Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Cerita Inul Daratista Si Pedangdut yang Jago Berbisnis


0

Belakangan bisnis kue kekinian sedang tren di kalangan para artis Tanah Air. Sebut saja Syahrini, Denada hingga pesinetron Immanuel Caesar Hito juga ikut membuka bisnis kue yang diklaim sebagai oleh-oleh khas daerah tertentu. Tapi tren ini sepertinya tak diikuti oleh pedangdut, Inul Daratista.

Inul diketahui lebih memilih bisnis properti berupa cottage di Pasuruan, Jawa Timur. Pemilik Goyang Ngebor itu pun sudah ramai mempromosikan bisnis barunya lewat Instagram pribadi. Kabar ini pun menjadi bahasan heboh di kalangan netter di media sosial. 

Sejumlah netter memuji habis-habisan keputusan Inul untuk membuka bisnis properti ini. Alih-alih mengikuti tren kue kekinian, keputusan Inul mengambil ladang bisnis yang berbeda membuat netter salut dan memberikan dukungan penuh. 

"Penyanyi dangdut yg ga latah sm bisnisnya. Satu" dikerjain , dari bisnis karoeke sekarang cottage ! Bagus" Bunda membuka lapangan pekerjaan juga," puji netter. "Kerennnnnnnnnnnnnnn..sukses selalu Mbak Inul," kata netter. "Mba inul jgn ikutan bisnis kue kekinian ya, mls gua liatnya g kreatif bgt siih.. mending kaya gini mba berkelas bisnisnya," celetuk lainnya. 

Jago Berbisnis

Inul memang dikenal sebagai pedangdut sekaligus pebisnis handal. Selama 12 tahun bekerja keras disertai antusiasme yang tinggi serta doa membawa Inul Daratista bukan hanya berjuluk Ratu Dangdut, ia pun menjadi Ratu Rumah Karaoke dengan ratusan cabang Inul Vizta beromzet triliunan rupiah.

Namun tak semudah membalikkan telapak tangan, bisnis rumah karaoke Inul memiliki jalan panjang nan berliku.

Kisahnya berawal dari nazar mulia setelah melihat fenomena sekitar yang memprihatinkan, lalu kerja keras serta keberuntungan akhirnya Inul Daratista berhasil menapak di puncak tangga kesuksesan.

Pada sekitar tahun 2003, saat nama Inul masih populer sebagai penyanyi dangdut, ia mencoba merambah bisnis baru. Inul berharap memiliki usaha yang masih berhubungan dengan kemampuannya tersebut.

Gayung bersambut, keberuntungan datang ada seorang pemilik karaoke di daerah Kelapa Gading menawarkan tempat karaokenya yang hampir bangkrut untuk diambil alih Inul. Semua masih bagus hanya saja tidak laku.

Inul membeli tempat karaoke tersebut dan menginvestasikan dananya senilai Rp 2,5 miliar. Dana tersebut belum termasuk renovasi serta image yang diinginkan Inul. Bersama suaminya, Inul rajin mengontrol pembenahan tempat karaokenya.

Pada tahun 2006, Inul sudah memiliki 700 karyawan yang tersebar di 7 cabang antara lain Point Square, Kelapa Gading, Plaza Semanggi, Melawai, Pasar Festival dan Gajah Mada. Meski demikian Inul tak berjalan sendirian, untuk membangun kerajaan bisnis karaoke, ia membutuhkan rekan bisnis.

Ia pun menggandeng dua investor asal luar negeri dan membuat banyak cabang bahkan di seantero Indonesia. Mengutip dari situs LensaIndonesia.com Inul Vizta pada tahun 2012 sudah membuka cabang ke 87.

Strategi pasar

Keuntungan rumah karaoke adalah mendatangkan tamu sebanyak-banyaknya dan membuat pelanggan betah dengan fasilitas serta pelayanannya. Inul tak langsung menghitung keuntungan namun menggunakan patokan 5 bulan pertama, yakni mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Omzet tiap rumah karaoke Inul Vizta berbeda, target ditentukan dari ketersediaan room. Inul memulai dengan 18 room, lalu 23 room, 28 room hingga 36 room.

Pada tahun 2006 dicontohkan di Plaza Semanggi Jakarta Pusat target per bulan Rp 1 miliar. Mengejar target tersebut harus ekstra kerja keras pada tahun tersebut, saat target tak terpenuhi terpaksa diturunkan di angka Rp 600 juta atau Rp 700 juta.

Sementara rumah karaoke di Kelapa Gading jumlah roomnya lebih sedikit yakni 12 room dan omzetnya pada tahun 2006 sekitar Rp 200 juta sampai Rp 300 juta. Profitnya sekitar 20 persen dari omzet. (inf)

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...