Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Pentingnya Humas dalam Bisnis E-commerce


0

Hal yang mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia dan negara lain dengan cara 'kemudahan' dan 'fleksibilitas' yang ditawarkan ke konsumen, seperti banyaknya pilihan produk yang ditawarkan, perbandingan harga yang variatif, kemudahan layanan pembayaran online, serta kecepatan pengiriman barang sampai ke tangan konsumen (menggunakan perusahaan jasa titipan).

(Baca juga: 6 Faktor Pendorong Bisnis E-Commerce Indonesia) 

E-commerce merupakan suatu instrumen dalam sistem ekonomi digital, secara konseptual e-commerce mampu menyederhanakan proses pemasaran dan pembayaran melalui pasar digital.

E-commerce tampaknya masih menjadi daya tarik industri pasar digital di Indonesia. Biro Pusat Statistik mencatat ada 26,2 juta pelaku bisnis e-commerce yang beroperasi di Indonesia pada tahun 2016. Namun, jumlah pelaku e-commerce yang tumbang pun tidak sedikit. Sebuah riset menyatakan, tingkat kegagalan bisnis e-commerce bahkan menyentuh angka hingga sembilan puluh persen, dan di dalam persaingan e-commerce sebuah brand harus memiliki karakter yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan lainnya.

(Baca juga: Potensi Bisnis e-Commerce Indonesia pada 2020 Diprediksi Mencapai Rp2000 Trilliun) 

Peran humas dibagian organisasi e-commerce sangat penting, guna mengomunikasikan karakter brand tersebut pada audiens yang ditargetkan, menurut Papar Ong Hock Chuan, Managing Partner Maverick Indonesia di Acara The Comms Club Vol.6 (23/02/17).

Pada acara tersebut, ketiga pembicara yaitu Teddy Arifianto (Head of Corporate Communications and Public Affairs JD.ID), Daniel Tumiwa (CEO OLX), dan Ong Hock Chuan (Managing Partner Maverick) membahas tentang pentingnya peran humas bagi e-commerce dari berbagai sisi, diantaranya:

1. Utamakan relevansi 

Membangun kesan dengan sebuah pesan atau iklan yang menghibur saja tidak cukup. Relevansi antara pesan yang ingin disampaikan dan kemasannya dengan profil audiens juga perlu diperhatikan.

Cari tahu, kenali audiens yang akan dituju, lalu sampaikan pesan sesuai dengan suara merek kamu dan profil target.

Contohnya, kamu mungkin masih ingat beberapa waktu lalu “Om telolet Om” sempat ramai di media sosial.

Bahkan, sejumlah selebritas mancanegara ikut meramaikan hashtag tersebut di Twitter. Brand kamu mungkin memiliki kesempatan untuk dapat muncul di tengah keramaian “Om telolet Om”. Tapi, apakah sesuai dengan citra yang ingin kamu bangun?

(Baca juga: 5 Tips Jalankan Beragam Bisnis e-Commerce)  

Kalau tidak sesuai, lebih baik tinggalkan. Jangan hanya latah mengikuti tren, pastikan kalau tren yang kamu ikuti tidak menurunkan citra brand di mata konsumen.

2. Mengemas pesan dengan cerita 

Fungsi humas lebih dari sebatas membangun relasi dengan media, lalu mengundang mereka untuk datang ke konferensi pers. Justru di zaman sekarang ini, humas dapat ikut berperan dalam mengeksekusi pesan yang akan disampaikan ke publik.

Salah satu caranya adalah menyampaikan pesan dalam bentuk cerita yang menarik dan mengena. Cerita yang disampaikan dengan baik dapat membuat pesan lebih mudah diterima oleh audiens.

3. Membangun kepercayaan pelanggan 

Di Indonesia, keraguan masyarakat untuk berbelanja secara online masih menjadi salah satu tantangan utama di ranah bisnis e-commerce. Maka, humas yang baik dapat ikut membangun kepercayaan calon pembeli agar mau berbelanja dengan layanan e-commerce.

Humas dapat menjadi salah satu alternatif untuk menunjukkan bahwa berbelanja secara online itu aman. Salah satu caranya, dengan membangun persepsi melalui saluran humas yang tepat, dapat dilihat, didengar, serta bisa memberikan kesan positif untuk calon pelanggan. 

4. Mengedukasi demi retensi

Pelaku  e-commerce bisa saling perang harga demi menarik pelanggan. Akan tetapi, diskon gila-gilaan saja tidak cukup. Ia kemudian memaparkan tiga fase ketertarikan konsumen yang perlu diperhatikan: (a.) saat pembeli melihat barang, (b) melakukan pembelian, (c) hingga produk sampai ke tangan mereka. Ketiga fase tersebut mempengaruhi keinginan pelanggan untuk kembali berbelanja di toko online yang sama.

Sayangnya, hal ini justru sering luput dari pemikiran pelaku e-commerce. Dalam kondisi seperti itu, humas dapat membantu untuk mengedukasi secara internal maupun eksternal.

Edukasi internal ditujukan untuk tim di perusahaan e-commerce  tersebut agar sama-sama memahami seperti apa pentingnya memberikan layanan maksimal untuk pelanggan.

Sementara itu, untuk edukasi eksternal humas mampu membantu memberikan jawaban yang memuaskan apabila ada pelanggan yang memberikan keluhan atau pertanyaan terkait layanan e-commerce.

Dengan edukasi internal maupun eksternal yang cukup, diharapkan hal tersebut bisa meningkatkan retensi pelanggan.

5. Libatkan Humas dalam Pengambilan Keputusan

Tidak hanya urusan publisitas, melibatkan orang yang bertugas menangani humas dalam proses pengambilan keputusan juga cukup disarankan.

Humas sebaiknya dapat memahami seperti apa reaksi masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce tersebut, sehingga mereka dapat membantu menentukan strategi selanjutnya yang tepat untuk target pengguna.

Selain itu, tim humas juga perlu peka terhadap isu terkini yang dapat menjadi celah untuk membuat perusahaan lebih unggul dibanding pesaing.

(***)

Sumber: id.techinasia.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...