Chat with Us

Aktifkan STARBOX

5 Hal Ini Pasti Pernah Dirasakan Para Pebisnis Sukses


0

Ketika orang-orang membayangkan diri mereka sebagai seorang pebisnis atau entrepreneur, mereka menggambarkan sebuah kebahagiaan, kehidupan yang sempurna. Akhirnya mereka bisa mewujudkan impian mereka untuk keluar dari pekerjaan, menghasilkan uang dengan melakukan apa yang mereka inginkan, dan hidup nyaman karena kesuksesan. Salahkah jika kita membayangkan hal tersebut? Tentu tidak. Mengingat banyak artikel yang mengulas mengenai gaya hidup para orang-orang yang sukses dalam berbisnis. 

Sudah menjadi hal umum bahwa menjadi seorang pebisnis bisa memberikan "kemewahan" bagi pemiliknya. Tentu dengan catatan bahwa bisnis yang dijalankannya sukses dan berkembang. Bahkan saat ini, generasi millenial cenderung tertarik menjadi seorang entrepreneur dibanding menjadi karyawan di sebuah perusahaan terkenal.

Mengutip dari Inilah.com, founder Brightspot Market dan The Goods Dept., Anton Wirjono, mengatakan menjadi enterpreuner saat ini memang sangat mudah. Hal tersebut karena masyarakat bisa dengan mudah berpromosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya yang besar. Cukup dengan menampilkan di sosial media.

Meski begitu, data menunjukkan 90 persen gagal. Ini karena mereka hanya membayangkan hasil akhir, tetapi melupakan proses membangun sebuah usaha.

"Banyak orang yang melihat Google yang sukses tetapi tidak jatuh bangunnya Google tidak dilihat," kata Anton.

Memulai bisnis menjadi sebuah proses pembelajaran yang bisa mengubah hidup kamu, bisa jadi ini adalah jalan bagi kamu untuk membuka pintu baru menuju kesuksesan, atau justru hanya membuat kamu hanya berjalan di tempat yang tidak kamu harapkan.

Bagi kamu yang berniat memulai dan menjalankan bisnis, kamu harus siap untuk bekerja keras, bahkan mungkin lebih dibanding saat kamu menjadi pekerja kantoran. Dibutuhkan dedikasi, strength of character, dan kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi lingkungan dan hal-hal baru.

Berani memulai bisnis berarti juga berani menghadapi tantangan. Bill Gates sekalipun, pernah mengalami kegagalan dan bangkrut saat mencoba membuat perusahaan pertamanya, Traf-O-Data, sebelum sukses membangun Microsoft, dan menjadikan Gates salah satu orang paling sukses di dunia.

Melansir dari Lifehack, pebisnis sukses di dunia, pernah mengalami setidaknya 5 "kesulitan" ini sebelum akhirnya berhasil. 

1. Akan ada saatnya kebosanan akan muncul

Pernah mendengar bahwa belajar keahlian baru atau membangun sesuatu membutuhkan waktu? 

Pernyataan tersebut tidak salah. Kamu yang membaca artikel ini tentu akan menganggukkan kepala menyetujuinya. Begitu pun dalam berbisnis.

Bagi mereka yang awalnya adalah pekerja kantoran, memulai bisnis adalah hal baru yang menantang. "Janji manis" akan penghasilan lebih membuat mereka tertarik untuk memulainya. Bisa jadi, bagi mereka yang terlanjur sayang pada pekerjaan yang dimilikinya, memutuskan untuk memulai bisnis sampingan terlebih dahulu.

Namun, tidak sedikit mereka yang memulai bisnis, kehilangan semangat di tengah perjalanan karena merasa bosan atau banyak hal lainnya, dan memutuskan untuk memulai bisnis atau pekerjaan lainnya. 

Memulai dan tetap bertahan dalam bisnis itu seperti mencoba untuk menjadi master pada sebuah keahlian. Membutuhkan kesabaran dan tanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan bisnis. Meskipun ada rasa senang, terkadang melakukan hal tersebut dapat membuat mereka yang menggeluti bisnis merasa bosan, dan justru memilih melakukan hal lain yang menurut mereka lebih menantang, menyenangkan dan menghasilkan. 

Jika kamu ingin memperoleh kesuksesan seperti para pebisnis sukses di luar sana, konsisten pada tindakan yang kamu lakukan adalah kuncinya. 

2. Muncul berbagai tantangan saat bisnis berkembang

"If I can just get this off the ground, then everything will be okay." 

Kalimat tersebut merupakan ungkapan yang biasa dikatakan orang pada diri mereka sendiri ketika mereka dalam proses memulai sebuah bisnis. Mereka membayangkan bahwa jika mereka bisa melalui tahap awal, selanjutnya akan semakin mudah.

Meski ungkapan tersebut bisa menjadi motivasi bagi diri kamu sendiri pada pada awalnya, kenyataannya, setiap tahap yang harus kamu hadapi dalam berbisnis memiliki tantangan tersendiri yang berbeda-beda.

Ketika kamu sudah belajar bagaimana memulai bisnis dan mengembangkannya di tahap pertama, maka ketika kamu "naik kelas" menuju tahap selanjutnya, kamu akan menemukan tantangan berbeda. 

Maka dari itu, seorang pebisnis dituntut untuk dapat mudah beradaptasi. Karena dalam berbisnis, kamu harus selalu siap untuk menghadapi berbagai tantangan dan kondisi yang berbeda. 

3. Muncul pemikiran bahwa kamu tidak memiliki kemampuan sebesar yang kamu kira

Tidak sedikit dari kita yang memiliki kecenderungan untuk melebihkan kemampuan yang dimiliki. Kita berpikir kita bisa menjadi yang terbaik pada hal apapun yang kita lakukan. Namun hanya saat kita mencoba melakukan sesuatu, kita akhirnya mengetahui bahwa ternyata level kemampuan yang kita miliki tidak setinggi yang kita bayangkan sebelumnya. 

That's okay. Itu hal yang normal dan menjadi bagian dari sebuah proses. Semakin banyak kamu merasakan pengalaman kesuksesan dan kegagalan, semakin baik untuk perkembangan diri kamu. Kamu juga bisa belajar banyak hal baik itu mengenai bisnis atau kehidupan dari orang-orang sukses. 

4. Harus menangani berbagai hal 

Saat menjadi pekerja kantoran, biasanya kita melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya. Bukan berarti pekerja kantoran hanya mengerjakan satu hal saja, namun biasanya, mereka sudah diberikan tugas sesuai jobdesk masing-masing. Hal ini cukup banyak berbeda dalam menjalankan bisnis.

Saat menjalankan bisnis, kamu harus mengatur banyak hal, dan tidak menutup kemungkinan kamu harus mengerjakan semuanya di waktu atau hari yang sama. Hal ini akan mengajarkan kamu banyak hal dalam proses menuju kesuksesan bisnis. Proses belajar itu bisa melalui banyak hal, seperti disaat kamu mencoba hal baru. Kamu juga bisa mengambil pelajaran dari kegagalan atau kesalahan yang kamu lakukan.  

Apakah belajar mengenai bisnis hanya bisa kamu dapatkan saat menjalankannya? Jawabannya adalah tidak. Kamu bisa belajar banyak hal mengenai bisnis dari membaca artikel, berita atau buku. Salah satu pebisnis paling sukses di dunia Warren Buffet bahkan menghabiskan 80% dari waktunya untuk membaca. Kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu tentang bisnis dengan mendatangi seminar, atau bertanya dengan mereka yang telah lebih dulu mencapai kesuksesan dalam bisnis. 

(Baca juga: Orang-orang Sukses Ini Ternyata Punya Cara Unik untuk Gapai Impiannya) 

Sangat penting bagi seorang pebisnis memiliki pengetahuan yang luas terutama mengenai bisnis yang dijalankannya. Mulai dari pengetahuan mengenai tren pasar, strategi promosi hingga bagaimana cara membuat pelanggan setia.

5. Ada kalanya kamu merasa ingin menyerah

Kamu tentu pernah mendengar atau membaca artikel bagaimana orang-orang sukses membagikan kisahnya mengenai waktu-waktu berat yang mereka alami saat memulai bisnis. Bagi kamu yang memutuskan untuk memulai bisnis, bisa jadi nantinya kamu akan berada di posisi yang sama seperti yang pernah mereka alami.

Pada kenyataannya, proses memulai bisnis, tantangan yang dihadapi hingga level kesuksesan yang dirasakan setiap pebisnis adalah berbeda satu sama lainnya. Ada yang meraih kesuksesan sejak awal memulai, ada pula yang baru merasakan kesuksesan setelah lama memulai dan melewati berbagai tantangan. Satu yang pasti, mereka yang merasakan kesuksesan saat ini, adalah mereka yang tidak menyerah dan terus berusaha mewujudkan impiannya. 

Lalu, bagaimana dengan kamu? Sudah siapkah diri kamu untuk mencapai kesuksesan dengan memulai usaha milikmu sendiri?

(***)

Penulis: Putri Setiawati 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...