Chat with Us

Aktifkan STARBOX

10 Hukum dalam Social Media Marketing


0

Untuk menarik perhatian audience dan pelanggan ke dalam media sosial bisnis kamu, diperlukan konten dan strategi social media marketing yang jelas. Sehingga sangat penting bagi kamu, yang berbisnis di media online, memahami secara jelas, dasar dari penggunaan social media marketing.

Menurut Entrepreneur.com, setidaknya ada 10 hukum yang harus kamu ketahui untuk membangun kepercayaan audience, baik untuk calon audience ataupun audience yang sudah ada, sehingga mereka menjadi loyal kepada media sosial kamu.

1. Mendengarkan

“Sedikit berbicara, lebih banyak mendengarkan”

Sukses melalui media sosial dan content marketing membutuhkan kesabaran untuk mendengarkan. Ketahui konten seperti apa yang pelanggan inginkan dan bergabunglah dalam percakapan untuk mempelajari lebih dalam lagi, apa yang benar-benar penting dan pelanggan butuhkan. Hanya dengan cara seperti ini, kamu bisa membuat konten yang sesuai. Hindari membuat konten yang tidak mereka inginkan, karena hanya akan menjadi “sampah” bagi followers-mu di media sosial.

2. Fokus

“What you stay focused on will grow.”  ― Roy T. Bennett

Jika kamu baru di bisnis online, fokus adalah salah satu hal yang harus kamu pegang. Seperti kamu fokus pada penggunaan media sosial dan content marketing strategy dibanding menggunakan banyak media, namun hasilnya kurang maksimal. Fokuslah pada konten, produk, atau layanan yang kamu miliki di media sosial.

3. Kualitas

Quality trumps quantity. Kualitas itu diatas segalanya. Pastikan, tidak hanya produk, tapi apapun yang kamu lakukan, baik upload konten hingga layanan di media sosial, kamu lakukan dengan sebaik-baiknya. Lebih baik memiliki 1.000 koneksi online yang membaca, share, dan membicarakan konten kamu dengan masing-masing audience mereka, dibanding punya 10.000 koneksi yang akan menghilang setelah melakukan kontak pertama dengan media sosial kamu, atau setelah apa yang mereka inginkan sudah mereka dapatkan.

4. Kesabaran

Tidak ada yang instan di dunia ini. Begitupun dengan kesuksesan media sosial dan content marketing bisnis kamu tidak terjadi dalam satu malam. Jadi, kesabaran sangat diperlukan dalam setiap prosesnya.

5. Compounding

Ketika kamu mem-publish sesuatu yang menarik dan konten yang berkualitas untuk membangun dan menarik perhatian audience, kamu akan menuai hasilnya. Para followers setia kamu akan membantu kamu dengan membagi kontenmu pada jejaring sosial mereka seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, blog, dan lain-lainnya.

Proses sharing and discussing dari konten milikmu ini akan mempermudah search engines seperti Google, untuk menemukan media sosial kamu pada keyword searches. Hal ini tentunya menjadi jalan potensial bagi banyak audience media sosial lainnya, untuk menemukan media online kamu.

6. Influencer

Lakukan penelitian untuk menemukan online influencers atau orang berpengaruh di pasar bisnis online kamu. Mereka yang memiliki audience yang tepat untuk target bisnismu. Jalin kerja sama dengan mereka untuk menarik perhatian para aundience yang mereka miliki.

7. Nilai

Jika kamu menghabiskan lebih banyak waktumu pada website dengan melakukan promosi produk dan layanan milikmu secara langsung, orang-orang akan berhenti follow media sosial kamu. Buatlah konten yang menarik, lakukan endorsement atau ajak influencer yang cocok untuk bisnismu, maka setelahnya, media sosial kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang. Ketika kamu punya sesuatu yang bagus, orang tidak akan segan mempromosikannya baik secara online atau langsung seperti word of mouth. Ingat, strategi promosi word of mouth adalah salah satu strategi promosi yang terbaik, gratis pula.

8. Pengakuan

Membangun hubungan adalah salah satu bagian yang paling penting dari keberhasilan pemasaran media sosial, sehingga sangat penting bagi kamu untuk selalu  memberikan pengakuan kepada setiap orang yang menjangkau media sosial kamu.

9. Akses

Jangan publish konten di media sosial hari ini dan menghilang di kemudian hari. Audience akan dengan cepat menggantikan media sosial bisnismu dengan yang lain, jika kamu tidak konsisten dengan keberadaanmu. Posting lah konten secara konsisten dan terus bangun hubungan dengan followers-mu.

Don’t publish your content and then disappear. Be available to your audience. That means you need to consistently publish content and participate in conversations. Followers online can be fickle and they won’t hesitate to replace you if you disappear for weeks or months.

10. Update

Kamu tidak bisa berharap audience-mu akan selalu share dan berbicara terus mengenai media sosial milikmu jika kamu tidak melakukan hal yang sama untuk mereka. Maka, kamu bisa menyisihkan sebagian waktumu untuk juga ikut membahas apa yang tengah happening di masyarakat, dan mengajak audience untuk ikut dalam percakapan. Dengan begitu, mereka akan terus loyal pada media sosial kamu.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...