Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Anniesa Hasibuan Hadir dengan "Drama" di Panggung New York Fashion Week


0

"The ability to express diversity in this business is a value that I hold on to. Diversity is what fashion is for me." - Anniesa Hasibuan


.

Desainer busana muslim Anniesa Hasibuan berhasil memukau undangan dan tamu panggung runway New York Fashion Week (NYFW) yang hadir memenuhi ruangan The Skylight Clarkson Square, Manhattan, New York, dengan koleksi glamour busana hijab terbarunya yang ia beri tajuk 'Drama'. Anniesa pun kembali menjadi desainer yang membawa busana Muslim mencetak sejarah di panggung mode New York.

Ini merupakan musim kedua Anniesa Hasibuan kembali ke panggung NYFW. Tahun lalu ia juga sukses menjadi desainer Muslim pertama yang lolos seleksi di NYFW. Tahun ini Anniesa Hasibuan menampilkan koleksi Muslim terbaru untuk kategori musim gugur (fall) dan musim dingin (winter). 

Sebanyak 24 model menampilkan 48 pakaian yang didesain dengan warna-warna milenium seperti warna perak, hitam, emas dan putih yang dikemas dalam satu tema, yaitu 'Drama, The Elegance of Touch and Beauty' atau berarti Drama, Sentuhan dan Keindahan yang elegan.

image: instagram.com/anniesahasibuan 

Anniesa mengatakan, ia memilih tema Drama karena terinspirasi dari passion, emotion, dan kekuatan wanita. Koleksi busana muslim yang ditampilkan oleh desainer berusia 30 tahun itu, tampil dengan gaya yang berbeda dan penuh nuansa berkilauan, dihiasi dengan mutiara dan bordiran yang mengingatkan akan pakaian kalangan bangsawan dari Abad Pertengahan.

Dengan persiapan sekitar empat bulan, Anniesa melakukan semuanya sendiri seperti mencari bahan kain, membuat rancangan mode hingga memilih para model. “Konsep saya kali ini adalah couture ready to wear, semua busana yang ditampilkan siap untuk dipakai tapi penuh dengan detil,” tambah Anniesa. 

Model yang tampil diatas catwalk pun tidak dipilih secara acak, karena Anniesa menggelar casting khusus untuk mencari model kalangan imigran, termasuk didalamnya pemegang green card dan imigran Amerika Serikat generasi pertama dan kedua, untuk menunjukkan bahwa "fashion adalah untuk semua orang".

"For me, fashion is an open world. I don't want to discriminate," ungkapnya seperti dikutip dari ELLE.com, Kamis (16/02/2017).

Pada saat casting, model-model diwawancarai mengenai pendapat mereka mengenai situasi politik terkini. "Mengenai larangan Muslim, itu membuat saya sangat sedih, terutama karena, ibu saya adalah seorang Muslim— tetapi menurut saya agama tidak seharusnya menjadi isu dalam masalah imigrasi" jelas salah satu model, Chantal Kammerman, yang merupakan keturunan Swiss-African, dalam casting video

Chantal masih ingat akan waktu yang pernah ia habiskan di kamp pengungsian Suriah tahun lalu. Lalu ia mengungkapkan pikirannya, "Apakah salah untuk melarikan diri karena untuk kehidupan yang lebih baik? Untuk berharap akan masa depan yang lebih baik? Untuk memiliki pendidikan yang layak?"

Dia melanjutkan, "Sangat penting bahwa kita datang bersama. Bahwa kita berjuang untuk sesuatu yang baik. Lalu kita berkembang. Kita saling mencintai. Dan kita saling mendukung satu sama lain. I'm going to fight for that as long as I can."

Menurut Anniesa, pagelaran ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan bahwa Islam itu indah. Anniesa berharap, ia dapat terus mempromosikan dan menyebarkan citra bahwa wanita yang mengenakan hijab dapat tampil penuh gaya dan glamor seperti wanita lainnya,  dan apa yang dikatakan modest fashion adalah sesuatu untuk menghargai, bukan mencaci.

"Perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dikawatirkan, tapi sesuatu yang seharusnya dapat menyatukan," kata Anniesa.

Dalam pagelaran NYFW kali ini, Anniesa ingin menyampaikan pesan "fashion for peace". "Kami memiliki visi dan misi untuk membawa kedamaian, dan fashion adalah salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk menyebarkan nilai-nilai keindahan tersebut kepada dunia." ungkapnya. 

Semua model mengenakan hijab berwarna silver dengan sentuhan make up dari Wardah, a Halal friendly beauty brand. Untuk riasan disesuaikan dengan tema drama. “Warna riasan mata yang digunakan adalah warna terakota ke arah emas dan dibuat harmonis agar karakter wanita menjadi kuat tapi tetap lembut dan menawan,” ujar Carolina Septerita, Director Make Up dari Wardah Beauty yang khusus datang menjadi penata rias untuk show Anniesa Hasibuan. 

Di akhir peragaan, Anniesa kembali mendapat apresiasi dari para tamu yang memadati area show. Riuhnya tepuk tangan menjadi penutup manis fashion show yang dihadiri sejumlah selebriti lokal, atlet, pakar fashion hingga social media influencer itu.

“Karya Anniesa sangat indah dan bagus ditambah dengan riasan dan lipstik yang tepat untuk koleksi bajunya. Semuanya cocok dengan industri di kota ini”, ujar Loreto, fashionista dan penata rias dari New York. 

Hal senada juga dikatakan Fatima, buyer dan pengamat mode dari New Jersey. “Ini pertama kali saya datang ke pagelaran karya Anniesa, sangat unik dan Anniesa membawa selera dan gaya yang berbeda dari desainer-desainer lainnya. Pasti sukses”. 

New York Fashion Week (NYFW) merupakan ajang mode paling bergengsi di Amerika. NYFW pertama kali diselenggarakan pada tahun 1943 oleh Eleanor Lambert, seorang produser dan fashion publicist yang terkenal sebagai pendiri NYFW. Sejak itu, NYFW menjadi barometer mode dunia dimana para perancang mode berkompetisi untuk dapat lolos seleksi dan akurasi sehingga dapat menggelar karya-karyanya di depan industri fashion papan atas.

Selain Anniesa, di panggung lain terdapat nama-nama desainer dunia seperti Oscar de la Renta, Nicolle Miller yang memenangkan Legendary Fashion Awards 2006, dan produk terkenal Coach. 

Untuk rencana ke depan, Anniesa akan fokus untuk negosiasi dengan berbagai retail dan toko-toko fashion di New York. "Dan bagi buyers yang ingin membeli koleksi saya, bisa datang ke Indonesia Fashion Gallery (IFG) di Manhattan. Untuk edisi deluxe sudah ada buyer yang berminat", kata Anniesa yang juga akan meluncurkan koleksi bridal di IFG, New York, seperti dikutip dari Republika.co.id. 

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.    


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...