Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Botol Kaca, Kemasan Produk Makanan Paling Aman?


0

Industri makanan ringan atau camilan, kini semakin berkembang. Baik pelaku bisnis industri makanan skala besar maupun masih Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terus bertambah setiap harinya. Hal ini tentu menjadi berita bagus bagi perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Peningkatan jumlah pelaku bisnis makanan ringan berkorelasi dengan meningkatnya kebutuhan kemasan produk makanan.

Kemasan produk di sektor industri menduduki peranan terpenting dalam pendistribusian dan pemasaran hasil produksi. Begitu juga pada industri makanan ringan, kemasan makanan berperan sangat penting dalam penyajian, karena kemasan makanan berfungsi sebagai wadah atau pelindung makanan dan minuman agar mutunya tetap tejaga dan baik dalam jangka waktu yang relatif lama. Kemasan juga berfungsi untuk mempermudah proses distribusi serta memberi kenyamanan kepada konsumen. 

Saat ini kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat sudah semakin meningkat. Hal tersebut juga berpengaruh pada kemasan makanan. Beberapa pelaku UKM sudah mulai mencoba menimalisasi pengunaan kemasan berbahaya seperti styrofoam, plastik dan sebagainya, dan mulai melirik kemasan botol kaca (jar) karena dianggap sebagai salah satu kemasan yang paling aman.

Baca juga: Bandung Jadi Pionir “Selamat Tinggal Styrofoam”

Berikut beberapa kelebihan dari penggunaan botol kaca (jar) sebagai kemasan makanan:

1. Kuat dan tahan tekanan. Jar cocok untuk digunakan sebagai kemasan untuk produk – produk yang dikemas dalam kondisi suhu panas. Selain itu botol kaca juga sangat tahan terhadap pengaruh dari luar.

2. Bersifat tahan terhadap reaksi kimia. Kaca merupakan senyawa yang bersifat inert (tidak mudah bereaksi) sehingga aman untuk mengemas produk-produk chemical yang mempunyai pH sangat tinggi atau sangat rendah. Sehingga memastikan bahwa produk dalam botol kaca terjaga cita rasa dan aromanya.

3. Recyclable. 100% kaca bisa didaur ulang, dan dapat didaur ulang tanpa henti tanpa kehilangan kualitas atau kemurniannya.

Baca juga: Tips Jitu Membuat Kemasan Makanan Ringan yang Menarik 

Kemasan makanan paling aman

Pemilik kuliner Steakotakingdom Andy Setyawan misalnya, ia memilih kemasan botol kaca untuk memasarkan produknya Choco Melt (COMEL). Ia memilih botol kaca karena menganggapnya sebagai kemasan makanan yang paling aman. Di samping itu, kemasan botol kaca juga dapat dimanfaatkan lagi sebagai wadah kebutuhan sehari-hari lainnya. Dengan kata lain, pemanfaatnya luas dan tidak hanya untuk kemasan produk ini semata. 

Andy mencoba memasarkan Choco Melt in jar melalui pemasaran 60 persen di www.steakotakingdom.com dan Instagram @steakotakingdom. Ia juga memiliki rumah produksi sekaligus toko di Jalan Ujan Nain, Cipadu, Tangerang Selatan. Andy juga memiliki sistem agen bernama Patih Steakotakingdom yang sudah tersebar di 24 provinsi/kota/kabupaten di Indonesia.

Kemasan Jar Harus Utamakan Kebersihan

Kemasan menarik sepertinya hampir menjadi sebagian alasan seseorang memilih kuliner bermodel jar. By Dapur Cinuy merupakan salah satu bisnis kuliner bermodel jar. Pemilik bisnis By Dapur Cinuy, Jamarine Wulanti menetapkan pilihannya dalam memasarkan pastanya, sayhicheese (pasta yang kaya akan keju), dalam kemasan botol kaca (jar).

Arine menegaskan, dalam penggunaan alat harus mengutamakan kebersihan. Oleh karena itu, dia selalu melakukan proses sterilisasi jar terlebih dahulu. Alasannya sederhana, yakni ingin menjual makanan bergizi dengan mengedepankan kebersihan.

Untuk proses sterilisasi sendiri, dia sebenarnya hanya menggunakan konsep manual dengan memanfaatkan air hangat. Jar cukup direndam yang kemudian dikeringkan untuk bisa dimasukkan pasta. 

Lebih Praktis

Konsep jar untuk kemasan produk Arine pada awalnya muncul dari pengamatannya selama memulai menjajakan pasta menggunakan foil di setiap acara car free day. Dia melihat konsumen lebih banyak memilih makan langsung sambil jalan sehingga terkesan agak merepotkan. Dari situ, Arine pun berpikir mencari kemasan praktis bagi konsumen sehingga menjatuhkan pilihannya pada jar.

Selain mengedepankan daya tarik pembeli, menurut perempuan yang dipanggil Arine ini, model jar juga terlihat lebih unik. “Dan juga praktis,” kata Arine kepada seperti dilansir dari Republika.co.id, Rabu (25/1/2017).

Setelah menetapkan konsep itu, Arine pun mulai memasarkan bisnisnya ini, baik saat berjualan di acara car free day Bundaran HI maupun dalam media online. Dia memanfaatkan akun Instagram @sayhicheese untuk menarik minat para pembeli utamanya para pekerja. “Termasuk yang butuh camilan sehat dan praktis untuk sarapan pagi di kantor,” ujar dia.

Dibanding menu pasta lainnya, Arine mengklaim, produknya lebih terlihat unik. Tidak hanya keju melimpah, pastanya juga dilengkapi saus keju selain mozarella. Bahkan, dapat dinikmati secara fresh open untuk pemesanan yang diwajibkan H-1 ini.

Adapun varian kuliner dari hicheese ini, seperti spagheti in jar, fettucini beef in jar dan schotel in jar. Kemudian terdapat pula lasagna in jar dan chicken wings in jar yang kisaran harganya dari Rp25.000 sampai Rp45.000. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Shara Angelia, pemilik bisnis online Kizcake. Shara melihat, konsep kuliner dengan jar memang terlihat lebih praktis karena bisa mempermudah konsumen dalam menikmati makanan apa pun. Terlebih lagi dengan orang-orang sibuk yang membutuhkan makanan praktis dan tidak merepotkan saat menyantapnya. “Bisa dikonsumsi di mana saja dan kapan saja,” kata Shara seperti dilansir dari Republika.co.id

Kizcake sendiri lebih menawarkan kuliner sejenis kue bolu atau tar. Pembuatannya hampir sama dengan cara masak kue lainnya. Namun, yang membedakan hanyalah kemasan cetakan khusus jar yang muat dan dapat mempercantik kue di dalamnya.

Adapun varian dari cake in jar Kizcake sendiri tergolong banyak, seperti cokelat, keju, kopi dan buah. Kizcake juga menyediakan es krim cokelat, chocolate mousse, vanilla cheesy, choco cheese, durian, strawberryblueberry, greentea, tiramisu, red velvet dan sebaginya.

Shara memasarkan produknya melalui akun Instagram, @kizcake. Kuliner yang dapat dinikmati seluruh kalangan ini ditawar dengan harga yang dimulai dari Rp3.500 untuk jenis mini dessert.

Bagaimana dengan kemasan produk pilihan kamu? Selamat berbisnis!

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.    


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...