Chat with Us

Aktifkan STARBOX

6 Inspirasi Bisnis Jelang Lebaran yang Paling Dicari


0

Mudik adalah sebuah tradisi yang sangat kental di masyarakat kita. Bahkan tradisi mudik ini hanya ada di negara Indonesia saja.

Mudik adalah ketika banyak masyarakat berbondong – bondong pulang ke kampung atau desa tempat tinggalnya masing – masing pada saat libur lebaran telah tiba. 

Biasanya ketika musim mudik lebaran ini, kota – kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota lainnya yang biasanya padat keramaian menjadi sepi dan lengang.

Lalu apakah mudik lebaran ada kaitannya dalam dunia bisnis, jawabannya adalah ada!

Jika kamu jeli, maka event besar seperti mudik di Indonesia ini bisa dijadikan sebuah peluang usaha atau ladang bisnis baru untuk kamu. 

Apa saja peluang bisnis yang bisa kamu kerjakan ketika musim mudik lebaran datang? Simak ulasannya di bawah ini

1. Bisnis Jasa Sewa Mobil Mudik Lebaran

Bisnis ini sangat menjanjikan dan sangat potensial ketika musim mudik lebaran tiba. Banyaknya pemudik dengan layanan transportasi yang terbilang tidak memuaskan dan kadang sulit didapatkan, menjadikan potensi dalam bisnis rental mobil ini sangat menggiurkan.

Untuk sewa mudik lebaran, biasanya tidak hanya satu atau dua hari namun sering sepekan atau mingguan. 

Jika harga persewaan mobil perkiraan 1 juta sampai 5 juta (tergantung jenis mobil) per hari dan itu bisa naik berkali lipat ketika semakin dekat dengan hari H, maka bisnis ini menjadi sangat menggiurkan.

Untuk bisnis seperti ini, sedikit membutuhkan dana yang lebih besar karena tentunya membutuhkan armada mobil yang tidak sedikit. 

Sedikit saran, jika memang ingin membuka bisnis ini, maka kerjakan dengan partner untuk meringankan modal usaha.

2. Bisnis Jasa Sewa Sopir

Usaha bisnis ini masih berkaitan erat dengan bisni sewa mobil, ada yang memang sepaket dengan rental mobil, namun ada juga yang berdiri sendiri. 

Jika kamu memiliki kemampuan mengendari mobil, namun belum punya cukup modal untuk membuka usaha rental mobil, maka membuka jasa sewa sopir merupakan pilihan yang bijaksana.

Namun perlu kamu ketahui bahwasannya tidak harus kamu sendiri yang menjalankannya, kamu bisa mengkoordinir beberapa sopir, lalu kamu bisa langsung mencari konsumen yang membutuhkan di waktu musim mudik lebaran.

Tentu banyak yang akan memanfaatkan jasa sopir saat mudik, karena mereka yang mudik biasanya cenderung lebih mengutamakan kenyamanan dalam perjalanan panjang. 

Maka jasa sopir bisa menjadi pilihan dari beberapa masyarakat yang mudik.

3. Bisnis Jasa Tempat Istirahat

Peluang usaha potensial di musim mudik lebaran adalah penyedia jasa tempat istirahat. 

Begitu banyaknya pemudik yang melewati jalan raya, tentu mereka juga membutuhkan waktu untuk istirahat. 

Nah, jika kamu memiliki tempat atau lokasi di pinggir jalan raya, tidak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan.

Manfaatkan tempat tersebut sebagai rest area, atau tempat untuk istirahat. Lengkapi tempat tersebut dengan berbagai kebutuhan pemudik, seperti minuman ringan, makanan, toilet atau hal – hal yang berhubungan dengan kendaraan misalnya untuk isi angin pada ban dan lain – lain.

4. Bisnis Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Bagi seorang pecinta binatang tentunya sangat menyayangi binatang piaraannya. Dan sebagian pecinta binatang piaraan, terutama binatang dengan harga selangit pasti akan sangat berat hati untuk meninggalkannya ketika musim mudik lebaran.

Nah, manfaatkan peluang ini dengan membuka jasa perawatan binatang peliharaan. 

Yang menjadi sangat penting dalam menjalani bisnis ini adalah kepercayaan, artinya kamu harus benar – benar mampu dan dapat dipercaya oleh konsumen. Carilah staf yang memang betul – betul menguasai seluk beluk hewan piaraan baik memandikannya, memberi makan dan lain sebagainya.

5. Bisnis Jasa Penitipan Kendaraan

Hampir sama dengan penitipan hewan piaraan, namun bisnis ini berkait dengan penitipan kendaraan. Banyak yang merasa tidak aman ketika meninggalkan rumah berlama – lama, apa lagi di kota besar. 

Perasaan takut tentu sangat bisa dipahami, maka dengan keadaan ini tentu bisnis jasa penitipan kendaraan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Kamu bisa memanfaatkan rumah dan garasi rumahmu untuk menjalankan bisnis ini, yang paling penting adalah kepercayaan untuk menjamin keamanan bisnismu.

6. Bisnis Kuliner Jajanan Khas

Bisnis ini bisa menjadi bisnis yang sangat potensial terutama bagi kamu yang berada di daerah – daerah. 

Kamu bisa membuka bisnis kuliner khas dari daerahmu. 

Banyak anggota keluarga maupun sanak famili yang biasanya membawa oleh – oleh khas daerah untuk di bawa ke kota. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mengais rezeki.

Kemaslah sedemikian rupa untuk membuat jajanan khas daerah kamu menjadi menarik, selain untuk mendapatkan rezeki, itu juga untuk mengangkat daerahmu agar lebih dikenal. (akw)

(***) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Membedah Apa Itu Ekonomi Digital dan Dampaknya Bagi UMKM

Perkembangan ekonomi digital juga penting untuk diperhatikan, karena Indonesia tidak akan bisa menghindari pengaruh yang diakibatkan adanya globalisasi yang dipicu kemajuan TIK pada semua aspek kehidu ...

Art Of Smartbisnis: Rahasia Sukses Berbisnis Bagi Generasi Milenial Ala Anak Presiden

Gibran Rakabuming Raka rasanya sudah terkenal dengan statusnya sebagai Putra sulung Presiden Joko Widodo. Namun selain itu, masyarakat juga mengenal Gibran sebagai seorang pengusaha muda yang memiliki ...

Mengenal Gen-C, Target Pasar Baru Untuk Pemilik Cafe Dan Restoran

Gadget telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya untuk mengakses media sosial, segala transaksi juga dapat dilakukan dalam sekali genggaman. Perilaku itulah yang ...

Analisa Peluang Usaha Warnet Plus Cafe Di Kota-Kota Besar

Maraknya penggunaan ponsel pintar/smartphone yang memudahkan orang mengakes internet, seakan telah meredupkan bisnis warung internet (warnet). Namun, jika Sobiz pandai memanfaatkan kecanggihan teknolo ...

Menanggapi Fenomena Keluarga Menginap Di Hotel Karena Ditinggal ART Mudik Lebaran

Kalangan keluarga menengah atas memiliki tren menghabiskan masa libur lebaran dengan tinggal sementara di hotel berbintang. Tren tersebut kian meningkat karena mereka umumnya adalah para 'korban& ...

Melirik Tren Pinjaman Online Menjelang Lebaran, Menguntungkan kah?

Aktivitas pinjaman online menunjukkan peningkatan jelang lebaran 2019. Rating peningkatan kurang lebih terjadi sebesar 20% dari kondisi normal. Berdasarkan data yang dilansir Harian Asosiasi Fintech P ...

Business Hack: Memahami Secara Mendalam Karakter dan Pola Belanja Konsumen Indonesia

Konsumen di Indonesia memiliki keunikan dalam berbagai hal, dari mulai attitude, perilaku, maupun proses pengambilan keputusan dalam mengevaluasi dan membeli produk. Seperti misalnya dalam bidang buda ...

Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Perilaku konsumen bisa dibilang merupakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelian suatu barang atau jasa. Nah mungkin Sobiz belum begitu paham, sebenarnya perilaku seperti apa yang masu ...

Rincian Dan Analisa Usaha Budidaya Ikan Bawal Dengan Modal Sederhana

Di era modern ini mungkin tidak banyak yang berpikir bahwa bisnis budidaya ikan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Budidaya ikan bawal misalnya, salah satu orang yang menjalankan bisnis terseb ...

Art of SmartBisnis: Mampu Menyulap Madu Menjadi Sabun, Pria Ini Raup Keuntungan 15 Juta Per Hari!

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa madu hanya layak untuk dikonsumsi mengingat rasanya yang manis serta memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Namun ternyata madu juga memiliki banyak kegunaan da ...