cara ini maka target juga akan lebih terfokus. Anda bisa belajar dari perusahaan seperti Facebook yang berhasil menerapkan prinsip seperti ini. Semakin kecil dan semakin terfokus demografis yang didapat, maka Anda bisa lebih mudah untuk menguasai mereka.



Kesimpulan

Untuk menciptakan peluang usaha baru dan pasar sendiri memang terbilang cukup sulit dan butuh waktu.  Namun dengan keyakinan dan memahami setiap strategi yang ada, maka bisnis yang Anda jalankan pasti bisa berjalan.

Demi mendapatkan itu semua, Anda juga disarankan untuk sering berbagi pengalaman dengan banyak pebisnis lainnya, sekaligus melakuan konsultasi lebih mendalam bersama pakarnya. Cobalah untuk bergabung bersama Smartbisnis dengan mengunjungi website www.smartbisnis.co.id untuk mendapatkan solusi lebih lengkap akan hal ini.

Selamat mencoba!

 


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips dan Trik Untuk Memutar Modal Usaha Secara Cepat Dan Optimal!

Untuk memulai sebuah usaha, biasanya seseorang akan membutuhkan dana awal. Hal inilah yang disebut sebagai modal. Berbagai cara pun dilakukan orang untuk mendapatkan modal usaha yang diingink ...

Apa Pentingnya Sosial Media Bagi UMKM? Ini Jawabannya!

Setiap tahunnya perkembangan sosial media di seluruh dunia bukan lagi soal bagaimana Anda bisa terhubung dengan banyak orang untuk saling berkomunikasi. Namun kenyataanya, kini sosial media juga telah ...

Business Hack: menggiring konsumen potensial dari digital menjadi konsumen toko Anda

Dalam beberapa artikel sebelumnya, telah disampaikan bahwa ada beberapa kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada Peluang usaha online maupun offline atau konvensional. Akan tetapi, bukankah kekur ...

Geluti UMKM, Cara Pintas Agar Bisnis Anda Didukung Pemerintah

Menginginkan sebuah peluang usaha yang dapat didukung penuh oleh Pemerintah? Maka jawaban yang paling tepat  adalah dengan menggeluti UMKM. Bagaimana tidak, pasalnya dalam beberapa tahun tera ...

4 Tips Ampuh 10 Langkah di Depan Kompetitor Bisnis Anda

Dalam sebuah pertarungan bisnis dan peluang usaha, cara orang-orang memandang Anda adalah hal penting, agar kelak mereka menjadi pelanggan setia. Anda harus pintar dan jeli dalam menangkap apa saja ya ...

Shelly Sukses Raup Omzet Jutaan Rupiah dari Buah Salak, Hingga Ekspansi ke Luar Negeri

Mungkin sebagian masyarakat di Indonesia pernah terluka saat mengkonsumsi buah salak. Kulitnya yang tajam menjadi salah satu penyebabnya. Namun, kini menikmati buah yang rasanya asam dan manis itu tid ...

Go-Jek Siap Ekspansi Ke Negara Ini

Datang kembali informasi dari teknologi transportasi online, yang sebelumnya mendapati kabar Uber resmi diakuisisi oleh pesaingnya yang berasal dari Singapura, Grab. Dari hasil akuisisi itu, secara ot ...

Viral! Anak Presiden Jokowi Jualan Kaos Menteri Susi di Tokopedia

Gibran Rakabuming berkolaborasi dengan Tokopedia, dan menghadirkan produk edisi spesial dari brand fashionnya bernama Tugas Negara Bos, yaitu T-Shirt bergambar wajah Menteri Kelautan dan Perikanan Sus ...

Gibran Putra Jokowi Ekspansi Gerai Markobar di Manila

Gerai Martabak Kota Barat (Markobar), bisnis kuliner yang dikelola oleh putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, segera dibuka di Manila, Filipina. "Targetnya tahun ini, seka ...

Keseriusan Suami Putri Marino Geluti Bisnis Restoran Thailand

Aktor Chicco Jerikho semakin memperlihatkan keseriusan dirinya menggeluti bisnis kuliner.  Setelah sukses membuka dua kedai kopi bersama sahabatnya yang juga aktor Rio Dewanto, kini diriny ...