Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Di Tangan Ningsih, Kulit Ikan 'Disulap' Jadi Tas dan Sepatu Cantik


0

Jakarta - Siapa sangka kulit ikan bisa diolah menjadi produk jual. Di tangan Ningsih, perempuan muda asal Tangerang, kulit ikan nila hingga kakap 'disulap' menjadi sepatu dan tas cantik khusus untuk perempuan.

Ningsih mulai memakai bahan kulit ikan kakap, nila, dan kaci-kaci manjadi sepatu dan tas perempuan sejak 3 tahun lalu. Ide tersebut pun muncul secara tidak sengaja saat dia bertemu seorang penyamak kulit yang tengah menyamak kulit ikan kakap.

Sejak saat itu, Ningsih yang mulanya memproduksi tas dan sepatu berbahan kulit sapi, mulai melirik kulit ikan.

"Ini pakai kulit ikan kakap, nila dan kaci—kaci. Kulit ikan kan nilai nominalnya kecil ya. Kalau dibikin sepatu atau tas, nominalnya bisa lebih besar. Jadi gimana caranya biar kulit ikan kakap ini terangkat bahwa punya nilai tambah," ungkap Ningsih.

Sepatu-sepatu buatannya mengusung Pinneaple Shoes. Ia mendapat bahan baku kulit ikan dari nelayan binaan Dinas Perikanan dan Kelautan DKI, lalu ia bawa ke penyamak khusus kulit ikan.

Pinneaple Shoes

"Bahan kita dapat dari nelayan, kerjasama dengan binaan Dinas Kelautan DKI. Kulit ini digarap lansung oleh penyamak kulit ikan pertama kali itu Bapak Nurul Haq, Beliau yang pertama kali menyamak kulit ikan kakap," tambahnya.

Nurul Haq, penyamak yang diceritakan Ningsih, aktif mengajarkan mahasiswa IPB dan ke daerah-daerah bahwa melalui proses penyamakan, kulit ikan kakap punya nilai jual lebih.

"Itu hebatnya penyamak tersebut, bisa menyamak kulit ikan. Lalu kita coba aplikasikan ke sepatu dan tas juga. Hasil jadinya ternyata lebih kuat. Ketahanannya tiga tahun lebih kuat dari kulit sapi," imbuhnya.

Ningsih mengatakan, kulit ikan punya tekstur unik dan tebal. Proses menyamak kulit ikan pun tidak sebentar. "Ini asli, keliatannya tipis kan kulit ikan. Tapi sebetulnya setelah penyamakan, itu kulitnya tebal. Proses penyamakannya sendiri sampai 10 hari," katanya.

Menurut Ningsih, bukan perkara mudah mengenalkan kulit ikan sebagai bahan sepatu maupun tas. Tidak jarang pelanggannya ragu-ragu dengan produknya.

"Baru setelah setahun kita uji hingga betul-betul percaya kalo kulit ikan nggak kenapa-kenapa jika di sepatu atau tas. Saya udah coba buat panas-panasan, hujan-hujanan. Itu dijamin aman," jelasnya.

Untuk membuat sepasang sepatu diperlukan 7 lembar kulit ikan. Sepatu-sepatu unik dengan dominasi warna merah, hijau, kuning, dan cokelat tersebut Ia tawarkan dengan harga mulai Rp 250.000-500.000/pasang untuk model flat shoes. Sedangkan tas jinjing wanita ditawarkan mulai Rp 1,5 juta.

Bicara omzet, Ningsih tidak menyebut omzet pasti, Ia hanya menyebut kisaran dua digit. "Omzet lumayan sampai dua digit. Normalnya Rp 20 juta sebulan. Sehari kita bisa kerjakan 5 pasang sepatu flat shoes. Kalau heels hanya bisa 2 pasang sehari. Dikerjakan oleh 4 orang penjahit dan tukang pola," ujarnya.

Sampai saat ini, menurut Ningsih, masih terbilang tahap introduksi pasar. "Kita pertama kali yang melaunching sepatu dari bahan ikan kakap. Jadi membangun kepercayaan customer pun butuh waktu. Sampai—sampai kalau kita bazar itu selalu bawa kulit mentahan juga. Before sama after setelah disamak kita bawa supaya pembeli percaya," jelasnya.Komentar-komentar unik dari para pelanggan pun kerap terlontar.

"Banyak yang nanya yakin nih kalau kita pakai kucingnya nggak pada ngikutin? Nggak lah, proses penyamakannya aja 10 hari. Kolagen dan minyak dihilangkan dulu supaya nggak timbul bakteri," imbuhnya.

Sepatu-sepatu dari kulit ikan tersebut kebanyakan diproduksi sesuai keinginan pelanggan. Saat mendapat order secara online melalui social media, Ningsih akan menawarkan pilihan kepada pelanggan untuk memakai model sepatu darinya atau membawa contoh model sendiri s keinginan pelanggan. Lama pengerjaan berkisar 2-5 hari.

Limbah potongan perca kulit ikan pun tidak ia sia-siakan. "Sisa pembuatan sepatu, potongan perca bisa diaplikasikan ke dompet, gantungan kunci, topi dan bingkai. Kita juga akan coba aplikasikan ke baju. Misalnya bagian kerahnya kita pakai kulit ikan kakap," pungkasnya.

(***)

Sumber: detik.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar disini .


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...