Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Growth Hacking, Strategi Menarik Minat Pelanggan


0

Strategi growth hacking sudah banyak digunakan startup asing hingga perusahaan teknologi secara global. Selain membantu pertumbuhan bisnis, growth hacking merupakan salah satu cara ampuh menekan biaya pemasaran dalam jumlah yang besar.

Salah satu ahli growth hacking Indonesia yang sebelumnya telah memiliki pengalaman bekerja di luar negeri adalah Willix Halim. Tahun lalu, ia telah kembali ke tanah air dan bergabung sebagai Chief Operation Oficer (COO) Bukalapak.

Sebelum bergabung di Bukalapak, Willix telah menimba ilmu lebih dari 15 tahun dan bekerja di Australia. Ia pernah menduduki jabatan penting di situs Freelancer.com, pasar freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia yang berkantor di Sydney, Australia dan juga ada di Vancouver, Jakarta, Manila, San Francisco, London dan Buenos Aires.

Saat itu, alumni SMA Santo Thomas 1 Medan ini diposisikan sebagai Senior Vice President of Growth di start-up asal Negeri Kanguru, Australia. Ia adalah orang nomor dua di Freelancer.com (setelah CEO).

Bergabungnya Willix ke dalam Bukalapak merupakan langkah strategis yang dilakukan untuk menumbuhkan bisnis melalui growth hacking. Di Indonesia sendiri Bukalapak merupakan marketplace yang memiliki potensi untuk menjadi dominan diantara kompetitor lainnya.

Selama di Freelancer, ia tak hanya mengurus pertumbuhan perusahaan, namun juga manajemen produk dan karyawan. “Saat ini, saya mempunyai tanggung jawab yang kurang lebih sama di Bukalapak,” jelas Willix.

Demi meningkatkan pertumbuhan bisnis, sebuah startup biasanya membutuhkan peran seorang ahli (growth hacker) yang bisa membantu mereka agar tetap bisa berkembang dengan lebih efisien. Para growth hacker tersebut mempunyai kemampuan untuk mengoptimalkan semua proses, mulai dari pembuatan produk, pemasaran, hingga layanan pelanggan.

Meski terlihat mudah, namun proses tersebut membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Dan Willix telah mempelajari hal tersebut selama berkarier di Freelancer. “Tim pertumbuhan di sana bekerja dengan baik dalam skala global, dan saya mencoba untuk membawa hal tersebut ke Bukalapak,” ujar Willix.

Tidak berbeda jauh dengan pengalamannya bekerja sebagai VP of Growth di Freelancer, role Willix di Bukalapak adalah untuk menumbuhkan mindset growth hacking di seluruh divisi Bukalapak. Mulai dari produk, customer service, manajemen dan bagian lainnya, semua harus fokus untuk bisa meningkatkan pertumbuhan melalui growth hacking.

“Saya melihat saat ini sudah banyak [layanan] e-commerce dan marketplace di Indonesia, namun pada akhirnya hanya satu atau dua saja yang bisa bertahan dan mengalami growth yang stabil, dan saya lihat Bukalapak memiliki potensi ke arah sana,” ungkap Willix seperti dilansir dari Dailysocial.id, Selasa, (07/02/2017).

Kepiawaiannya sebagai master growth hacking akan dibuktikan di Bukalapak dengan menemukan celah baru untuk melakukan kegiatan growth hacking yaitu memanfaatkan channel-channel baru yang belum dilakukan oleh startup lainnya. Tidak hanya fokus kepada paid marketing yang kebanyakan digunakan oleh startup di Indonesia, namun juga memanfaatkan channel gratisan yang terbukti ampuh dan masih jarang digunakan.

“Saya melihat apa yang dilakukan oleh Facebook Marketing saat ini jauh berbeda dengan Facebook Marketing di awal, ketika harga masih murah dan peluang masih banyak. Hal tersebut menyebabkan kegiatan akuisisi user semakin sulit dan tentunya tidak profitable. Dengan alasan itulah saya akan mencari strategi baru untuk melakukan kegiatan marketing,” kata Willix.

Di tahun 2017 ini Willix memiliki komitmen untuk menjadikan Bukalapak berbeda dengan layanan e-commerce dan marketplace lainnya. Mulai dari layanan hingga produk, sesuai dengan target membuat Bukalapak mencapai tahap profitable dan sustainable growth. Bukalapak akhir-akhir ini menjadi sorotan media karena isu burn rate yang dianggap terlalu tinggi sehingga mendatangkan kerugian perusahaan yang cukup besar.

“Saya harapkan Bukalapak bisa tampil beda dari [layanan] e-commerce lainnya in a good way, yaitu agar produk bisa lebih advanced dan membedakan produk Bukalapak dengan lainnya. Dan mereka mengunjungi Bukalapak bukan karena diskon namun karena produknya bagus,” kata Willix.

Bukalapak sudah eksis selama tujuh tahun, dan sudah banyak produk yang dihasilkan oleh mereka. Bukalapak juga mendapatkan respon positif baik dari pelapak dan konsumen setia. Seperti, fitur nego, BukaIklan, BukaModal, premium membership dan masih banyak lagi.

"Kami menghadirkan fitur-fitur baru tersebut untuk memudahkan para pelapak dan konsumen menggunakan platform kami. Selain itu, di 2017 ini kami akan mempermudah proses pembelian di Bukalapak sehingga makin cepat dan efisien. kami akan terus berinovasi untuk kemudahan para pelapak dan pembeli dari sabang-merauke, agar sama-sama memajukan roda perekonomian Indonesia," tukas Willix Halim, COO Bukalapak.

(***)

Sumber: Dailysocial.id

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.      


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...