Chat with Us

Aktifkan STARBOX

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis


0

Sebagai seorang pengusaha, kamu diharapkan untuk terus melakukan inovasi guna membuat usaha kamu terus berkembang dan makin menuai untung. Persaingan bisnis kian ketat, agar bisnis atau usaha yang kamu jalankan kian maju, kamu harus mulai melakukan strategi tambahan seperti memperluas bisnis yang saat ini dijalankan. Misalnya, apabila usaha kamu adalah penjual pakaian secara online, ada beragam pilihan ekspansi yang bisa dilakukan mulai dari sisi produk, pemasaran, hingga permodalan.

Apapun jenis usaha kamu, kunci sukses agar bisnis atau usaha yang sedang dijalankan makin kuat bertahan dan berkembang adalah dapat memberikan hal yang baru pada dunia bisnis yang sebidang. Atau mencoba untuk memberikan tantangan dengan membuka bisnis baru yang benar-benar berbeda.

Namun, apabila kamu mencoba melakukan ekspansi baik, bisnis yang sudah ada atau bisnis baru, kamu harus paham hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Diperlukan pertimbangan dan rencanakan yang matang. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika kamu akan melakukan ekspansi untuk bisnis kamu.

1. Tanyakan apa alasan kamu ingin ekspansi?

Hal utama ialah tanyakan ke diri kamu, apa hal yang mendorong kamu untuk mengembangkan bisnis yang sedang ditekuni sekarang? Apakah karena telah banyaknya bisnis sejenis yang berkembang sehingga mengancam keberadaan bisnis? Atau kamu ingin membuat pelanggan lebih mudah mendapatkan produk yang kamu jual? Atau ingin melakukan inovasi?

Sebagai gambaran, jika usaha kamu adalah jualan baju via online, maka ekspansi yang bisa ditambahkan untuk jenis produk baru seperti aksesoris dan ragam model terkini. Alasan dan tujuan adalah hal utama yang harus di cari tahu ketika kamu akan memutuskan untuk mengembangkan bisnis atau tidak. Sesuaikan alasan beserta tujuan sebelum mengembangkan bisnis dengan kebutuhan pasar agar usaha makin lancar dan untung.

Tips : Buatlah daftar alasan-alasan kenapa kamu ingin ekspansi bisnis? Terus belajar dan mencari inspirasi dari pebisnis sukses di bidang yang dijalani, dan belajarlah dari mereka, temukan alasan kuat yang akan menjadi motivasi untuk bisnis kamu.  

2. Kemana akan dilakukan ekspansi bisnis tersebut?

Ekspansi dapat berarti hal yang berbeda sehingga mencari tahu bagaimana tepatnya ingin memperluas bisnis kamu merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan terlebih dahulu. Apakah kamu ingin membuka cabang baru? Apakah kamu mempertimbangkan membuka sebuah toko online? Apakah kamu ingin go international atau mencoba ide terkait tapi yang benar-benar berbeda? Pelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan pesaing kamu dan melihat bagaimana kamu dapat mengatur bisnis kamu secara terpisah.

Carilah lokasi dengan profil yang sama dengan cabang pertama kamu dan melihat apakah ada toko yang menjual produk yang sama. Jika ada, maka lakukan inovasi yang dapat membedakan antara produk kamu dan pesaing, baik produknya sendiri atau cara penjualannya. Jika tidak ada, maka itu merupakan tambang emas yang belum dimanfaatkan. 

Tips : Lakukan survei untuk strategi ekspansi bisnis yang akan kamu lakukan. Misalnya, perluasan cabang usaha, kamu dapat melakukan survei lokasi di tempat yang baru. Atau bisa pula ekspansi dalam metode pemasaran produk/jasa yang kamu jual. Misalnya, apabila kamu akan merambah ke media online, Anda bisa melakukan survei untuk toko online terbaik yang banyak dicari orang.  

3. Berapa modal yang akan dibutuhkan untuk ekspansi?

Ketika kamu akan melakukan ekspansi maka modal biaya juga harus kamu siapkan. Biaya mencakup uang jaminan, biaya konstruksi, peralatan, tidak terduga dan sebagainya. Ketika bisnis berhasil berkembang maka pengeluaran untuk biaya sistem dan operasi juga meningkat.

Terdapat beberapa pilihan sumber uang untuk modal yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan ekspansi terhadap bisnis kamu, berikut adalah beberapa pilihan produk keuangan yang dapat kamu manfaatkan sebagai sumber modal uang untuk ekspansi bisnis kamu:

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Kredit ini cocok dijadikan sebagai sumber modal karena praktis dan tidak membutuhkan jaminan, dapat digunakan untuk tujuan kredit apapun jadi cocok untuk dijadikan sebagai sumber modal kamu untuk melakukan ekspansi, selain itu KTA dikenal karena pengajuan yang super cepat dan mudah dan pencairan dana yang cepat. Tapi KTA memiliki limit yang tidak banyak, kamu hanya diberikan pinjaman sesuai dengan limit dari produk KTA bank.

KMG (kredit Mullti Guna)

Salah satu asalan mengapa orang memakai Kredit Multiguna adalah karena mereka bisa mendapatkan uang banyak untuk berbagai keperluan tanpa harus menjual aset berharganya. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan ekspansi bisnis dan membutuhkan dana yang cukup besar kredit multi guna dapat dijadikan pilihan karena limit pinjaman juga tinggi bahkan bisa mencapai miliaran rupiah dan waktu yang diberikan untuk melunasi (tenor) juga cukup lama minimal 5 tahun. Akan tetapi hal utama yang harus diperhatikan ialah kamu harus memiliki aset sebagai jaminan, sebaiknya.

Kartu Kredit

Siapa bilang kartu kredit hanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk konsumsi pribadi saja? Jika kamu pengusaha maka bisa juga memanfaatkan sebagai salah satu sumber modal untuk melakukan ekspansi bisnis atau usaha kamu. Tapi hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih kartu kredit sebagai sumber modal ekspansi bisnis kamu. Kartu kredit harus memiliki limit kredit yang besar, persentasi tarik tunai yang mencukupi dan carilah fitur kartu kredit yang dapat dimanfaatkan seperti Cashback, cicilan 0% dan point rewards

Tips : Pilih dan manfaatkan sumber modal yang sesuai dengan jenis usaha dan kemampuan keuangan kamu. Contohnya, apabila usaha yang kamu tekuni saat ini termasuk usaha UMKM, dan kamu tidak memiliki jaminan aset yang besar, KTA bisa menjadi solusi permodalan kamu.  

4. Apakah kamu dapat mengatur waktu? 

Sebelum akan melakukan ekspansi terhadap bisnis atau usaha kamu, perlu diperhatikan, nantinya, waktu kamu juga akan terbagi saat akan mengembangkan bisnis. Jadi pertanyaannya, apakah kamu adalah seorang yang dapat mengatur dan membagi waktu dengan baik? Apakah kamu mampu menangani seluruh proses ekspansi dan mengurusi bisnis kamu yang sudah ada juga secara baik? 

Untuk hal ini, membuat daftar prioritas merupakan hal yang dapat kamu lakukan, agar kamu bisa membagi waktu kamu dengan baik dan mencari tahu mana yang harus kamu lakukan sendiri dan mana yang dapat kamu mempercayakan kepada orang lain baik untuk mengurus ekspansi atau bisnis yang sudah ada.

Tips : Buatlah rencana yang baik untuk membagi waktu dengan cara membuat daftar prioritas kegiatan kamu setiap hari. Buat jadwal yang matang dalam bentuk harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Diperlukan disiplin waktu yang baik antara bisnis dan kegiatan pribadi, jangan sampai kamu tidak memiliki waktu untuk keluarga gara-gara kamu melakukan ekspansi bisnis.

Rencanakan Sebelum Memutuskan

Keuntungan yang kamu dapatkan ketika melakukan ekspansi bisnis akan sangat menggiurkan, sebab pendapatan dan untung bisnis kamu bisa berlipat ganda. Namun, pahami pula risikonya. Jadi agar kamu sukses dalam melakukan ekspansi usaha, kamu harus memiliki rencana yang matang, dan melakukannya dengan penuh percaya diri bahwa kamu akan sukses. 

(***)

Sumber: Cermati.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.   


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...