Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Brand Kamu Menyasar Pasar Generasi Z? Ketahui Dulu Rahasia Ini


0

Generasi Z adalah generasi yang lahir pada akhir '90-an hingga 2000-an. Menurut pakar informasi teknologi (IT), Nukman Luthfie, generasi millennial ini lahir ketika internet sudah mulai mewabah. Hal ini membuat generasi Z disebut-sebut sebagai generasi digital.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu generasi X dan generasi Y, generasi Z ini memiliki hidup yang 'sangat digital.' 

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan ad agency Barkley and FutureCast, generasi Z tidak jauh beda dari generasi millennial. Masalahnya, saat ini para pelaku bisnis sudah terlebih dahulu salah melakukan pendekatan ketika mendekati dan melakukan koneksi dengan generasi yang akan menjadi calon konsumen mereka ke depannya.

Dalam penelitian "Getting to Know Gen Z: How the Pivotal Generation is Different From Millennials", Barkley mengumpulkan 2.000 partisipan untuk membandingkan data penelitian sebelumnya mengenai generasi millenial. Penelitian ini tidak hanya dimaksudkan untuk membantu para pelaku usaha (brand) untuk terkoneksi dengan baik dengan para generasi Z, tapi juga berfungsi sebagai roadmap untuk memahami cara berpikir anak muda jaman sekarang di dunia digital ini.

Kunci untuk memahami para generasi Z adalah mereka bekerja untuk kesuksesan, mereka berpikir bahwa tolak ukur kesuksesan itu tidak dapat dinegosiasi lagi. Para generasi Z percaya bahwa sebuah brand itu harus sesuai dengan realita. Untuk media sosial, mereka memiliki "system of rule and etiquette" tersendiri.

Ketika membicarakan kesuksesan, sekitar 69 persen generasi Z berpendapat bahwa, kerja keraslah yang mendatangkan kesuksesan, bukan keuntungan. 53 persen Gen Z merasa, meraih kesuksesan adalah hal yang paling penting.

Menurut Presiden FutureCast Jeff Fromm, persamaan generasi Z dengan generasi millennial adalah generasi Z juga menganut "all digital all the time and all social all the time". Perbedaannya, generasi Z mau bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Dan generasi Z tidak menghitung jumlah penghargaan yang mereka dapat untuk mendapatkan hal tersebut.

Brand juga harus waspada dengan “Pivotals”, menurut laporan yang mengacu pada generasi Z, mereka sangat peduli dengan Hak Asasi Manusia dan merasa bahwa setiap brand yang berinteraksi dengan mereka harus membuat sebuah prioritas. 

Berdasarkan dari penelitian tersebut, para anak muda mulai terlibat di aktivitas sosial di umur yang masih sangat muda, dan karena itulah, generasi Z ingin melihat lebih banyak keanekaragaman dan “the real people” yang ada di iklan, dibanding dengan generasi lainnya. 

Akhirnya, ketika itu berhubungan sosial media, kaum "Pivotals" ini banyak menghabiskan waktu menggunakan Youtube, Instagram, Twitter, Snapchat, Tumblr, dan Tinder. Generasi sering mengecek akun sosial media miliknya, bahkan beberapa dari mereka mengeceknya hingga 100x per hari. 

Untuk penggunaan jejaring sosial Facebook dalam kehidupan sehari-hari, generasi millennial terlihat lebih dominan dengan 87 persen, dan generasi Z hanya 77 persen.

“Para Gen Z tidak akan menghabiskan banyak waktu mereka dan tenaga hanya di Facebook saja seperti yang dilakukan para millennials,” jelas Fromm.

Jadi, apa yang seharusnya dilakukan oleh pelaku bisnis atau brand untuk mendapatkan perhatian dari generasi Z? 

Menurut Barkley dan FutureCast, ada 4 poin yang dapat dilakukan brand, untuk menari perhatian generasi Z tanpa melupakan generasi lainnya : 

  • Tukar peran brand dari yang tadinya menjadi tokoh utama berubah menjadi brand yang bisa mendukung kegiatan mereka.
  • Dukung isu yang paling penting yang sangat penting untuk anak muda jaman sekarang.
  • Brand harus menunjukkan kehadirannya yang paling nyata dimana mereka juga harus tetap memberikan peluang kepada kaum Pivotals untuk menciptakan identitas yang unik.
  • Memanfaatkan berbagai macam platform media sosial untuk memainkan peran yang sesuai dengan pilihan kaum Pivotals itu sendiri.(dew)

 (***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.   


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...