Chat with Us

Aktifkan STARBOX

7 Langkah Tepat Tanggapi Keluhan pelanggan


0

Pelanggan yang tidak senang atau tidak puas adalah berita buruk bagi setiap perusahaan, dan hanya dibutuhkan satu dari mereka untuk menghancurkan apa yang sudah kita perbuat untuk membangun bisnis. Berlaku pula sebaliknya, dibutuhkan satu dari mereka untuk mengarahkan banyak calon pelanggan untuk menjadi konsumen Anda.

Pelanggan yang tidak senang memiliki alasan tersendiri. Beberapa merasa tidak baik, beberapa memiliki harapan yang tidak realistis, dan lain-lain mungkin hanya memiliki disposisi buruk. Namun, kita harus jujur; orang lain mungkin memiliki keluhan yang benar, entah bagaimana dan beberapa cara, kita mungkin telah memiliki persepsi untuk membawa mereka dari rasa kesal/rewel untuk menjadi benar-benar bahagia/puas.

Apapun penyebabnya, pelanggan yang tidak senang masih menjadi prioritas kita dan harapan untuk bisnis masa depan, dan kita ingin mereka bahagia lagi. Dengan kata lain, pelanggan tidak selalu benar, tapi dia akan selalu menjadi pelanggan kita selama yang kita inginkan dan kita butuhkan. Jadi kita perlu mengambil kendali dari keluhan pelanggan dan mengubah mereka untuk menjadi keuntungan bagi kita.

Dilansir lifehack, berikut 7 langkah untuk menyelesaikan keluhan pelanggan. Jangan biarkan hal buruk terjadi pada bisnis Anda, sebisa mungkin segera dihindari. Pendekatan langsung terhadap pelanggan segera setelah terjadi keluhan kepada Anda.

1. Dengarkan dengan saksama

Dengarkan pelanggan dan jangan mengganggu mereka. Mereka perlu waktu untuk menceritakan kisah mereka dan merasa bahwa keluhan mereka telah dindengar.

2. Ucapkan ‘Terima kasih’

Ucapan ‘terima kasih’ kepada pelanggan yang telah menjelaskan permasalahannya untuk menjadi perhatian Anda. Anda tidak dapat menyelesaikan sesuatu yang Anda tidak benar-benar sadari, atau mungkin membuat asumsi yang salah tentangnya.

3. Minta maaf

Sampaikan kepada pelanggan permintaan maaf untuk situasi yang telah membuat mereka merasa kurang nyaman. Ini bukan waktu untuk menceramahi, mencari pembenaran atau alasan; Anda harus meminta maaf.

4. Carilah Solusi Terbaik

Tentukan apa yang pelanggan inginkan sebagai solusi. Tanya mereka; mereka akan mengejutkan Anda untuk meminta dari awal seperti yang Anda pikir harus berikan-terutama ketika mereka melihat permintaan maaf dan niat Anda adalah benar-benar tulus.

5. Niat membantu

Carilah solusi yang akan mengatasi situasi untuk kepuasan mereka. Niat terbaik Anda dapat meleset sepenuhnya jika Anda masih gagal untuk memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

6. Ambil Tindakan Cepat

Berikan solusi dengan segera. Pelanggan akan sering merespon lebih positif agar berfokus untuk membantu mereka, dibandingkan solusi itu sendiri.

7. Follow-up

Tindak lanjut untuk memastikan pelanggan benar-benar puas, terutama ketika Anda harus meminta bantuan orang lain untuk memberikan solusi. Semuanya akan sia-sia jika pelanggan merasa bahwa tidak ada respon apapun dari Anda tekait permasalahan mereka.

Masalah terjadi. Ini adalah cara jujur Anda untuk mengakui dan menangani mereka. Pelanggan akan mengingat Anda, dan dengan senang hati memberikan kesempatan lain untuk menyenangkan mereka ketika Anda memilih untuk memperbaiki masalah dengan solusi terbaik yang bisa Anda tawarkan, membuktikan bahwa Anda menghargai mereka dan berterima kasih sudah menjadi pelanggan Anda. (nas)

(***) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...