Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Belajar Cerdas dari Si Manusia Rp 1.000 Triliun


0

Ada sejumlah kebiasaan cerdas yang bisa kita pelajari dari Jeff Bezos, orang terkaya di dunia yang hartanya mencapai USD 81 miliar atau lebih dari Rp 1.000 triliun.

Berangkat dari sebuah ide bisnis toko online yang dimulai dari sebuah garasi, kemudian dalam 20 tahun kemudian, Bezos telah memiliki 'toko segala ada' di internet dengan nama Amazon.com.

Tak puas dengan kesuksesannya, Bezos masih terus bermimpi. Melalui perusahaan antariksa yang didirikannya, Blue Origin, pria berkepala plontos ini berharap dapat menciptakan koloni manusia di Bulan.

Seperti detikINET kutip dari kolom Tung Desem Waringin, Minggu (28/5/2017), kesuksesan Bezos ternyata berasal dari sebuah dedikasi, inovasi, dan kebiasaan cerdas yang bisa kita gunakan untuk menumbuhkan kesuksesan. Berikut adalah tips suksesnya:

1. Fokus pada Pelanggan

Jeff Bezos mengerti sejak awal, keuntungan bisnis online adalah dalam mengukur perilaku pelanggan. Selama bertahun-tahun, Amazon terus menambahkan fitur yang bertujuan membuat pelanggan mereka senang, yang pada gilirannya, meningkatkan penjualan perusahaan.

Lihatlah ulasan buku Amazon.com, sebagai contoh. Meskipun menerima teguran dari penerbit, Amazon mendorong pelanggan untuk memposting pemikiran mereka, bahkan jika pemikiran itu penting atau negatif. Pelanggan menyukai berbagi wawasan dan membaca yang lain, ulasan adalah salah satu aspek terpercaya dari platform e-niaga modern.

2. Latihan Berhemat

Meskipun tidak secara geografis jauh dari kantor Silicon Valley yang mewah dan mewah, Amazon mulai beroperasi di sebuah ruang fungsional sederhana di negara bagian Washington dan beroperasi di pasar. Berhemat adalah kebiasaan Amazon dan tampaknya membantu perusahaan untuk fokus pada hal yang paling penting pelanggannya dan inovasi yang berkelanjutan.

Apa artinya berhemat untuk Amazon? Sebagai permulaan, karyawan membayar tiket parkir mereka sendiri, makanan ringan di kantor tidak gratis, dan saat bepergian, karyawan tidur di kamar double. Secara umum, Amazon bukanlah tempat di mana staf menghabiskan waktu santai untuk melakukan brainstorming sambil minum kopi. Normalnya adalah bekerja lama, keras, dan cerdas, tanpa kompromi terhadap salah satu dari ketiganya.

3. Buat Aturan Sendiri

Apa pertemuan internal tanpa PowerPoint? Nah, di Amazon, itu dimulai dengan argumen tertulis. Siapa pun yang ingin mengajukan ide baru harus terlebih dahulu menyaring pikirannya ke dalam dokumen setebal 6 halaman. Sebelum keputusan dibuat, mereka yang terlibat, termasuk Bezos sendiri, harus meluangkan waktu untuk membaca dan membedahnya.

Aturan lain yang diperkenalkan oleh Bezos adalah Tim Dua-Pizza, tim tidak harus begitu besar. Menurut Bezos, kelompok yang lebih besar kurang produktif, sehingga perusahaan diatur menjadi unit otonom 10 atau kurang yang bersaing untuk mendapatkan sumber daya (tapi bukan pizza) dalam misi mereka untuk membuat pelanggan mereka lebih bahagia.

4. Berpikir Jangka Panjang

Bezos memulai Amazon dengan permainan panjang dalam pikiran permainan yang berarti menerima kerugian jangka pendek yang tidak semua orang mengerti.

Pertimbangkan e-book. Ketika e-book pertama kali masuk pasar, kebanyakan penerbit menjualnya dengan harga setara dengan edisi cetak mereka. Bezos, bagaimanapun, memproyeksikan bahwa harga jangka panjang mereka akan sekitar USD 10 dan mulai menjualnya seharga USD 9,99. 

Awalnya, keputusan ini menghasilkan kerugian sekitar USD 5 per e-book, namun saat harga akhirnya turun, Amazon sudah menjadi yang terbaik untuk e-book. Dengan strategi mengejutkan ini, dia juga meletakkan dasar bagi kesuksesan terbesar perusahaan.

5. Risiko

Sebelum gagasan besar di garasi Bellevue itu lepas landas, Jeff Bezos memiliki pekerjaan aman dengan dana lindung nilai. Tetap saja, dia berhenti, berdiri di garasi orang tuanya dan menuangkan tabungannya untuk membuat Segalanya menjadi kenyataan. Dan itu berhasil.

Saat ini, Amazon beroperasi dengan alasan bahwa risikonya layak mendapat pahala. Pendekatan ini telah menyebabkan jepitan seperti Amazon Auctions, sebuah divisi yang tidak dapat bersaing dengan eBay di pasar, namun juga menghasilkan Pembelian 1 click Amazon yang sangat sukses. 

Untuk mendukung budaya inisiatif dan perusahaan, Bezos menciptakan penghargaan, memberikan penghargaan kepada kedua karyawan yang mencoba dan berhasil, dan juga kepada mereka yang mencoba dan gagal. Pesan utamanya adalah bahwa mengambil risiko lebih baik bersikap terlalu takut untuk bergerak.

6. Biarkan Data Memutuskan

Mungkin mengejutkan And, Amazon.com memulai sebagai toko buku. Pemilihan produk awal bukanlah kecelakaan bahagia di bagian Bezos, melainkan hasil dari melihat panjang fakta-fakta yang sulit. 

Buku bisa dikirim tanpa putus dan tidak akan pernah habis masa berlakunya (meski pengetahuan di dalamnya tumbuh basi). Singkatnya, buku adalah produk ideal untuk e-commerce.

Setiap aspek perilaku perdagangan dan pelanggan sangat terukur, sehingga Bezos menuntut agar semua keputusan didasarkan pada kecerdasan itu.

7. Tetap Lapar

Tak henti-hentinya belajar, berkembang, dan berinovasi bisa menjadi bahan utama kesuksesan. Amazon mulai dengan buku, tapi tidak lama setelah mereka mendapatkan pijakan daripada mereka menaklukkan musik, film, elektronik, dan mainan. 

Kemudian, datanglah Kindle dan dengan itu mereka memenangkan ceruk pasar mereka. Bahkan sekarang, ada layanan Amazon yang benar-benar berada di bawah radar untuk kebanyakan konsumen. 

Tahukah bahwa Amazon Web Services menyediakan layanan komputasi awan untuk bisnis besar pemerintah AS dan bahkan NASA? 

(***)

Sumber: detik.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...