Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Batik Alleira, Motif Modern dengan Cita Rasa Tradisional


0

Tak cuma bermain dengan potongan busana yang modern, kini banyak desainer menggunakan motif-motif modern dalam membuat batik agar tetap terlihat stylish. Bukan bermaksud meninggalkan budaya yang ada, tapi, motif batik yang modern bisa menjadi alternatif lain dalam dunia fesyen, tanpa meninggalkan budaya tradisional.

Cara inilah yang dilakukan salah satu merek batik lokal Alleira untuk tetap menarik para pencinta batik dan menjaga pasarnya. Creative Director Alleira Anita Asmaya Sanin mengatakan batik-batik Alleira memiliki ciri khas motif modern dengan perpaduan dengan motif tradisional tanpa meninggalkan esensi batik yang sesungguhnya.

"Alleira identik dengan batik modern. Tapi ada juga di mix dengan tradisional. Karena intinya walaupun motif modern ciri khas batik tetap seratus persen karena batiknya dibuat manual," kata Anita ketika ditemui usai fashion show koleksi Alleira untuk natal dan tahun baru di The Dharmawangsa, Kamis (3/12/2015).

Menurut Anita, selama proses pembuatannya menggunakan cara tradisional, tetap menggunakan tangan dan malam, kain yang dibuatnya masih bisa dikatakan batik. Meskipun motifnya bukanlah parang, kawung, truntum atau motif lainnya yang memiliki filosofi yang mendalam.

Untuk koleksi busana natal dan tahun baru saja, Alleira mengeluarkan motif modern yang diberi nama massive flower. Seperti namanya, motif batik dalam koleksi mereka kali ini terbentuk dari kumpulan bunga.

Teknik yang digunakan untuk membuat busananya juga berbeda. Kalau biasanya membuat busana batik dilakukan dengan membuat kainnya terlebih dahulu kemudian dipotong dan dibuat baju, hal itu tidak dilakukan.

Anita mengatakan, butuh pertimbangan yang matang untuk menentukan motif batik yang akan digunakan dalam satu busana saja. Tim kreatif sedari awal sudah membuat perhitungan dari mulai penempatan motif, sampai ukurannya agar menghasilkan busana batik yang berbeda dari biasanya. Tak heran jika proses membuat koleksi ini menelan waktu selama 6-7 bulan.

"Benar-benar bermain spacement. Dari awal kita sudah tentukan tema dan motifnya untuk setiap pakaian. Peletakkan motifnya dilakukan sedemikian rupa," ujar Anita.

Hal tersebut terlihat dari busana Annisa Yudhoyono, brand ambassador Alleira yang dikenakan saat fashion show. Motif batik yang diaplikasikan pada rok dress A line yang ia kenakan sengaja dibuat dengan pola vertikal.

Pada tampilan lainnya motif batik massive flower itu ada yang ditempatkan di bagian dada membentuk garis diagonal, atau ujung lengan di atas bahan polos. Ada juga busana yang merupakan perpaduan antara motif batik dan motif geometris, seperti busana untuk anak-anak yang berupa paduan motif batik bunga dengan pola grid.

Jika tak diberitahu, mungkin banyak orang mengira busana-busana tersebut berasal dari batik. Karena memang tanpilannya yang hanya terlihat seperti motif bunga-bunga biasa yang dipadukan dengan motif lainnya.

Namun, ada juga busana yang unsur batiknya terlihat kental. Sebab, motifnya dibuat sangat rapat seperti motif batik pada umumnya. Seperti dress A line lengan pendek dengan bahan transparan pada belahan dada sampai ke perut yang cukup lebar, memiliki unsur batik yang kental dengan gradasi warna khas batik.

Ada pula spaghetti strap dress dengan rok bermotif batik bunga-bunga berpotongan tulip dan dipadukan dengan atasan polos, nuansa batiknya juga kental terasa.

Sayangnya untuk busana laki-laki, batik Alleira terlihat membosankan karena hanya menggunakan model kemeja lengan panjang. Hanya motifnya saja yang berubah polanya.

Untuk koleksi kali ini, Alleira menggunakan bahan sutera ATBM, jacquard, katun plain dan katun dobby. Di beberapa busana juga digunakan bahan velvet.

(***)

Sumber: cnnindonesia.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar disini .


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...