Chat with Us

Aktifkan STARBOX

3 Tips Membuat SOP untuk Startup dan UKM


0

Industri digital di Indonesia semakin berkembang. Hal itu ditandai dengan banyaknya e-commerce dan startup yang bermunculan di berbagai daerah, khususnya di Ibukota.

Agar sebuah perusahaan berjalan dengan baik, diperlukan adanya Standard Operating Procedures (SOP). Sayangnya, masih ada beberapa perusahaan startup, yang memposisikan SOP sebagai paperwork saja. Terlebih bagi generasi millennial, yang sepertinya sedikit “sungkan” untuk membaca dokumen-dokumen tebal SOP.

Baca juga: Bisnis E-Commerce, Bisnis yang Menjanjikan 

Sebagai salah satu dari pekerja di startup di Indonesia, Gede Manggala dan Andi Andries membagikan pengalamannya dan memberikan beberapa ide yang bisa menjadi tip praktis membuat SOP yang benar-benar bisa membantu bisnis perusahaan kecil dan startup. Seperti dilansir dari Tech In Asia Indonesia, Rabu (08/02/2017), berikut pembahasannya:

Fokus pada manfaat SOP

Setiap kali kita menyebut SOP, umumnya karyawan dan manajemen langsung membayangkan dokumen tebal yang, ujung-ujungnya, lebih sering menjadi pajangan atau kewajiban training saja. Selebihnya, SOP justru dilupakan, bahkan dihindari.

Jika kamu adalah founder sebuah perusahaan baru atau startup, ingatlah bahwa fungsi utama SOP adalah membantu kamu dan karyawanmu bekerja agar bisnis semakin maju. Itu saja!

Jika kamu menggunakan prinsip di atas, gunakan semua media atau dokumentasi yang bisa digunakan untuk memastikan kamu dan karyawan mudah bekerja: checklist, process flow, deskripsi detail, video tutorial, animasi, workflow dalam bentuk aplikasi atau software, dan lainnya. Kamu juga bisa mengombinasikan beberapa hal di atas sesuai kebutuhan.

Selalu ingat, SOP terbaik adalah yang membuat proses berjalan otomatis. Tujuan akhir kamu adalah automated workflow.

Misalnya begini, anggaplah proses membuat invoice di perusahaan kamu sering merepotkan dan membuat pembayaran sering terkendala. Coba bayangkan bila kamu punya SOP dalam aplikasi di smartphone yang bisa punya sequence otomatis. Mulai dari remindernotification untuk mengingatkan karyawan kamu membuat invoice, meminta approval, sampai memastikan uang masuk ke rekening perusahaan untuk setiap barang atau jasa yang telah kamu jual. Jika ini berjalan mulus, invoice kamu akan bebas dari kendala internal. Semua tergantung klien yang harus membayar.

SOP perlu untuk growth dan scalability

Jika perusahaan kamu selamanya hanya perlu empat hingga lima orang karyawan, mungkin kamu tidak perlu SOP. Tapi jika kamu melihat perusahaan akan berkembang, dari empat karyawan menjadi empat ratus karyawan, maka sejak awal kamu perlu memastikan perusahaanmu bisa “direplikasi” dengan cepat.

Bagaimana caranya?

Kamu harus membayangkan SOP sebagai modul-modul untuk replikasi pekerjaan atau karyawan dengan cepat. Sekali lagi, gunakan format atau media yang paling efektif untuk replikasi.

Tidak usah mendengarkan omong kosong bahwa SOP harus dokumen tertulis dengan standar-standar tertentu. Jika dengan apa yang kamu buat, setidaknya ada dua orang karyawan bisa melakukan pekerjaan yang sama secara konsisten dengan sedikit supervisi, maka SOP kamu sudah berfungsi dengan baik.

Oke, lalu dari mana memulainya?

Jika kamu bingung mulai dari mana, sebagai founder startup, kamu bisa memulainya dari pekerjaan yang kamu anggap paling menyita waktu namun bukan core competency kamu. Pekerjaan-pekerjaan ini cukup menguras energi kamu dan harus segera dilimpahkan kepada orang lain.

Ingatlah, kamu adalah seorang CEO—Chief Executive Officer bukan Chief Everything Officer. Klien dan pengguna mengharapkan pengalaman yang konsisten saat berhubungan dengan perusahaan kamu, baik saat berhadapan dengan kamu maupun dengan karyawan. Itulah tujuan utama SOP.

Ada SOP, tapi tidak dilakukan

Banyak sekali pemilik usaha yang mengeluh bahwa SOP yang ada tidak dijalankan. Bahkan di perusahaan besar, SOP ini menjadi momok nomor wahid!

Untuk perusahaan besar, kesalahan utama ini terjadi karena mereka terlalu gemar membuat SOP sebagai dokumen prasyarat tender atau sertifikasi. Hasilnya akan dipajang sejajar dengan Encyclopedia Britannica di rak perpustakaan.

Jika perusahaan kamu adalah perusahaan startup digital, sebaiknya buat semua SOP berjalan sebagai bagian dari workflow, apalagi jika bisa diakses dengan perangkat mobile.

Jika otomatisasi belum bisa dilakukan, pastikan SOP kamu dalam bentuk yang mudah dipahami dan dilakukan. Yang pasti, hindari membuat SOP berupa dokumentasi kertas saja.

Kamu juga perlu mengevaluasi pencapaian secara reguler. Kamu bisa membuat semacam dashboard atau key performance indicator (KPI) yang menjadi ukuran keberhasilan sebuah proses.

Sebagai ilustrasi, untuk memastikan SOP sebuah mobil berjalan baik, kamu sebagai sopir hanya perlu memperhatikan dashboard, tidak perlu melihat keseluruhan proses setiap waktu. Namun saat ada indikator mesin panas atau bensin habis, saat itulah kamu harus turun memeriksa.

Hal yang sama berlaku untuk para founder dan pemilik perusahaan. Kamu perlu membuat satu atau dua KPI sederhana di setiap proses untuk SOP yang ada. Monitor pelaksanaan SOP dari KPI tersebut. Jika ada hal-hal yang berjalan tidak baik (atau sangat baik), berikan masukan kepada karyawan kamu. Lakukan hal ini terus -menerus sampai SOP menjadi sebuah kebiasaan.

(***)

Sumber: Tech in Asia Indonesia

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.       


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...