Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Art of Smartbisnis: Berjualan Mainan Untuk Kecerdasan Anak, Pria Ini Mampu Hasilkan Puluhan Juta Per bulan


0

Peluang usaha berjualan mainan anak memang tidak ada matinya. Dari dulu hingga sekarang peluang usaha yang satu ini mampu bertahan menembus segala macam rintangan pasar yang ada.  Dengan melihat potensi seperti ini, tentu kita bisa melihat ada banyak para penjual mainan anak saat ini.

 

Namun ternyata dibalik penjualan mainan anak yang sarat akan persaingan yang ketat, masih ada lagi potensi yang bisa digali untuk memaksimalkan keuntungan, sekaligus mampu memenangkan persaingan. Yaitu, dengan menjual mainan anak secara unik atau mainan yang mampu memberikan edukasi positif bagi sang anak. Peluang usaha inilah yang digeluti oleh seorang pria bernama Dodi Mustafa.

 

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, maka semakin banyak pula variasi mainan yang mendukung perkembangan anak ke arah positif. Hal ini jugalah yang dimanfaatkan oleh Dodi untuk menekuni peluang usaha berjualan mainan edukasi bagi anak. Dodi mengaku bahwa ia melihat ada potensi yang sangat besar dari berjualan mainan seperti ini untuk anak-anak Indonesia yang kreatif.

 

Dodi mendirikan sebuah usaha mainan edukasi bagi anak dengan bahan dasar kayu. Nantinya, mainan tersebut dapat diubah polanya sesuai dengan keinginan sang anak. Menurutnya, mainan ini tidak jauh berbeda dengan puzzle, namun dalam bentuk 3 dimensi. Menariknya, produk yang ia tawarkan tidak hanya menjadi bahan edukasi anak-anak, melainkan juga bisa menjadi sebagai pajangan dan hiasan dekorasi rumah karena bentuknya yang sangat menarik.

 

“Seperti yang kita tahu, bahwa anak-anak adalah sebuah aset yang sangat berharga bagi bangsa di masa depan. Dan semua pola pikir anak terbentuk dari cara mereka bermain. Faktanya, sedikit banyak pola dari mainan anak sewaktu kecil akan berdampak terhadap pola pikirnya di masa depan. Nah, dari sisi inilah yang coba kita eksplor”, ungkap Dodi.

 

Bercerita soal usahanya, Dodi mengaku bahwa ia memulai peluang usaha ini, sejak ia berhenti dari pekerjaan lamanya dan memutuskan untuk membuka sebuah usaha yang berhubungan dengan kerajinan tangan kreatif yang memiliki fungsi positif.

 

Dengan bermodal sekitar Rp 60 juta, Dodi kala itu berupaya untuk mulai bekerja sama dengan seorang partner. Setelahnya ia langsung melakukan desain terhadap produk yang ingin ia pasarnya. Hingga akhirnya sebuah produk mainan edukasi yang ia beri nama “Jamooga”. Dodi memulai usaha ini tepat pada Maret 2017, di sebuah kawasan di Bandung.

 

Rutin mengikuti pameran

Tak berhenti sampai di situ, untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dari produk miliknya Dodi kerap mengikuti banyak pameran atau bazaar. Selain mendapatkan pemasaran yang lebih baik, disini Dodi bisa bertemu dengan berbagai macam orang yang nantinya bisa diajak bekerja sama untuk bisnis yang dijalaninya.

 

Ternyata, banyak yang cukup tertarik dengan produk yang ia tawarkan. Banyak masyarakat yang antusias untuk memiliki produk mainan miliknya tersebut karena dinilai cukup unik dan mampu memberikan edukasi positif bagi anak-anak.

 

Berkat rajin mengikuti pameran dan bazaar tersebut, Dodi pun akhirnya berhasil memasarkan mainannya ke beberapa negara. Sebut saja seperti Italia, Jepang, Meksiko, dan lain sebagainya.

 

Bisnis yang semakin berkembang

Seiring dengan semakin berkembangnya peluang usaha yang ia jalani, maka Dodi memutuskan melakukan kerja sama dengan para pengrajin kayu di wilayah Jepara serta Jogja. Alhasil, kini Dodi mampu memproduksi sekitar 5.000 mainan anak dalam sebulan.

 

Kini, Dodi tengah berfokus untuk melakukan pemasaran produknya di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Bali, namun tetap melayani pemesanan untuk pasar luar negeri. Untuk tiap produknya, Dodi mematok harga sekitar Rp 124.000 hingga Rp 500.000 per item. Dengan harga yang ditawarkan, Dodi berhasil meraup keuntungan sekitar Rp 40 juta per bulannya.


Hambatan usaha yang harus dihadapi

Di lain sisi, Dodi juga mengaku bahwa tidak mudah untuk memasarkan produk miliknya tersebut. Ada berbagai hambatan yang harus ia hadapi, salah satunya adalah masalah bahan baku, hingga sumber daya manusia yang minim.  

 

Awalnya, Dodi mengaku berniat untuk menggunakan kayu daur ulang untuk dijadikan bahan baku. Namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut menjadi tidak memungkinkan. Karena pemesanan yang semakin tinggi, maka kebutuhan akan bahan baku semakin meningkat dan harus menggunakan kayu baru, di mana bahan baku kayu yang berkualitas masih sulit untuk didapat.

 

Bagaimana menurut Sobiz, apakah tertarik untuk mengikuti jejak Dodi dengan memulai peluang usaha berjualan mainan anak?


Temukan lebih banyak informasi seputar referensi peluang usaha lengkap dengan berbagai tips dan trik untuk mengembangkan usaha tersebut dengan cara bergabung bersama komunitas Smartbisnis. Tak hanya itu, dengan bergabung bersama Smartbisnis, maka Sobiz juga bisa mendapatkan bantuan serta dukungan modal usaha secara mudah. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website resmi Smartbisnis di www.smartbisnis.co.id sekarang juga!

 

PROFIL PENULIS

Administrator Content


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Biofarmaka, Peluang Usaha Bagi Generasi Millennial di Tahun 2019

Bisnis biofarmaka atau yang akrab dengan sebutan tanaman obat-obatan ternyata menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi generasi millennial di Indonesia. Hal ini dikarenakan fungsi bio ...

4 Tren Bisnis Ini Cocok Untuk Millennial di Tahun 2019 Dan Bakalan Untung Besar

Ada statistik menarik tentang jumlah penduduk Indonesia berdasarkan usia. Perlu diketahui sebelumnya, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia dengan sekitar 260 j ...

Art of Smartbisnis: Jenuh jadi karyawan, Saatnya Memulai Bisnis Sendiri Dari Sekarang

Jika Sobiz sukses bekerja di salah satu perusahaan mungkin menjadi hal yang sangat dibanggakan, namun jika kesuksesan tersebut membuat Sobiz jenuh maka cobalah untuk menjadi wirausaha. Hal ini ...

Art of Smartbisnis: Kisah Sukses Pengusaha Jasa Titip

Saat ini kita berada di zaman serba digital di mana melakukan kegiatan bisnis dapat dilakukan melalui internet. Namun dunia belanja online saat ini tidak hanya diramaikan dengan banyaknya e-commerce y ...

Mari Belajar Dari Cerita Kegagalan Bisnis Sariwangi dan Nyonya Meneer

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat baru-baru ini memberikan status pailit kepada PT Sariwangi Agricultural Estate Agency dan Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung. Hal ini lantaran pengadilan mengabu ...

Peluang Usaha Ini Akan Laris Manis Di Tahun Politik 2019

Tahun mendatang tepatnya tahun 2019 Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. Nah daripada Sobiz membuang waktu untuk ribut dan saling mencela pilihan politik orang ...

Melirik Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang di Tahun 2019 Lengkap Dengan Analisanya!

Usaha depot air minum isi ulang sudah lama menjadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Karena selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, cara menjalankan bisnis ini juga sangat mudah. T ...

Art of Smartbisnis: Kisah Sukses Pedagang Kue Kering Untuk Natal dan Tahun Baru

Di setiap momen pergantian tahun pasti akan ada dua momen besar yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu Natal dan tahun baru. Selain mejadi momen yang baik untuk berlibur bersama keluarga tercinta ...

Usaha Bisnis Kuliner Tempe Coklat, Sajian Unik Bagi Konsumen Milenial

Tidak dapat dipungkiri bahwa coklat menjadi salah satu makanan yang sangat diminati banyak orang, khususnya oleh anak-anak muda. Selain dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki manfaa ...

Art of Business: Dipecat Dari Kantor, Orang Ini Akhirnya Sukses Membuka Usaha Daur Ulang Plastik

Pemutusan hubungan kerja mungkin menjadi hal yang tidak mengenakan bagi sebagaian orang, namun tidak untuk Ummah Daeng Ne’nang (48). Saat diberhentikan sebagai karyawan dari sebuah perusaha ...