Chat with Us

Aktifkan STARBOX

5 Strategi Sukses Bangun Hubungan dengan Pelanggan


1

Sebagai pemilik bisnis UKM, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan sangat diperlukan untuk kemajuan bisnis. Semakin kuat hubungan yang terjalin, semakin baik untuk bisnis. 

Untuk membangun hubungan yang baik antara kamu sebagai pelaku bisnis, bisnismu, dan pelanggan, dan menjaganya tetap kuat, diperlukan beberapa strategi. Melansir Entrepreneur.com, kamu bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan agar mereka selalu datang kembali untuk produk bisnis kamu dengan lima cara ini:

1. Jalin Komunikasi

"Every great business is built on friendship." ―James Cash Penney.

Komunikasi merupakan kunci sukses membangun hubungan yang baik dan kuat. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam bisnis. Jangan hanya mempromosikan bisnismu, tapi kamu juga harus mendengarkan suara pelanggan untuk menjaga kelangsungan bisnis. 

Selain mempromosikan bisnismu melalui banyak media baik kepada pelanggan maupun calon pelanggan, kamu bisa membangun percakapan dengan mereka. Manfaatkan media sosial tidak hanya untuk berpromosi tapi juga untuk berkomunikasi. Tanyakan apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka harapkan dari produk bisnis kita, dan tunjukkan jika kamu sebagai pelaku bisnis bisa memberikan solusi untuk setiap masalah dan kebutuhan pelanggan.

Jika kamu memiliki pekerja, ajarkan kepada mereka bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan. Jangan hanya menunggu layanan pelanggan atau customer service menyelesaikan masalah, namun kamu juga harus memberikan pelatihan kepada para pekerja baru mengenai communication skills dalam men-treat pelanggan. Dan pastikan untuk selalu memberikan feed back kepada pelanggan yang mengirimkan email, panggilan, pesan suara, ataupun pesan via media sosial.

2. Penuhi harapan pelanggan

"Here is a simple but powerful rule: always give people more than what they expect to get." ―Nelson Boswell.

Setiap pelanggan, selalu memiliki expectations atau harapan terhadap setiap produk atau layanan bisnis yang ditawarkan. Dan menjadi tugas para pelaku bisnis untuk selalu meningkatkan kualitas produk atau layanan yang mereka jual. 

Misalnya, jika kamu berbisnis online, kamu bisa mengirimkan pesanan lebih cepat dari waktu maksimal yang dijanjikan. Pelanggan yang puas, akan terus kembali kepada kamu. Karena semakin puas pelanggan terhadap produk atau layanan yang diberikan, semakin loyal mereka. 

3. Tanyakan pendapat mereka

"Customers don’t expect you to be perfect. They do expect you to fix things when they go wrong." ―Donald Porter.

Seperti yang sudah disinggung pada poin satu, sangat penting bagi bisnis kamu untuk mengetahui pendapat pelanggan terhadap produk atau layanan bisnismu. Baik itu pendapat bagus ataupun buruk mengenai bisnismu, akan lebih baik bagi kamu untuk mengetahui apa pendapat pelanggan. 

Kamu bisa menyediakan kotak survei di dekat kasir atau comment card di setiap meja dan meminta setiap pelanggan yang datang untuk berpartisipasi dalam survei. Suara pelanggan akan memberikan kamu gambaran terbaik apa yang diinginkan mereka, perbaikan apa yang harus kamu lakukan dan solusi apa yang harus kamu berikan kepada mereka. 

Komentar negatif sama bernilainya dengan komentar positif. Karena melalui komentar negatif, kamu pun menjadi tahu hal-hal apa saja yang butuh perbaikan. Melalui survei ini, kamu juga bisa mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan bisnismu. Semakin baik kualitas produk dan layanan bisnis yang kamu berikan, semakin puas pelanggan, semakin berkembang pula bisnis kamu.

4. Terkoneksi

"Build customer relationships through your online presence."

Perkembangan teknologi, membuat kamu sebagai pelaku bisnis dapat lebih mudah memulai dan menjalin percakapan dengan pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang cocok untuk bisnismu untuk terhubung dengan pelanggan.

Satu hal yang harus selalu kamu ingat, hindari one-way conversation atau percakapan satu pihak saja. Update terus media sosial bisnismu, tidak hanya sebagai sarana promosi, tapi kamu juga bisa menjadikannya sarana komunikasi, seperti yang sudah dijelaskan pada poin satu. Lemparkan pertanyaan-pertanyaan kepada pelanggan sebagai permulaan. Dan jika mereka bertanya, pastikan kamu selalu memberikan respon.

Untuk lebih membangun kepercayaan pelanggan, buatlah website bisnis. Sudah saatnya pelaku bisnis memanfaatkan media digital untuk selalu terhubung dengan pelanggan.

5. Berikan reward

"Loyal customers, they don’t just come back, they don’t simply recommend you, they insist that their friends do business with you." Chip Bell.

Setiap pelanggan selalu menyukai reward. Untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, berikanlah reward kepada pelangganmu. Tidak hanya kepada pelanggan loyal, kamu juga bisa memberikan reward kepada pelanggan baru sebagai wujud apresiasi.

Reward bisa berupa diskon, penawaran special, pemberian hadiah atau dalam bentuk penukaran poin. Memberikan reward tidak hanya wujud mengucapkan terima kasih kepada pelanggan, tapi juga membuktikan kamu peduli kepada mereka. Hal ini bisa membuat pelanggan terus setia terhadap kamu.

.


"Customers may forget what you said but they'll never forget how you made them feel." ―Unknown 


 (***) 


PROFIL PENULIS

Putri S

Content Management Specialist


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...