Chat with Us

Aktifkan STARBOX

3 Langkah Mudah Tingkatkan Penjualan Online


0

Bisnis e-commerce di Asia Tenggara tengah booming. Menurut Frost & Sullivan, Asia Tenggara kini menjadi salah satu wilayah yang paling cepat berkembang di dunia dalam hal pendapatan e-commerce. Pada tahun 2020, pendapatan Asia Tenggara dari industri e-commerce diprediksi melampaui US$25 miliar. Pertumbuhan industri yang semakin meningkat, juga meningkatkan persaingan. Meninggalkan hanya yang terbaik yang akan bertahan.

Jadi apa yang dapat kita lakukan untuk memastikan bisnis kita tumbuh dan berkembang di tengah persaingan industri e-commerce yang semakin ketat?

Head of E-Commerce Damn! I Love Indonesia Irwan Juanda, berbagi tips untuk membantu e-commerce kamu semakin berkembang. Melansir dari Forbes, Kamis (26/01/2017), berikut 3 hal yang harus kamu ketahui untuk meningkatkan penjualan online bisnis dan customer loyalty.

1. Gunakan e-voucher O2O (Offline-to-Online) untuk meningkatkan penjualan online

image: forbes.com

Challenge: Menurut survei toko yang dilakukan, 70-80% pelanggan Damn! I Love Indonesia memilih untuk tidak melakukan pembelian secara online. Mereka lebih senang datang langsung ke toko offline. Jadi, apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan pelanggan secara offline tapi membuat mereka melakukan pembelian online?

Execution: Damn! I Love Indonesia menempatkan banyak content promosi di semua outlet mereka. Promosi tersebut salah satunya berisikan menawarkan promosi e-voucher bagi pelanggan yang melakukan pembelian secara online

Media melakukan promosi meliputi:

  • standing banner
  • signane atau papan informasi yang ditempatkan di dekat cashier
  • window display
  • melalui staf penjualan untuk memperkenalkan toko online perusahaan dan promosi yang ditawarkan di dalamnya.

Selain melalui media di atas, Damn! I Love Indonesia juga meminta pelanggan agar bersedia mengisi formulir singkat dengan informasi kontak pelanggan yang dapat dihubungi, seperti  kontak email pelanggan untuk menerima penawaran promosi dan e-voucher dari Damn! I Love Indonesia.

Result: Dari 500 pelanggan yang menerima e-voucher saat masa campaign yang berlangsung selama delapan minggu, 20% pelanggan melakukan pembelian melalui toko online.

Lesson: Menurut Juanda, banyak pelanggan yang merasa kurang nyaman dan kurang menyukai istilah "pembelian minimum" ketika menggunakan e-voucher. Dengan menghapus istilah ini, tingkat penjualan online dengan menukarkan e-voucher meningkat antara 80-90%.

2. Kirimkan pengingat untuk mengurangi tingkat pembatalan pembelian online 

image: freepik.com

Challenge: Sekitar 40% pelanggan Damn! I Love Indonesia melakukan tahap "purchased" di toko online mereka, namun keluar sebelum melakukan pembayaran.

Execution: Karena sistem pada website memiliki data semua pelanggan, mereka tahu siapa saja pelanggan yang melakukan checkout tapi tidak melakukan pembayaran. So, Damn! I Love Indonesia menciptakan sebuah sistem automated three-day cancellation atau pembatalan tiga hari secara otomatis di website-nya untuk pesanan yang belum dibayar.

Tim Customer Service akan menghubungi pelanggan melalui sistem reminder agar mereka melakukan pembayaran, dalam dua tahap:

  • Tahap 1: Setelah satu hari pelanggan tidak melakukan pembayaran, tim akan mengirimkan email reminder untuk mengingatkan pelanggan.
  • Tahap2: Setelah dua hari, tim akan melakukan panggilan kepada pelanggan untuk mengingatkan mereka dan bertanya apakah ada kendala saat melakukan pembayaran.

Result: Tingkat pembatalan pembelian online menurun 40% - 50% setelah strategi ini dilakukan dalam dua bulan. Yang artinya, membantu kenaikan nilai penjualan.

Lesson: Berdasarkan campaign ini, Juanda mengatakan bahwa pelanggan online masih membutuhkan human interaction bahkan dalam hal belanja online

Hasil yang dikumpulkan berdasarkan feedback dari pelanggan menunjukkan, beberapa pelanggan mengatakan bahwa terkadang mereka lupa untuk melakukan pembataran, dan sistem pengingat seperti yang dilakukan di atas, membantu mereka menyelesaikan proses belanja online. Beberapa pelanggan lainnya mengatakan, mereka khawatir telah melakukan kesalahan dalam proses pembelian online namun tidak mau menghubungi layanan pelanggan perusahaan. Sementara beberapa pelanggan lainnya bingung tentang bagaimana melakukan pembayaran karena mereka masih baru untuk pengalaman online shopping.

Jadi, setelah dihubungi oleh tim layanan pelanggan dan berbicara kepada mereka, pelanggan merasa lebih percaya diri untuk melanjutkan pembelian online

3. Berikan reward kepada pelanggan yang kamu ditemui di jalan untuk meningkatkan brand loyalty

image: fintechist.com 

Challenge: Pasar e-commerce Indonesia termasuk dalam pasar yang kompetitif. Pelanggan memiliki banyak pilihan mengenai toko online mana ia dapat belanja online. Semakin banyaknya pilihan yang tersedia, semakin rendah loyalitas mereka untuk beberapa brand

Execution: Melaksanakan strategi #KetemuDamn Brand Activation.

Bagaimana caranya? Tim Damn! I Love Indonesia akan memberikan reward atau penghargaan berupa e-voucher, kepada orang-orang yang mengenakan produk mereka dalam kegiatan sehari-hari. 

"Saat keluar, kami sering melihat beberapa orang mengenakan produk kami. Namun kami tidak mendapatkan kesempatan untuk berterima kasih kepada mereka dan menghargai dukungan mereka. Akan sangat aneh jika kami tiba-tiba menghampiri mereka dan mengucapkan terima kasih. Oleh karena itu, kami membuat kampanye #KetemuDamn dan melanjutkan program e-voucher O2O, untuk berterima kasih kepada para pelanggan setia kami, juga untuk membangun awareness terhadap toko online kami." jelas Juanda kepada Forbes.

Result: Campaign ini masih berlanjut.

Menurut Juanda, strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan online tidak harus mahal. Yang terpenting adalah, sebagai pelaku bisnis kita harus mempelajari sebanyak mungkin mengenai pelanggan yang kita miliki dan berika penghargaan kepada pelanggan sesering mungkin untuk meningkatkan customer loyalty. Hadiah pun tidak harus mahal, dengan memberikan e-voucher misalnya. Strategi pemberian e-voucher tidak hanya membuat pelanggan semakin setia terhadap brand kita, tapi juga dapat meningkatkan penjualan. 

Selamat berbisnis!

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.      


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...