Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Sukses Bisnis Kuliner dengan Strategi Branding


0

Kamu tentu paham, ada berbagai merek yang sejatinya menawarkan produk yang serupa. Selain mi instan, contoh paling gamblang adalah produk air mineral dalam kemasan. 

Sebagian konsumen cenderung memilih merek A. Sebagian lagi membeli merek B, merek C, atau merek lainnya. Padahal, semua merek itu sama-sama menawarkan air mineral. 

Lalu, kenapa konsumen memilih merek tertentu? "Karena ada brand di situ," ujar Fredy Utama, Dosen Universitas Prasetiya Mulya. 

Brand alias merek bukan sekadar nama yang melekat pada produk. Lebih dari itu, merek adalah sesuatu yang menunjukkan siapa kamu yang membuat kamu berbeda dari yang lain.

Karena itulah membangun merek atau branding merupakan hal yang penting dan strategis saat kamu memulai sebuah usaha kuliner. Menurut Fredy, menentukan merek terkadang bisa menjadi proses yang sulit dan panjang. 

Kamu pun perlu menginvestasikan waktu dan usaha dalam proses ini. Sebab, merek adalah magnet yang akan menarik konsumen kepada produk atau layanan kamu.

Strategi branding

Erwin Halim, Pengamat Waralaba dari Proverb Consulting, mengatakan, membangun merek untuk usaha kuliner sebetulnya sama halnya dengan bisnis yang lain. Beberapa tahapan yang harus kamu jalankan antara lain brand positioning, brand identity, brand personality, serta brand communication.

Brand positioning berarti cara perusahaan menempatkan diri di mata konsumen melalui keunggulan dan kelebihan dibanding kompetitor. 

Sementara brand identity punya arti: persepsi tentang merek yang ingin perusahaan sampaikan kepada konsumen. Sehingga, membentuk persepsi konsumen mengenai merek tersebut.

Kamu juga perlu menjalankan brand personality dengan cara menambah daya tarik merek lewat pemberian karakteristik pada merek itu. Tahap selanjutnya, brand communication yakni mengomunikasikan merek kepada konsumen.

Lalu, bagaimana strategi membangun merek yang kuat dalam bisnis kuliner?  

Identifikasi

Nah, hal paling mendasar dalam proses awal membangun merek ialah mengidentifikasikan produk dengan cara mendefinisikan produk itu.

Menurut Fredy, mendefinisikan produk bisa dilakukan dengan menguraikan point of parity (POP), yaitu hal-hal standar yang harus ada dalam satu kategori produk. 

Misalnya, kamu ingin membuka bisnis restoran. Hal standar yang harus kamu miliki adalah makanan yang enak, tempat yang nyaman, dan pelayanan yang baik.

Kamu juga perlu mengembangkan identifikasi dan definisi produk dari sisi point of difference. Pertanyaan yang perlu kamu jawab adalah, apa yang membedakan produk kamu dengan produk yang lain.

Henky Eko Sriyantono, pakar dan praktisi bisnis, mengamini, membuat diferensiasi dan keunikan produk maupun layanan merupakan hal yang penting dalam membangun merek. Sebab, produk yang unik akan jadi bahan perbincangan positif di masyarakat. 

Otomatis, pemilik waralaba Bakso Malang Kota Cak Eko ini bilang, merek produk kamu nantinya terangkat dan semakin dikenal.

Merek dan logo

Setelah produk teridentifikasi, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi bagaimana produk bisa dikenali oleh konsumen melalui metode sensory branding. Menurut Fredy, sensory branding adalah metode menciptakan identitas merek yang melibatkan rangsangan sensoris lima pancaindra manusia. 

Secara sederhana, bagaimana konsumen mudah mengenali produk melalui penglihatan, rasa, bau, suara, tekstur. Termasuk dalam tahap ini adalah membuat nama merek maupun logo merek.

Fredy mengingatkan, kamu sebaiknya berhati-hati dalam menyusun nama merek khususnya di bisnis makanan. Sebab, begitu melihat dan mendengar nama merek, konsumen akan langsung membuat persepsi.

Sebagai identitas merek, logo juga tak kalah penting. Logo yang enak dipandang akan lebih menarik konsumen untuk membeli. Karena itu, aspek visual menjadi hal yang penting.

Secara praktis, Henky mengatakan, merancang logo dan merek dimulai dengan membuat ilustrasi yang menggambarkan produk kuliner yang akan dijual. Kemudian, cari nama yang menggambarkan jenis makanan yang tersebut. "Semua itu lalu diterjemahkan ke dalam bentuk logo," ujar dia.

Kemasan

Langkah selanjutnya ialah membuat kemasan. Ingat, Erwin bilang, kemasan harus menggambarkan identitas produk kita. Jadi, dari kejauhan, konsumen bisa mengenali produk kita dan menimbulkan keinginan untuk membeli.

Menurut Henky, membuat dan memilih jenis kemasan harus memperhatikan pemilihan warna sekaligus bahannya. "Warna sebaiknya eye catching disertai desain kemasan yang kekinian," kata Henky.

Fredy menambahkan, aspek visual bukanlah perkara nomor satu dalam memilih kemasan. Fungsi dasar kemasan sebagai wadah makanan menjadi hal yang perlu kamu pikirkan secara serius. 

Menurut dia, kemasan makanan harus aman. Oleh karena itu, pertimbangkan ulang, apa saja bahan dasar kemasan dan zat yang terkandung dalam bahan kemasan itu.

Promosi

Sudah punya produk dengan merek dan logo yang oke. Kemasan juga menarik. Tapi, mengapa produk tidak laris?

Fredy menuturkan, kamu perlu kerja keras dalam membangun dan mengembangkan merek di saat banyak orang juga ingin agar produknya menjadi nomor satu. Nah, inilah saatnya kamu mengerjakan strategi pemasaran melalui promosi. 

Banyak cara bisa kamu lakukan, baik lewat jalur offline maupun pemasaran online. "Perangkat pemasaran harus disesuaikan dengan produk dan target konsumen," imbuh Fredy.

(***)

Sumber: kontan.co.id  


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Tips Membangun Usaha Working Space Dengan Koneksi Internet Canggih

Menjadi freelancer semakin banyak diminati oleh anak muda. Officer yang sudah bekerja di suatu perusahaan pun  juga mengambil bidang ini karena memang menjanjikan. Bahkan saat ini sudah banya ...

Pentingnya Membangun Brand Positioning Untuk Bisnis. Apa Artinya?

Ketika sebuah persaingan semakin ketat di dalam sebuah pasar, peran strategi marketing sebaiknya semakin kuat digencarkan oleh Sobiz sebagai pebisnis. Salah satu upaya marketing yang cukup sering dila ...

Berawal Dari Recehan Hingga Omzet Puluhan Juta, Inilah Tips Usaha Sewa Lahan Parkir Motor

Usaha jenis ini sekilas tidak begitu menggiurkan, namun coba luangkan waktu Sobiz untuk menghitung secara kasar penghasilan mereka yang menjalankan usaha tersebut. Jika tarif parkir kendaraan roda 2 s ...

Keuntungan Penggunaan Wifi di Tempat Berbisnis Bagi Masyarakat Yang Ingin Ngabuburit di Bulan Puasa

Para anak muda ataupun orang tua sudah pasti gemar menghabiskan waktu di luar rumah untuk menjalin kehidupan sosial, namun saat di luar rumah mereka tidak akan lepas dari kebutuhan Wifi. Mereka tak ja ...

Meningkatnya Investasi dan Industri Seusai Pemilu

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan agar dunia industri akan meningkat setelah Pemilihan Umum 2019. Keyakinan tersebut didasari oleh pengalaman Pemilu yang sudah ada sebelumnya. Indo ...

Tips Menciptakan Kemasan/Packaging Yang Baik Bagi Produk Agar Lebih Diminati

Saat ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang menjual d ...

Strategi Membangun Industri Perhotelan di Indonesia Bersama Hotelqu

Saat ini industri perhotelan di Indonesia terus berupaya membangun reputasinya. Banyak aturan yang membuat hotel harus survive, mulai dari sertifikasi profesi sumber daya manusianya, hingga sertifikas ...

Pinjaman Uang Online untuk Modal Usaha UMKM, Efektif kah untuk Balik Modal ?

Hampir setiap orang memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun masalah modal seringkali menjadi kendala yang menyurutkan niat seseorang untuk berbisnis. Akibat kurang dana, Sobiz yang se ...

Kemudahan Akses Nonton Film di Café Sehingga Konsumen Betah Untuk Selalu Kembali

Geliat bisnis di bidang kafe dan kuliner terus berkembang pesat. Pelaku usaha kafe kuliner harus bisa menghadirkan konsep-konsep yang menarik konsumen datang untuk nongkrong. Persaingan bisnis kompeti ...

Mengintip Peran Digital Untuk Meningkatkan Prospek Bisnis Perfilman

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan perfilman menjadi salah satu subsektor yang tumbuh pesat pada 2019. Inovasi teknologi digital, seperti layanan Over The Top (OTT), akan meningkat ...