Chat with Us

Aktifkan STARBOX

6 Strategi Bisnis Menjual Barang Mewah


0

Dalam manajemen pemasaran merek mewah, para pemain industri telah mengakui pengalaman merupakan modal yang sangat penting. Butuh usaha yang keras bila Anda adalah pemain baru.

Melansir dari theguardian.com, barang dengan merek mewah merupakan proposisi yang berbeda. Mereka memerlukan pendekatan spesifik dalam manajemen dan pemasaran.

Berdasarkan penelitian dari pasar luas yang bekerjasama dengan Pernod Ricard, berikut adalah enam hal yang harus dilakukan saat Anda ingin berfokus pada rancangan dan pemasaran merek mewah dengan benar.

1. Membangun kepercayaan

Merek yang mewah harus membangun kepercayaan kepada pelanggan, bukan hanya mengandalkan nilai-nilai merek tersebut. Kepercayaan akan membawa merek berkembang lebih jauh, dengan sifat yang spesifik dan lebih tersegmentasi.

Tidak seperti merek kebanyakan, merek mewah tidak berusaha untuk menyenangkan semua orang, melainkan pelanggan yang memang memiliki keyakinannya tersendiri.

Contohnya seperti Ferrari yang jarang melakukan iklan di media massa. Namun mereka berinvestasi dengan signifikan di acara Formula One. Mereka berfokus pada tindakan yang berkaitan dengan keyakinannya untuk memperkuat prinsip dalam benak konsumen.

2. Membuat lebih dari sekadar logo

Ketika konsumen memikirkan merek mewah mereka cenderung membayangkan hal yang visual, bukan hanya sekedar logo tunggal. Hal tersebut dapat termasuk monogram, simbol merek, warna, pola, gambar dan bahkan konsep.

Sebuah contoh yang baik dari ini adalah Bottega Veneta, yang merupakan barang-barang kulit dan tidak menampilkan simbol atau logo yang terlihat. Masyarakat lebih menilai pola kulit menenun produk mereka dibandingkan sekedar logo.

3. Libatkan konsumen dalam layanan

Merek mewah tidak hanya menawarkan produk,melainkan juga bentuk pelayanan atau semacam ritual. Salah satunya dapat dimulai dengan hal yang sederhana seperti melakukan penjualan dengan penuh perhatian dan pelayanan yang cepat.

Contohnya seperti Parfum Le Labo yang menggunakan paham kualitas parfum akan memburuk dari waktu ke waktu, sehingga mereka menawarkan  hal berbeda pada pelanggan dengan persiapan pembuatan parfum di depan pelanggan saat ingin membeli.

Kemudian botol kaca dicetak tanggal dan nama pembeli dituliskan pada labelnya. Setelah berada di rumah, parfum tersebut harus disimpan dalam lemari es selama seminggu sebelum digunakan. Melalui ritual ini, pembeli merasakan pengalaman pribadi yang istimewa.

4. Perhatikan toko Anda

Merek mewah perlu memberikan perhatian khusus dalam cara menjual dan berinovasi pada titik pembelian. Untuk menunjang produk, berikan ruang yang akan menonjolkan pengalaman  dan kualitas merek.

Dalam hal ini, Anda bisa mengambil contoh dari Prada yang memulai proyeknya dalam toko rancangan arsitek terkenal, Rem Koolhaas. Contoh lainnya BMW World di Munich yang memiliki showroom yang membuat konsumen mendapatkan kesenangan lebih dari sekedar membeli produk.

5. Tarik konsumen ke dalam lingkaran eksklusif

Ketika merek kebanyakan menentukan siapa pelanggan mereka, merek mewah justru menarik pelanggan sendiri. Banyak konsumen yang kemudian memerlukan akses mendapatkan brand eksklusif Anda.

Agar merek mewah bisa terus hidup, Anda perlu memilih dan memilah konsumen. Seperti pelanggan Hermes yang harus membentuk ikatan intim jangka panjang dengan merek mereka jika ingin ditawarkan kesempatan untuk membeli salah satu produksi tas istimewa lainnya. Pelanggan yang loyal harus mendapatkan penghargaan.

6. Menciptakan mitos mengenai merek

Kebanyakan merek akan mengkomunikasikan diri mereka dengan kompetitor. Namun brand mewah membangun komunikasi  demi menciptakan mitos. Rolls Royce melakukan hal ini dengan mengundang pelanggan terpilih untuk melihat fasilitas manufaktur secara langsung.

Mitos harus disampaikan secara tidak langsung dan konsisten di setiap titik termasuk mengenai produk, toko dan pemasaran. Brand mewah sering mencapai hal ini dengan menambahkan tingkat misteri atau mengkaitkan dengan seni.

(***)

Sumber: liputan6.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...