Chat with Us

Aktifkan STARBOX

3 Kebiasan Warren Buffet yang Bisa Kita Tiru


1

Kepala Eksekutif Berkshire Hathaway Inc, Warren Buffett, adalah orang terkaya nomor empat di dunia tahun 2014 versi majalah Forbes. Memiliki kekayaan US$ 58,2 miliar (sekitar Rp 670 triliun), miliuner asal Omaha yang lahir pada 30 Agustus 1930 ini justru dikenal dengan kesederhanaannya.

Beliau merupakan anak dari Howard Buffet dan Leila. Ayahnya merupakan politisi bisnis yang handal ungkapan buah jatuh tak jauh dari pohonnya seperti menggambarkan kehidupan Warren Buffet tidak terasa aneh jika Warren Edward Buffet mewarisi kemampuan berbisnis dari ayahnya.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa kita pelajari dari pribadi Warren Buffet?

Jangan berhenti belajar

Dalam surat tahunan ke-50 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway, Charlie Munger, yang merupakan orang kedua di Berkshire, berbicara tentang salah satu ciri Buffett yang paling abadi dan penting yang menyebabkan keberhasilannya.

Keputusan Buffett untuk membatasi kegiatan untuk beberapa jenis dan memaksimalkan perhatiannya kepada bisnisnya. Buffett berhasil karena alasan yang sama Roger Federer menjadi juara di olahraga di tenis.

Dalam buku Outliers, Malcolm Gladwell menunjukkan bahwa bagi siapa pun untuk benar-benar menjadi ahli pada bidangnya, ada beberapa unsur keterampilan yang melekat terlibat, tetapi ada juga komponen kunci dari praktek. Dan kuncinya adalah mendedikasikan setidaknya 10.000 jam waktu untuk menjadi seorang yang ahli. 

Dia mengutip contoh seperti Bill Gates, yang menyelinap keluar dari rumah orangtuanya pada malam hari saat ia masih di SMA untuk belajar coding komputer, atau The Beatles, yang bermain delapan jam sehari di berbagai bar di Hamburg, Jerman, sebelum mereka benar-benar menguasai bidangnya.

"Saya bersikeras banyak waktu yang dihabiskan hampir setiap hari hanya untuk duduk dan berpikir. Hal itu sangat jarang dilakukan pebisnis Amerika. Jadi saya lebih banyak membaca dan berpikir, dan membuat keputusan kurang impulsif dari kebanyakan orang dalam berbisnis. Saya melakukannya karena saya suka," terang Buffet.

Kesabaran adalah kunci

Dunia di sekitar kita bergerak pada kecepatan yang benar-benar sulit untuk dipahami. Sebagai contohnya, perangkat telepon menembus angka 75 juta pengguna butuh waktu hingga 75 tahun. Sementara, permainan Angry Birds meraih jumlah pengguna yang sama hanya memakan waktu 35 hari.

Kepiawaian Buffett bermain saham dengan menanggung untung miliaran dolar AS membawanya sebagai orang terhormat di negaranya. Ia kini disejajarkan dengan Bill Gates, bos Microsoft. Sosoknya telah menjelma sebagai pahlawan bagi rakyat AS. 

Ketajaman pikirannya sangat luar biasa sehingga ia diibaratkan sebagai perpaduan antara fisikawan Albert Einstein, seniman Picasso dan raja kaya raya pencipta koin emas (gold coin) Croesus, gabungan dalam satu jiwa dan tubuh (diibaratkan manusia utusan Tuhan dalam dunia investasi).

Taktik Buffett yang juga mengesankan adalah dia hanya mau membeli perusahaan luar biasa dengan harga super biasa. Berdasarkan pengalamannya, Buffett harus bersabar jika mau membeli saham berkualitas saat harganya turun.

Tidak salah untuk memuji

Salah satu hal terakhir yang perlu diketahui tentang Buffett adalah keinginannya untuk memuji tim yang mengelilinginya.

Ketika memberikan sambutan pada 2009 tentang Ajit Jain yang mengepalai asuransi Berkshire Hathaway, Buffet tak segan menyebut Ajit kelak akan menjadi penggantinya di Berkshire.

"Jika Charlie, saya, dan Ajit pernah di perahu tenggelam dan Anda hanya dapat menyimpan salah satu dari kami berenang ke Ajit," ujar Buffet.

Atau komentar tentang Todd Combs dan Ted Weschler - yang masing-masing mengelola portofolio saham yang cukup besar di Berkshire Hathaway.

"Pada tahun di mana kebanyakan manajer ekuitas mustahil untuk mengungguli S & P 500, baik Todd Combs dan Ted Weschler dengan mudah melakukannya. Setiap sekarang menjalankan portofolio melebihi  7 miliar dollar, mereka telah mendapatkannya. Aku harus mengakui bahwa mereka sangat mahir berinvestasi," terang Buffet. (inf) 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...