Chat with Us

Aktifkan STARBOX

5 Langkah Meningkatkan Content marketing Bisnismu di 2017


0

Pemasaran konten atau content marketing merupakan teknik pemasaran yang kuat, yang dapat membantu bisnis kamu sukses di ranah online. Content marketing dapat membantu menempatkan bisnis kamu menjadi trending topic, meningkatkan traffic website bisnis, menarik pelanggan baru, hingga membuat pelanggan menjadi loyal akan bisnis kita.

Jika kamu memiliki rencana untuk menggunakan strategi content marketing pada tahun depan, menurut TheNextWeb.com, ada lima teknik yang harus kamu perhatikan untuk membuat content marketing kamu outstanding di 2017 nanti:

1. “Kawinkan” tulisan dengan konten visual

Dahulu, content marketing hanya berfokus pada tulisan saja, seperti blog post, eBook, artikel, dan lainnya. Mengapa? Karena content marketing berupa tulisan lebih mudah dibuat, juga lebih mudah untuk share content marketing dengan tipe seperti ini. Content marketing berupa tulisan, lebih mudah digunakan pada website, email ke pelanggan atau di download sebagai PDF.

Pada 2017 nanti, bisnis kamu membutuhkan sesuatu yang lebih kreatif dalam menyajikan menyajikan konten. Kamu membutuhkan lebih dari satu tipe konten untuk membuat content marketing bisnismu stand out di tengah kompetisi marketplace. So, kamu harus bisa mengkombinasikan konten berupa tulisan dengan video atau audio.

Beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk konten berupa visual untuk membuat content marketing kamu berhasil bisa berupa:

  • infografis yang menyoroti beberapa hal utama pada artikel
  • video pengantar singkat yang menjelaskan isi dan maksud dari artikel
  • full-length video yang menyajikan isi dari seluruh bagian
  • elemen interaktif, seperti peta dan grafik yang memungkinkan pengguna untuk lebih mengerti informasi yang dibahas dalam artikel
  • slideshow menarik yang membuat pelanggan lebih mudah menemukan inti dalam artikel

Menciptakan berbagai bentuk konten visual memberikan pengunjung website bisnis kamu pilihan untuk mengkonsumsi konten dalam format yang mereka sukai – video, gambar, infografis atau presentasi yang interaktif.

Memiliki beberapa bentuk konten visual juga memudahkan kamu untuk berbagi konten di banyak platform. Kamu dapat meng-upload video bisnis ke Vimeo atau Youtube, mengirimkan infografis ke Visual.ly, mem-posting slide decks ke Slideshare, atau meng-upload gambar ke Snapchat, Instagram, dan Pinterest. Kamu juga dapat share bentuk lain dari konten visual melalui media sosial, yang berpotensi dapat meningkatkan reach dan engagement.

2. Buat konten yang sesuai dengan target

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, ada banyak sekali konten yang tersedia pada media online. Terdapat miliaran posting blog dan artikel yang membahas hampir semua di dunia ini. Alasan inilah yang mendasari kamu untuk menghindari membuat konten dengan topik yang sudah sangat umum. Jika ingin produk atau bisnismu dikenal, buatlah sesuatu yang menarik.

Kamu bisa membuat konten dengan tema khusus untuk audience atau membuat konten dengan memanfaatkan sesuatu yang tengah booming di masyarakat. Dan yang terpenting, jika ingin strategi content marketing-mu sampai pada target yang kamu inginkan, buatlah konten yang sesuai dengan latar belakang dan hal yang menarik perhatian audience.

Jika kamu membuat konten yang sesuai dengan target market-mu, dan konten tersebut bersifat unik atau bahkan tidak bisa didapatkan di tempat lain, maka mereka akan menganggap kontenmu sangat bernilai. Hasilnya? Mereka akan menjadi pelanggan setia bisnismu.

3. Update secara rutin agar audience selalu ingat dengan bisnismu

Sebagai pelaku bisnis, tentu kamu tahu bahwa sangat penting untuk mempertahankan pelanggan loyal dan menemukan pelanggan baru untuk terus mengembangkan bisnismu.

Jika kamu telah berhasil memiliki audience yang mau membaca email marketing yang kamu kirimkan, atau mengunjungi website bisnis kamu secara teratur, maka ini saatnya bagi kamu untuk meluangkan waktu dan berpikir mengenai daya ingat pembaca.

Untuk membuat posisi bisnis kamu tetap ada di pikiran audience, ada beberapa teknik yang bisa kamu terapkan:

  • buat konten dengan kualitas baik, bermanfaat, relevan dan terus update secara rutin.
  • buat percakapan dengan audience kamu melalui kolom komentar atau media sosial seperti Twitter. Ini akan membantu kamu untuk membangun hubungan yang baik dengan para audience.
  • permudah jalan audience-mu untuk melihat konten dan berlangganan konten yang kamu buat.
  • berikan penawaran menarik bagi audience yang terus datang kembali (pelanggan setia), seperti diskon produk atau akses ke konten khusus.
  • gunakan email marketing untuk menjangkau audience secara langsung.

4. User-generated content

Kepercayaan sangat penting dalam bisnis. Dan sebagai seorang pelaku bisnis, kamu tentu tahu bahwa promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu promosi yang sangat kuat dalam membangun brand image. Begitupun dalam konsep content marketing

Dalam media online, para pengguna internet menemukan bahwa beberapa audience mendapatkan kepercayaan akan suatu konten dari audience lainnya. Kepercayaan dari audience lain bisa didapatka dari potingan blog, diskusi forum dan share dari media sosial. Ketika salah saorang audience memberikan komentar positif mengenai content marketing yang kamu buat, maka bisnis-mu juga akan mendapatkan kepercayaan juga dari pengunjung lain. Hal tersebut akan menarik pengunjung atau pelanggan baru untuk datang.

Manfaatkan user-generated content dengan meminta bantuan para audience atau pelanggan-mu untuk memberikan feedback mengenai produk atau konten yang kamu buat. Bisa dengan memberikan komentar positif di media sosial yang kamu miliki atau bantu share pada media sosial milik mereka. Semakin baik dan semakin banyak feedback yang kamu miliki, semakin baik untuk bisnismu.

5. Promosikan kontenmu

Kamu sudah berhasil membuat konten yang menarik dan fantastis? Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mendistribusikan atau mempromosikan kontenmu. Sebagus apapun konten yang kamu miliki, akan percuma jika pelanggan atau audience tidak bisa menemukannya.

Pada 2017 nanti, sebagian besar content marketers akan fokus untuk menemukan cara-cara baru untuk mempromosikan konten yang mereka anggap bernilai.

Kamu bisa mempromosikan konten dengan memanfaatkan email marketing, media sosial, atau press release. Namun, mulailah mempertimbangkan untuk mempromosikan konten yang kamu miliki pada media berbayar seperti Google Adwords, Facebook Ads atau Stumble Upon.

Sebelum melakukan pendistribusian konten, pastikan kamu sudah memiliki konten yang luar biasa. Mempromosikan konten yang tidak berkualitas justru akan merusak reputasi bisnismu.

Selamat berkreasi!

(***) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...