Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Ingin Berbisnis Online Di Tahun 2019? Kenali Dulu Tipe Konsumen Di Era Digital Berikut Ini


0

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dunia bisnis online berkembang secara pesat, hal ini berkat dukungan dari berlimpahnya ketersediaan jaringan internet saat ini.  Beragam bisnis online terus bermunculan di Indonesia, salah satu yang populer biasanya berupa toko online atau e-commerce.

Produk-produk yang dijual pun semakin beragam, mulai dari produk pakaian, kosmetik, aksesoris, hingga kuliner dari beragam daerah. Berlimpahnya akses internet yang memadai seolah mendukung beberapa individu yang ingin membuka usaha dengan modal yang relatif kecil. Hal inilah yang meyebabkan bisnis online semakin banyak.

Nah jika Sobiz ingin berbisnis online, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama misalnya seperti proses promosi. Promosi yang murah dan sedang tren saat ini melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Marketiplace dan lain-lain. Selain itu Sobiz juga perlu memerhatikan kualitas visual yang menarik, serta harus memahami tipe-tipe konsumen yang beragam di era digital seperti ini.

Agar bisa lebih mengenal konsumen online, Smartbisnis kali ini akan memberikan informasi beberapa tipe konsumen dalam bisnis online. Yuk simak berikut ini

 

1.The Seeker

Tipe konsumen ini biasanya mengunjungi suatu online shop untuk mencari produk-produk yang mereka butuhkan. Biasanya mereka melakukan survey ke beberapa online shop untuk mencari mana yang menjual dengan harga paling murah dan kualitas terbaik. Bila sudah cocok, maka kemungkinan besar mereka akan melakukan transaksi pembelian. Untuk mendapatkan perhatian dan loyalitas dari konsumen ini, Sobiz perlu untuk menempatkan produk yang dijual berada di urutan teratas daftar mesin pencarian, agar produk Sobiz cepat dilihat oleh The Seeker.


2.The Research

Konsumen jenis ini hampir sama dengan the seeker, hanya saja tipe ini biasanya belum paham mengenai spesifikasi produk yang sedang di cari. Nah tugas Sobiz sebagai pebisnis online adalah menjelaskan dengan detail dan sabar mengenai produk yang ditawarkan. Informasi lengkap bisa Sobiz jelaskan melalui kolom spesifikasi produk pada Marketiplace atau melalui caption di media sosial. Sobiz juga sediakan kolom diskusi agar The Research mendapatkan feedback dua arah. Usahakan Sobiz jangan terkesan sok tau atau menggurui konsumen, jelaskanlah berdasarkan data yang pasti.


3.The Discount Lover

Tipe konsumen yang satu ini sudah sangat jelas, bahwa mereka sangat gemar berburu diskon di online shop. Mereka akan berlomba-lomba untuk membeli barang yang bahkan tidak mereka butuhkan, ketika ada online shop yang menawarkan promosi dan diskon besar-besaran. Sobiz bisa lakukan “buy one get one” atau promo gratis ongkos kirim setiap pembelian untuk mempertahankan konsumen yang seperti ini.

 

 

Itulah tadi berbagai tipe-tipe konsumen online yang wajib Sobiz ketahui, jika ingin mulai berbisnis online di tahun 2019 mendatang. Temukan juga beragam informasi dan tips menarik lainnya mengenai bisnis yang menguntungkan dengan bergabung bersama komunitas Smartbisnis atau kunjungi www.smartbisnis.co.id

 

Di sini semua informasi yang Sobiz butuhkan seputar bisnis akan dijelaskan secara detail. Pinjaman modal mudah juga bisa Sobiz dapatkan bila bergabung dengan kami. Yuk kunjungi www.smartbisnis.co.id sekarang juga!

 

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar