Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Art of Smartbisnis: Berjualan Mainan Untuk Kecerdasan Anak, Pria Ini Mampu Hasilkan Puluhan Juta Per bulan


0

Peluang usaha berjualan mainan anak memang tidak ada matinya. Dari dulu hingga sekarang peluang usaha yang satu ini mampu bertahan menembus segala macam rintangan pasar yang ada.  Dengan melihat potensi seperti ini, tentu kita bisa melihat ada banyak para penjual mainan anak saat ini.

 

Namun ternyata dibalik penjualan mainan anak yang sarat akan persaingan yang ketat, masih ada lagi potensi yang bisa digali untuk memaksimalkan keuntungan, sekaligus mampu memenangkan persaingan. Yaitu, dengan menjual mainan anak secara unik atau mainan yang mampu memberikan edukasi positif bagi sang anak. Peluang usaha inilah yang digeluti oleh seorang pria bernama Dodi Mustafa.

 

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, maka semakin banyak pula variasi mainan yang mendukung perkembangan anak ke arah positif. Hal ini jugalah yang dimanfaatkan oleh Dodi untuk menekuni peluang usaha berjualan mainan edukasi bagi anak. Dodi mengaku bahwa ia melihat ada potensi yang sangat besar dari berjualan mainan seperti ini untuk anak-anak Indonesia yang kreatif.

 

Dodi mendirikan sebuah usaha mainan edukasi bagi anak dengan bahan dasar kayu. Nantinya, mainan tersebut dapat diubah polanya sesuai dengan keinginan sang anak. Menurutnya, mainan ini tidak jauh berbeda dengan puzzle, namun dalam bentuk 3 dimensi. Menariknya, produk yang ia tawarkan tidak hanya menjadi bahan edukasi anak-anak, melainkan juga bisa menjadi sebagai pajangan dan hiasan dekorasi rumah karena bentuknya yang sangat menarik.

 

“Seperti yang kita tahu, bahwa anak-anak adalah sebuah aset yang sangat berharga bagi bangsa di masa depan. Dan semua pola pikir anak terbentuk dari cara mereka bermain. Faktanya, sedikit banyak pola dari mainan anak sewaktu kecil akan berdampak terhadap pola pikirnya di masa depan. Nah, dari sisi inilah yang coba kita eksplor”, ungkap Dodi.

 

Bercerita soal usahanya, Dodi mengaku bahwa ia memulai peluang usaha ini, sejak ia berhenti dari pekerjaan lamanya dan memutuskan untuk membuka sebuah usaha yang berhubungan dengan kerajinan tangan kreatif yang memiliki fungsi positif.

 

Dengan bermodal sekitar Rp 60 juta, Dodi kala itu berupaya untuk mulai bekerja sama dengan seorang partner. Setelahnya ia langsung melakukan desain terhadap produk yang ingin ia pasarnya. Hingga akhirnya sebuah produk mainan edukasi yang ia beri nama “Jamooga”. Dodi memulai usaha ini tepat pada Maret 2017, di sebuah kawasan di Bandung.

 

Rutin mengikuti pameran

Tak berhenti sampai di situ, untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dari produk miliknya Dodi kerap mengikuti banyak pameran atau bazaar. Selain mendapatkan pemasaran yang lebih baik, disini Dodi bisa bertemu dengan berbagai macam orang yang nantinya bisa diajak bekerja sama untuk bisnis yang dijalaninya.

 

Ternyata, banyak yang cukup tertarik dengan produk yang ia tawarkan. Banyak masyarakat yang antusias untuk memiliki produk mainan miliknya tersebut karena dinilai cukup unik dan mampu memberikan edukasi positif bagi anak-anak.

 

Berkat rajin mengikuti pameran dan bazaar tersebut, Dodi pun akhirnya berhasil memasarkan mainannya ke beberapa negara. Sebut saja seperti Italia, Jepang, Meksiko, dan lain sebagainya.

 

Bisnis yang semakin berkembang

Seiring dengan semakin berkembangnya peluang usaha yang ia jalani, maka Dodi memutuskan melakukan kerja sama dengan para pengrajin kayu di wilayah Jepara serta Jogja. Alhasil, kini Dodi mampu memproduksi sekitar 5.000 mainan anak dalam sebulan.

 

Kini, Dodi tengah berfokus untuk melakukan pemasaran produknya di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Bali, namun tetap melayani pemesanan untuk pasar luar negeri. Untuk tiap produknya, Dodi mematok harga sekitar Rp 124.000 hingga Rp 500.000 per item. Dengan harga yang ditawarkan, Dodi berhasil meraup keuntungan sekitar Rp 40 juta per bulannya.


Hambatan usaha yang harus dihadapi

Di lain sisi, Dodi juga mengaku bahwa tidak mudah untuk memasarkan produk miliknya tersebut. Ada berbagai hambatan yang harus ia hadapi, salah satunya adalah masalah bahan baku, hingga sumber daya manusia yang minim.  

 

Awalnya, Dodi mengaku berniat untuk menggunakan kayu daur ulang untuk dijadikan bahan baku. Namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut menjadi tidak memungkinkan. Karena pemesanan yang semakin tinggi, maka kebutuhan akan bahan baku semakin meningkat dan harus menggunakan kayu baru, di mana bahan baku kayu yang berkualitas masih sulit untuk didapat.

 

Bagaimana menurut Sobiz, apakah tertarik untuk mengikuti jejak Dodi dengan memulai peluang usaha berjualan mainan anak?


Temukan lebih banyak informasi seputar referensi peluang usaha lengkap dengan berbagai tips dan trik untuk mengembangkan usaha tersebut dengan cara bergabung bersama komunitas Smartbisnis. Tak hanya itu, dengan bergabung bersama Smartbisnis, maka Sobiz juga bisa mendapatkan bantuan serta dukungan modal usaha secara mudah. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website resmi Smartbisnis di www.smartbisnis.co.id sekarang juga!

 

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Terungkap! Inilah Rahasia Berumur 1 Abad Untuk Mendapatkan Manajemen Waktu Yang Baik Bagi Pebisnis

Jika Sobiz adalah seorang pengusaha yang sudah berkeluarga, mungkin akan mengalami kesulitan dalam pembagian waktu antara pekerjaan dan keluarga, Ketika hanya memiliki waktu yang minim bersama keluarg ...

Kisah Sukses Pembawa Ace Hardware Di Indonesia

Ace Hardware merupakan salah satu toko ritel terbesar di Indonesia. ACE hardware kini sangat mudah ditemukan di setiap penjuru kota-kota besar. Sebagian besar dari kita pasti pernah berbelanja di ACE ...

Inilah Alasan Bisnis Distribusi Lebih Menguntungkan Dari Bisnis Ritel

Bagi Sobiz yang tertarik ingin mengembangkan bisnis, mungkin bertanya-tanya lebih menguntungkan mana antara bisnis distribusi atau bisnis ritel? Dilihat dari segi peluang mungkin bisnis ritel unggul, ...

Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Seorang pengusaha pasti membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu sumber terpercaya untuk mengakses dana tunai adalah pinjaman bank. Nah pada artikel ini, Smartbisnis& ...

Bisnis Salon Mobil Home Service Memoles Banyak Keuntungan Tanpa Modal Besar

Kendaraan roda empat kini bisa dikatakan tidak lagi menjadi barang mewah, karena dengan semakin banyaknya mobil-mobil yang berharga murah. Banyaknya orang yang memiliki mobil, membuat jasa perawatan m ...

Pojok Internet Di Instansi Pemerintah Sebuah Inovasi Menyebarkan Internet Untuk Indonesia

Akses terhadap internet adalah Hak Asasi Manusia (HAM). Termasuk juga di lingkungan instansi pemerintah yang juga harus memiliki akses internet cepat dengan Wifi. Bahkan di beberapa pusat pemerintahan ...

Cerita Sukses Jack Ma Dulu Diremehkan, Kini Jadi Orang Terkaya Kedua di China

Tak ada yang menyangka, bocah kecil yang lahir dari keluarga miskin kini menjadi orang terkaya kedua di China. Bocah itu bernama Jack Ma. Bahkan lamaran kerjanya selalu ditolak oleh berbagai perusahaa ...

Menpar Targetkan 20 Juta Turis Asing Pada 2019 Untuk Mendongkrak Pariwisata Indonesia

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan sebanyak 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (asing) pada 2019. Pernyataan itu dikemukakan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III 2 ...

Kisah Sobir Lubis Yang Sukses Rintis UKM, Kini Punya Ratusan Karyawan

Sobir Lubis asal Mandailing, Sumatera Utara adalah pelaku usaha kecil dan menengah yang sukses. Kisah suksesnya berawal dari sebuah pertemuan dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri Sumatera Ut ...

Kisah Sukses Dewi Tanjung Sari Mengolah Daun Kering Menjadi Souvenir

Dewi telah menjadi anak yatim sejak kecil, terlahir sebagai anak semata wayang, ia ingin memperjuangkan cita-citanya sebagai pewirausaha sukses. Dewi telah memulai usaha sejak awal kuliah di ...