Chat with Us

Aktifkan STARBOX

4 Sosok Wanita Inspiratif Ini Siap Mempengaruhi Industri E-Commerce


0

Feminisme yang menggadang kesetaraan membuat pandangan sosial mengenai perempuan lambat laun berubah.

Dari yang tadinya terkungkung di sektor domestik, bergeser ke arah kebebasan untuk memilih. Tidak terkecuali memilih untuk berkarya di sektor publik.

Livisia Lee, Pramesti Tyas Wibawanti, Melissa Siska Juminto dan Devy Pranowo adalah contoh “seniman”-nya.

Empat perempuan yang belum genap berusia 30 tahun ini sudah memegang peranan penting dalam perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Perempuan kelahiran 1988 yang biasa dipanggil Livi ini adalah head-nya customer service (CS) Tokopedia. Sekitar tujuh tahun lalu ia melihat sendiri bagaimana William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison (CEO dan COO Tokopedia, ed.) membagi-bagikan sendiri selembaran berisi lowongan pekerjaan dalam sebuah job fair.

Livisia Lee (Head of Operational) : FOCUS ON YOUR STRENGTH

Livi adalah salah satu yang diberikan selembaran tersebut dan satu-satunya yang menyerahkan CV untuk di-interview karena saat itu perusahaan e-commerce belum banyak dikenal. Pengalaman interview di Tokopedia pada masa tersebut menurut Livi tidak kalah menarik.

“Saya curiga apakah ini (kantor Tokopedia, ed.) kantor sungguhan atau jangan-jangan saya ditipu,” tuturnya sambil tertawa kecil.

"Karena dulu kantornya di rukan yang luasnya hanya 4-5 meter persegi. Karyawannya juga sedikit sekali,” tambahnya.

Livi kemudian dipercaya untuk mengkoordinir empat orang CS saat itu, termasuk dirinya. Namun seiring bertumbuhnya Tokopedia, semakin banyak juga pengguna yang membutuhkan pelayanan.

“Jadwal kerja CS juga menyesuaikan, dari yang tadinya hanya Senin-Jumat menjadi setiap hari pagi sampai malam, kemudian akhirnya kami berkomitmen memberikan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu. Tim CS yang tadinya hanya berjumlah 4 orang sekarang sudah mencapai sekitar 500 Nakama (sebutan untuk karyawan Tokopedia, ed.),” terang Livi.

Tantangan mengelola tim kini tentu semakin besar. Livi pun berpegang teguh pada prinsip yang berkata : "Focus on your strength, always try to be better than you were yesterday and don’t forget to stay humble."

Pramesti Tyas Wibawanti (Head of People) : BERKARYALAH UNTUK MEMBAWA DAMPAK

Tyas adalah Head of People di Tokopedia. Perannya membawa Tokopedia dinobatkan oleh JobPlanet sebagai start-up terbaik, start-up dengan tingkat kepuasan karyawan tertinggi terhadap aspek work-life balance, budaya perusahaan, manajemen, gaji dan tunjangan, serta start-up yang paling menarik perhatian pencari kerja di Indonesia pada tahun 2016.

Kini setiap bulannya, Tokopedia bisa menarik lebih dari 50.000 pelamar, namun hanya memilih sekitar 20 orang untuk bergabung.

Tyas bergabung sejak Tokopedia hanya memiliki puluhan karyawan. Tim yang dibangunnya kemudian berhasil membawa talenta-talenta terbaik untuk berkarya di Tokopedia. Saat ini karyawan Tokopedia berjumlah lebih dari 1.000 orang.

“Kuncinya bukan hanya merekrut orang terpintar, namun orang yang tepat. Karena kami di Tokopedia percaya, hidup terlalu singkat untuk dihabiskan hanya untuk bekerja. Kami mencari orang-orang yang ingin berkarya untuk membawa dampak dengan membangun produk-produk yang bermanfaat bagi banyak orang,” jelas Tyas.

Melissa Siska Juminto (Chief of Staff) : THE BEST TEAM IS NOT THE TEAM WITH THE BEST PLAYERS BUT IT IS A TEAM WHO PLAYS TOGETHER

Sebelumnya, Melissa ditugaskan untuk membangun sebuah tim bisnis & marketing yang solid. Tim yang akhirnya berhasil memperoleh banyak penghargaan, salah satunya The Best Marketing Campaign: "Ciptakan Peluangmu" (Marketing Awards 2016).

Kini perempuan kelahiran 1988 ini sudah menjabat sebagai Chief of Staff Tokopedia. Tugasnya adalah memastikan semua divisi, tidak hanya bisnis & marketing, bergerak di jalur yang tepat.

“Walaupun timnya berkembang dengan sangat pesat dari puluhan ke ribuan, pada umumnya bisa tetap bekerja dengan independen. Nakama pada umumnya adalah knowledge worker yang didorong untuk menemukan purpose mereka di perusahaan,” kata Melissa.

Tokopedia melalui Melissa percaya bahwa pengembangan kualitas sumber daya manusia hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan kepercayaan dan kesempatan.

“The best team is not the team with the best players but it is a team who plays together,” tutup Melissa.

Devy Pranowo (Head of Product Manager Digital) : DO WHAT YOU LOVE

Cerita selanjutnya datang dari Devy. Kecintaan pada dunia teknologi informasi membawanya duduk di jajaran IT Tokopedia sebagai Head of Product Manager Digital.

Sama seperti Livi, Tyas dan Melissa, Devy pun turut membawa pengaruh signifikan terhadap Tokopedia. Mengawal betul perkembangannya dari ambyar hingga akbar.

"Awal masuk ke Tokopedia tiga tahun lalu, tim produk dan engineering kerjanya serabutan, seperti tidak punya prioritas. Berbeda jauh dengan saat ini. Kami sudah bekerja dalam tim-tim kecil yang terkoordinir dengan baik. Masing-masing tim punya otonomi menjalankan fungsinya untuk mencapai tujuan bersama," kata Devy.

Kebebasan ini ternyata menciptakan tantangan baru.

"Kami harus benar-benar mencari orang yang tidak hanya cerdas, namun punya rasa ownership yang tinggi lewat kesamaan visi dan misi, punya kepedulian untuk memecahkan masalah pengguna. Seseorang yang punya semangat untuk membawa dampak bagi masyarakat luas lewat produk yang dihasilkannya," tutupnya.

(***)

Sumber: Tribunnews.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...