Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Berbisnis Fotografi Modal Minim, Bagaimana Memulainya?


0

Sebagian orang beranggapan bahwa bisnis fotografi adalah bisnis yang bermodal besar, bisa dihitung dari jumlah asset yang harus dimiliki seorang fotografer, cukup besar untuk memiliki sebuah studio lengkap dengan peralatan foto yang profesional. Tetapi saat ini paradigma itu telah bergeser, dunia digital membawa perubahan besar terhadap perkembangan fotografi itu sendiri. 

Kamu tidak perlu memiliki kamera mahal dengan studio pencetakan film, atau memiliki toko untuk menjual jasa. Secara umum fotografer adalah seseorang yang bekerja memberikan jasa fotografi, biasanya melalui tahapan proses: bertemu klien, mengambil gambar, mencetak, memberikan gambar tersebut kepada klien, dan mendapatkan bayaran atas jasa tersebut. Tetapi saat ini ruang lingkup pekerjaan fotografer bukan hanya itu saja.

Seperti dilansir Idntimes, sebenarnya tidak susah untuk mendapatkan uang dari fotografi. Ada beberapa cara memulai bisnis fotografi tanpa mengeluarkan modal yang banyak. Berikut di antaranya:

1. Tanpa modal pun bisa kok!

Kalau kamu bisa foto dan paham alat-alat fotografi, itu merupakan poin penting. Jika ada permintaan foto, kamu bisa minta DP (uang muka) pembayaran untuk biaya kamu sewa alat.

Sekarang sudah banyak jasa persewaan fotografi yang lengkap dengan harga terjangkau. Pastikan alat yang kamu sewa dalam kondisi prima. Nah, berawal dari itu, kamu bisa sambil menabung untuk memiliki peralatan fotografi terbaikmu.

2. Perlukah peralatan mahal?

Peralatan yang mahal akan memudahkan bekerja, tetapi tak dapat menjamin hasil fotografi yang bagus. Man behind the gun!

Bukan hal mustahil kalau kamu bisa menghasilkan foto dengan peralatan seadanya. Hal yang harus diyakini adalah bagaimana kamu bisa memberikan ide dan konsep yang terbaik.

3. Bikin portofolio terbaik

Portofolio merupakan bukti nyata hasil kerjamu untuk menarik klien. Sebelum kamu mencari klien, pastikan kamu memiliki portofolio yang menjanjikan. Banyak orang akan lebih tertarik dengan melihat contoh karyamu, daripada hanya sekedar promosi lisan.

Portofolio ini bisa jadi patokan tipe atau gaya fotomu bagi orang lain. Jadi, saat klienmu mulai meminta sesuatu yang aneh-aneh, kamu punya alasan kuat.

4. Daripada dibayar murah, gratiskan saja!

Saat pertama kali mulai karir sebagai fotografer, pasti ada klien yang tidak menghargai karyamu. Harga diri kalian sebagai seorang fotografer akan dipertaruhkan di sini. Dengan menggratiskannya, kamu pun tidak terlalu punya banyak beban pekerjaan.

Apa sih yang bisa diharapkan orang dengan biaya gratis? Hal ini bisa kamu lakukan saat kurang yakin dengan kemampuanmu. Hal ini bisa kamu lakukan jika orang tersebut memang klien yang menjanjikan (bakal reorder atau punya koneksi kuat), hitung-hitung nambahin portofolio.

5. Foto teman sendiri

Pasti banyak yang salah persepsi, dengan fotoin teman sendiri harganya bisa lebih murah. Ingat poin nomor 4, ya! Teman yang baik justru akan memberikan harga terbaik untuk membantumu berkembang.

Itu bukan patokan yang harus kamu pegang teguh, kok! Semua kembali menurut prinsip masing-masing. Hal yang baik saat foto teman sendiri adalah kamu bisa menemukan klienmu secara berkala dari mulut ke mulut. 

6. Membuat patokan harga

Nah, pasti mulai berpikir kan, lalu berapa sih tarif yang benar dalam jasa fotografi? Tak ada yang salah dalam menentukan tarif. Sebagai seorang fotografer, kamu adalah seseorang yang membantu orang lain untuk menghasilkan foto yang terbaik.

Banyak aspek yang harus diperhitungkan selain peralatanmu. Semoga video ini bisa membuka pikiran untuk menentukan tarif jasa fotomu.

7. Testimonial terbaik

Setelah kamu bisa mendapatkan beberapa klien, cobalah bertanya pendapat mereka. Hal ini bisa menjadi acuanmu dalam intropeksi diri. Selain portofolio, kamu bisa menjadikan testimonial mereka sebagai alat bantu menarik klien selanjutnya.

Kumpulkan testimonial sejenis, hal ini bisa menjawab pertanyaan kelebihanmu paling menonjol saat bekerja. Misalnya ternyata fotomu bagus, komunikasi bagus, kerjanya cepat, dan lain-lain. (inf)

(***) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Membedah Apa Itu Ekonomi Digital dan Dampaknya Bagi UMKM

Perkembangan ekonomi digital juga penting untuk diperhatikan, karena Indonesia tidak akan bisa menghindari pengaruh yang diakibatkan adanya globalisasi yang dipicu kemajuan TIK pada semua aspek kehidu ...

Art Of Smartbisnis: Rahasia Sukses Berbisnis Bagi Generasi Milenial Ala Anak Presiden

Gibran Rakabuming Raka rasanya sudah terkenal dengan statusnya sebagai Putra sulung Presiden Joko Widodo. Namun selain itu, masyarakat juga mengenal Gibran sebagai seorang pengusaha muda yang memiliki ...

Mengenal Gen-C, Target Pasar Baru Untuk Pemilik Cafe Dan Restoran

Gadget telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya untuk mengakses media sosial, segala transaksi juga dapat dilakukan dalam sekali genggaman. Perilaku itulah yang ...

Analisa Peluang Usaha Warnet Plus Cafe Di Kota-Kota Besar

Maraknya penggunaan ponsel pintar/smartphone yang memudahkan orang mengakes internet, seakan telah meredupkan bisnis warung internet (warnet). Namun, jika Sobiz pandai memanfaatkan kecanggihan teknolo ...

Menanggapi Fenomena Keluarga Menginap Di Hotel Karena Ditinggal ART Mudik Lebaran

Kalangan keluarga menengah atas memiliki tren menghabiskan masa libur lebaran dengan tinggal sementara di hotel berbintang. Tren tersebut kian meningkat karena mereka umumnya adalah para 'korban& ...

Melirik Tren Pinjaman Online Menjelang Lebaran, Menguntungkan kah?

Aktivitas pinjaman online menunjukkan peningkatan jelang lebaran 2019. Rating peningkatan kurang lebih terjadi sebesar 20% dari kondisi normal. Berdasarkan data yang dilansir Harian Asosiasi Fintech P ...

Business Hack: Memahami Secara Mendalam Karakter dan Pola Belanja Konsumen Indonesia

Konsumen di Indonesia memiliki keunikan dalam berbagai hal, dari mulai attitude, perilaku, maupun proses pengambilan keputusan dalam mengevaluasi dan membeli produk. Seperti misalnya dalam bidang buda ...

Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Perilaku konsumen bisa dibilang merupakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelian suatu barang atau jasa. Nah mungkin Sobiz belum begitu paham, sebenarnya perilaku seperti apa yang masu ...

Rincian Dan Analisa Usaha Budidaya Ikan Bawal Dengan Modal Sederhana

Di era modern ini mungkin tidak banyak yang berpikir bahwa bisnis budidaya ikan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Budidaya ikan bawal misalnya, salah satu orang yang menjalankan bisnis terseb ...

Art of SmartBisnis: Mampu Menyulap Madu Menjadi Sabun, Pria Ini Raup Keuntungan 15 Juta Per Hari!

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa madu hanya layak untuk dikonsumsi mengingat rasanya yang manis serta memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Namun ternyata madu juga memiliki banyak kegunaan da ...