Chat with Us

Aktifkan STARBOX

5 Kiat Sukseskan Bisnis Online di 2017


0

2016 sudah berlalu, kini saatnya kita mulai membuat berbagai strategi baru untuk bisnis di tahun 2017. Di tahun ini, para pelaku bisnis harus mempersiapkan diri untuk meghadapi berbagai macam perubahan. Terlebih bagi kamu yang (akan) berbisnis melalui media online. Mengingat teknologi merupakan sesuatu yang dinamis dan berubah dengan cepat. 

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin bisnis online kamu sukses di 2017 ini. Berikut lima kiat sukses bisnis online di 2017 menurut Entrepreneurs seperti dikutip dari Okezone.com, Senin (03/01/2016). 

1. Tetap up to date dengan teknologi lama dan baru 

Dengan kemajuan teknologi saat ini, menjadi semakin tertinggal adalah kemungkinan yang nyata. Sebagai pengusaha, kita harus tetap di atas perkembangan yang muncul dan mengikuti tren. Sebagian besar industri dipengaruhi oleh tidak hanya teknologi baru, tapi update terus menerus untuk teknologi yang ada. 

Dengan akses mudah dan informasi yang dapat diakses, pelanggan cenderung diberitahu tentang perkembangan terbaru. Sebagai pemasar, kamu akan perlu untuk bersaing dengan kompetitor atau bisnis kamu akan diabaikan oleh pelanggan.

Contoh pendiri Amazon, Jeff Bezos yang memperkenalkan pengiriman melalui pesawat tak berawak ke AS Postal Service. Untuk membantu audience kamu dan membuat pelanggan melihat kamu sebagai pemimpin industri, kamu harus berada di depan permainan. Inovasi dan ide-ide baru akan membedakan kamu dari kompetitor. 

2. Mengatur capaian mingguan dan harian 

Banyak pelaku usaha memanfaatkan berbagai penetapan tujuan untuk menjaga tim dan perusahaan mereka tetap di jalur untuk mencapai tujuan penting. Oleh sebab itu, buat dan tetapkanlah tujuan pencapaian untuk meningkatkan semangat dan produktivitas pekerja. 

Dengan adanya update mingguan, para pekerja akan mengetahui jika kamu sebagai pemilik bisnis, peduli tentang kemajuan mereka dan bukan hanya tentang produk dan hasil. Dengan adanya update, juga akan memudahkan para pekerja untuk bertanya mengenai hal-hal yang harus dilakukan dalam proses. Semakin baik pekerja mengerjakan pekerjaan mereka, semakin bagus pula kualitas layanan atau produk yang kamu miliki. 

3. Ambil lebih banyak resiko 

Adakah sesuatu yang ingin kamu coba lakukan namun belum terlaksana di tahun 2016? Atau adalah hal-hal baru yang ingin kamu lakukan untuk meningkatkan bisnis di tahun 2017 ini? Jika ada, maka lakukanlah. 

Salah satu hal yang bisa membuat seorang pelaku bisnis sukses dibanding pebisnis lain adalah, mereka tidak ragu mengambil resiko. Semua bisnis pasti membawa resikonya masing-masing, jadi jika kamu masih takut dengan resiko, itu artinya kamu belum siap menjadi seorang pebisnis.

Maka, jika kamu ingin bisnis kamu sukses, maka kamu harus berani mengambil resiko, dengan perhitungan yang tepat tentunya. 

Baca juga:

Tim Westergren, pendiri Pandora Radio, salah satu situs streaming musik papan atas pernah dalam posisi dimana ia harus berani mengambil keputusan yang penuh resiko. Ketika perusahaannya kehabisan uang pada tahun 2001, Westergren punya pilihan untuk melepaskan bisnis atau terus melanjutkannya. 

Dia memutuskan yang terakhir, namun beberapa tahun berikutnya adalah waktu yang tidak mudah. Dia memutuskan untuk menurunkan gaji hampir USD1,5 juta selama dua tahun berikutnya. Pandora diselamatkan oleh investasi yang datang pada tahun 2004. 

Sebagai pelaku usaha, tentu kita tidak ingin berakhir dengan kasus seperti yang dialami Tim. Namun kamu bisa belajar dari kasus Tim bagaimana ia tetap gigih dan berjuang hingga akhirnya perusahaannya terselamatkan. 

4. Membuat personalisasi prioritas 

Hari ini, kamu tidak dapat membaca tentang ritel atau e-commerce tanpa melewati kata personalisasi. Mendapatkan pesan yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat telah menjadi semakin lebih mudah dengan kampanye pemasaran berbasis data dan tersegmentasi dengan daftar email. Namun, banyak perusahaan masih belum menempatkan prioritas tinggi di atasnya. 

Menurut Dinamis Yield, 74% konsumen online frustrasi dengan website ketika konten seperti penawaran, iklan, promosi tidak ada hubungannya dengan kepentingan mereka. 

Gourmet pengecer kopi Boca Java dapat kamu jadikan contoh. Boca membuat keputusan untuk melakukan segmen daftar berdasarkan perilaku pembelian. Beberapa pelanggan membeli dua kantong kopi, sementara yang lain membeli tiga atau empat. Jadi, perusahaan mengirim email yang menawarkan 17% diskon untuk pembelian tiga bungkus. Dengan cara ini, Boca menemukan, pelanggan yang membeli dua kantong kopi adalah yang paling memberi keuntungan dari penawaran ini. Strategi ini kemudian mendorong peningkatan volume penjualan.

5. Memanfaatkan perangkat lunak automasi

Di era digitalisasi ini, kamu bisa memanfaatkan perangkat lunak yang sudah tersistem untuk automatisasi dalam melakukan pekerjaan. Perangkat ini dibutuhkan di dalam media sosial untuk melacak pelanggan, hubungan manajemen dan akuntansi, banyak tugas dalam bisnis kamu yang dapat dilakukan otomatis dengan menggunakan perangkat lunak untuk membebaskan lebih banyak waktu kamu. 

Dengan menggunakan perangkat lunak otomasi telah menyebabkan penghematan waktu, pengalaman pelanggan yang lebih konsisten, dan kehadiran pemasaran ditingkatkan dan tingkat pendapatan pasif dihasilkan.

(***) 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.   


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...