Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Deretan Miliarder yang Ogah Wariskan Kekayaan ke Anak Cucu


0

Sebuah survei menunjukkan bahwa 68 persen generasi millennial diekspektasikan bakal menerima warisan, namun hanya 40 persen orang tua yang akan benar-benar mewariskan hartanya ke anak mereka.

Hal ini pun ternyata berlaku pula bagi para orang terkaya di dunia. Beberapa dari mereka, sebut saja Bill Gates dan Warren Buffett, memilih untuk mendonasikan kekayaan mereka ke lembaga amal.

Mengutip CNBC, Selasa (11/7/2017), berikut ini adalah para miliarder yang memilih untuk tidak mewariskan harta kekayaan kepada keturunan mereka.

1. Mark Zuckerberg

Ketika Max, putri pertama CEO Facebook Mark Zuckerberg dan sang istri, Priscilla Chan lahir pada tahun 2015 lalu, mereka membuat pengumuman bahwa mereka takkan mewariskan harta kekayaan mereka pada Max.

Sebaliknya, mereka mendirikan yayasan Chan Zuckerberg Initiative yang berkomitmen di bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial di seluruh dunia.

"Kami akan memberikan 99 persen saham Facebook yang kami miliki (saat ini bernilai sekitr 45 miliar dollar AS) selama hidup kami untuk memajukan misi (kemanusiaan) ini. Kami tahu ini adalah sumbangsih yang kecil dibandingkan semua sumber daya dan talenta mereka yang sudah bekerja pada bidang itu, namun kami ingin melakukan apa yang bisa kami lakukan," ujar Zuckerberg. Kekayaan Zuckerberg saat ini ditaksir mencapai 63,5 miliar dollar AS.

2. Bill Gates

Orang terkaya di dunia dan pendiri Microsoft Bill Gates dan sang istri, Melinda, hanya memberikan sedikit harta bagi ketiga buah hati mereka. Saat ini kekayaan Gates diestimasikan mencapai 86 miliar dollar AS.

"Ini artinya mereka harus mencari jalan hidup mereka sendiri," kata Gates pada tahun 2011 silam.

Meski superkaya, namun Gates memandang ketiga anaknya harus mandiri dan tak sepatutnya memperoleh warisan.

Sebaliknya, sebagian besar kekayaan Gates disumbangkan ke yayasan Bill & Melinda Gates yang didirikannya, yang bertujuan untuk memberantas penyakit, kemiskinan, dan kelaparan di seluruh dunia.

Pada tahun 2010 lalu, Gates dan beberapa orang miliarder lainnya meluncurkan gerakan The Giving Pledge. Gerakan ini mendorong lebih banyak miliarder mendonasikan kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

3. Chuck Feeney

Feeney memperoleh kekayaan dari jaringan toko bebas pajak (duty free) yang didirikannya, Duty Free Shoppers Group (DFS). Saat ini Feeney boleh dikatakan bukan lagi miliarder, lantaran kekayaannya merosot dari 8 miliar dollar AS menjadi hanya 2 juta dollar AS.

Penurunan kekayaan Feeney bukan tanpa sebab, karena ia diam-diam mendonasikan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan amal. Meski tak memperoleh sepeser pun kekayaan sang ayah, namun anak-anak Feeney memahaminya.

"Ini memang (perilaku) eksentrik, namun ia melindungi kami dari orang-orang yang memanfaatkan uang untuk memperlakukan kami secara berbeda. Ini membuat kami menjadi orang normal," ujar Leslie Feeney Baily, putri Feeney.

4. Warren Buffett

Investor kawakan dan orang terkaya keempat di dunia ini mengatakan pada tahun 2014 lalu bahwa ia akan mewarisi masing-masing 2 miliar dollar AS untuk ketiga anaknya. Namun, angka tersebut tak ada apa-apanya dibanding kekayaan Buffett yang mencapai 77 miliar dollar AS.

Sebagian besar kekayaan Buffett akan disumbangkan untuk berbagai kegiatan amal. Sebagai salah satu pendiri The Giving Pledge bersama Bill Gates, Buffett berkomitmen mendonasikan lebih dari 99 persen kekayaannya untuk kegiatan amal sebelum ia wafat.

5. Michael Bloomberg

Miliarder dan mantan walikota New York ini berkomitmen untuk tak secara langsung mewariskan kekayaannya yang mencapai 50 miliar dollar AS kepada putri-putrinya. Sebaliknya, Bloomberg berencana berinvestasi di lembaga amal atas nama anak-anaknya.

"Jika Anda ingin melakukan sesuatu untuk anak-anak Anda dan menunjukkan rasa cinta Anda, satu-satunya cara terbaik adalah dengan mendukung organisasi yang menciptakan dunia yang lebih baik bagi mereka dan anak-anak mereka," ujar Bloomberg.

Ia adalah salah satu pendiri The Giving Pledge, bersama dengan Bill Gates dan Warren Buffett. 

(***)

Sumber: kompas.com 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...