Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Inilah Investasi Yang Tepat Bagi Karyawan Yang Ingin Membuka Usaha Sampingan


0

Bagi Sobiz yang masih berstatus karyawan, kadang terlintas di pikiran untuk memulai sebuah usaha sampingan. Namun dengan jam pekerjaan kantor yang begitu tinggi, membuat Sobiz menjadi tidak memiliki waktu banyak untuk memulai usaha tersebut. Ditambah dengan gaji yang pas-pasan, membuat Sobiz enggan untuk memulai sebuah usaha sampingan dengan alasan modal yang masih belum terpenuhi.

Dengan begitu, ada banyak peluang usaha yang Sobiz lewati hanya karena alasan-alasan tersebut. Ingat, jika hanya mengandalkan gaji bulanan saja, Sobiz masih jauh dari kata kesuksesan. Jadi bagaimana caranya untuk memulai sebuah usaha sampingan namun tetap dengan status sebagai karyawan?

Tenang, Sobiz tak perlu terburu-buru untuk segera memulai usaha sampingan. Karena hal pertama yang harus Sobiz lakukan adalah berinvestasi sebagai modal awalnya. Lewat investasi, nantinya Sobiz bisa memiliki modal untuk membuka usaha di kemudian hari. Berikut, SmartBisnis akan mengajak Sobiz semua untuk membahas investasi yang tepat bagi seorang karyawan. Tapi sebelum itu, ada baiknya kita membahas beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi bagi karyawan

  • Investasi dimulai dari gaji tetap, Sebagai karyawan tentu penghasilan utama Sobiz adalah dari gaji bulanan. Untuk itu, jika ingin berinvestasi maka Sobiz harus mampu menyisihkan sebagian gaji untuk nantinya diinvestasikan.

  • Pilihlah investasi yang sesuai karakter penghasilan, Yang dimaksud di sini adalah menyesuaikan nominal gaji yang dimiliki untuk disisihkan sebagai bahan investasi. Pilihlah jumlah ataupun nominal investasi yang sesuai dengan gaji tiap bulan yang dimiliki.

  • Menyisihkan 10 persen dari gaji, Sebagai contoh, jika Sobiz memiliki gaji sebesar 3 juta tiap bulannya, maka Sobiz harus bisa menyisihkan sedikitnya Rp 300 ribu – Rp 500 ribu untuk diinvestasikan.

  • Usahakan rutin memasukkan dana investasi, sebagai karyawan tentunya gaji yang didapat akan rutin setiap bulannya. Begitu pula dengan dana yang harus disisihkan sebagai investasi, harus disiapkan setiap bulannya dari gaji secara rutin.

Jika Sobiz sudah memahami beberapa hal diatas, maka sekarang menentukan jenis investasi yang cocok bagi seorang karyawan untuk nantinya digunakan sebagai modal usaha. Antara lain sebagai berikut:

1. Investasi tabungan berjangka

Bagi Sobiz yang belum paham, tabungan berjangka adalah sebuah jenis investasi di mana Sobiz akan menabung uang namun dengan jangka waktu tertentu. Seperti misalnya 1 tahun, 5 tahun, bahkan hingga 20 tahun. Dan selama belum jatuh tempo, maka uang tersebut tidak boleh Sobiz ambil atau gunakan. Jika Sobiz tetap memaksa, maka akan ada penaltinya.

Jenis investasi seperti ini adalah yang paling umum dilakukan oleh karyawan. Sobiz hanya perlu menyetor sejumlah uang setiap bulannya secara rutin dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jika Sobiz telat sekali saja dalam menyetor, maka program tersebut juga akan berakhir. Cukup rumit, namun mampu melatih kesabaran Sobiz dalam memanfaatkan uang.

Yang menarik adalah tabungan berjangka ini memiliki bunga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan tabungan pada umumnya. Ini juga yang membuat investasi tabungan berjangka sangat cocok bagi karyawan, khususnya dengan gaji yang pas-pasan.

2. Investasi reksa dana

Di investasi jenis ini, maka uang yang Sobiz miliki akan dikelola oleh pihak lain yang akan dibagikan ke berbagai jenis produk investasi yang ada. Satu hal yang cukup menarik dari investasi jenis ini adalah bahwa Sobiz bisa berinvestasi dengan hanya beberapa ratus ribu rupiah saja, tanpa harus membayar bulanan.

Untuk berinvestasi di reksa dana ini, Sobiz hanya perlu membeli di sebuah perusahaan manajer investasi atau juga bisa dengan langsung mendatangi bank tertentu yang menjual reksa dana.

3. Investasi emas

Ingin berinvestasi secara rutin tiap bulan, namun dengan dana yang terbatas, maka Sobiz bisa mencoba investasi yang satu ini, yaitu investasi emas. Investasi emas yang dimaksud adalah emas mulia berbentuk logam batangan dengan pecahan maksimal 1 kg atau sebesar 1.000 gram dan minimalnya seberat 1 gram.

Dengan hanya membeli minimal 1 gram emas setiap bulannya, maka Sobiz sudah bisa berinvestasi emas secukupnya. Hanya saja, harga yang harus Sobiz bayar harus mengikuti harga emas dunia. Jika harga emas naik, maka Sobiz harus menambah uang untuk membelinya tiap bulan.

Itulah tadi informasi mengenai investasi bagi karyawan yang ingin memulai sebuah peluang usaha di masa depan. Yang terpenting, apapun jenis investasi yang Sobiz pilih, maka Sobiz harus konsisten dalam menjalaninya.

Ingin mendapatkan informasi lebih banyak seputar peluang usaha? Strategi berbisnis, tips dan trik dalam menjalankan sebuah usaha, maka Sobiz bisa bergabung dengan komunitas SmartBisnis. Silahkan kunjungi website resmi SmartBisnis di www.smartbisnis.co.id sekarang juga!


PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Membedah Apa Itu Ekonomi Digital dan Dampaknya Bagi UMKM

Perkembangan ekonomi digital juga penting untuk diperhatikan, karena Indonesia tidak akan bisa menghindari pengaruh yang diakibatkan adanya globalisasi yang dipicu kemajuan TIK pada semua aspek kehidu ...

Art Of Smartbisnis: Rahasia Sukses Berbisnis Bagi Generasi Milenial Ala Anak Presiden

Gibran Rakabuming Raka rasanya sudah terkenal dengan statusnya sebagai Putra sulung Presiden Joko Widodo. Namun selain itu, masyarakat juga mengenal Gibran sebagai seorang pengusaha muda yang memiliki ...

Mengenal Gen-C, Target Pasar Baru Untuk Pemilik Cafe Dan Restoran

Gadget telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya untuk mengakses media sosial, segala transaksi juga dapat dilakukan dalam sekali genggaman. Perilaku itulah yang ...

Analisa Peluang Usaha Warnet Plus Cafe Di Kota-Kota Besar

Maraknya penggunaan ponsel pintar/smartphone yang memudahkan orang mengakes internet, seakan telah meredupkan bisnis warung internet (warnet). Namun, jika Sobiz pandai memanfaatkan kecanggihan teknolo ...

Menanggapi Fenomena Keluarga Menginap Di Hotel Karena Ditinggal ART Mudik Lebaran

Kalangan keluarga menengah atas memiliki tren menghabiskan masa libur lebaran dengan tinggal sementara di hotel berbintang. Tren tersebut kian meningkat karena mereka umumnya adalah para 'korban& ...

Melirik Tren Pinjaman Online Menjelang Lebaran, Menguntungkan kah?

Aktivitas pinjaman online menunjukkan peningkatan jelang lebaran 2019. Rating peningkatan kurang lebih terjadi sebesar 20% dari kondisi normal. Berdasarkan data yang dilansir Harian Asosiasi Fintech P ...

Business Hack: Memahami Secara Mendalam Karakter dan Pola Belanja Konsumen Indonesia

Konsumen di Indonesia memiliki keunikan dalam berbagai hal, dari mulai attitude, perilaku, maupun proses pengambilan keputusan dalam mengevaluasi dan membeli produk. Seperti misalnya dalam bidang buda ...

Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Perilaku konsumen bisa dibilang merupakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelian suatu barang atau jasa. Nah mungkin Sobiz belum begitu paham, sebenarnya perilaku seperti apa yang masu ...

Rincian Dan Analisa Usaha Budidaya Ikan Bawal Dengan Modal Sederhana

Di era modern ini mungkin tidak banyak yang berpikir bahwa bisnis budidaya ikan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Budidaya ikan bawal misalnya, salah satu orang yang menjalankan bisnis terseb ...

Art of SmartBisnis: Mampu Menyulap Madu Menjadi Sabun, Pria Ini Raup Keuntungan 15 Juta Per Hari!

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa madu hanya layak untuk dikonsumsi mengingat rasanya yang manis serta memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Namun ternyata madu juga memiliki banyak kegunaan da ...