Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Ikuti Jejak 7 Miliader Sukses Ini Jika Kamu Ingin Berhasil Jadi Pengusaha Handal


0

Meraih kesuksesan memang membutuhkan pengorbanan. Tak jarang, demi mencapai kesuksesan, seseorang harus mencapai berbagai rintangan dan kegagalan dulu. Bahkan, pengusaha sukses dunia juga tidak luput dari kesulitan semacam ini.

Buat kamu yang lagi dalam proses membangun usahamu sendiri namun belum berhasil, kamu bisa menyimak beragam cerita kegagalan para tokoh sukses ini. Semoga saja bisa membangkitkan semangatmu dan bikin kamu pantang menyerah.

1. Bill Gates, sempat gagal di awal saat terjun ke dunia wirausaha

image: boombeats.com

Hari gini siapa coba yang tidak tahu Bill Gates? Salah satu tokoh terkenal dan dermawan ini bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia berkat perusahaan Microsoft yang dibangunnya. Namun siapa sangka, sebelum terkenal akan hasil produknya yang revolusioner di dunia teknologi, Bill Gates sempat harus menelan pil pahit akibat kegagalan dari usaha dia yang sebelumnya.

Beberapa tahun sebelum dia membangun Microsoft, Bill Gates beserta rekannya di tahun 1970-an mencoba peruntungan dengan membangun perusahaan bernama Traf-O-Data, yang tidak jauh-jauh dari bidang informatika. Namun sayang, produknya yang kala itu ditujukan untuk membantu mengolah data dari volume lalu lintas yang meliputi jalan dan kendaraan ternyata belum berhasil dan akhirnya gagal. Tapi dia berhasil bangkit kembali dan sukses dengan perusahaan barunya yaitu Microsoft, yang berhasil menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh.

2. Arianna Huffington, ditolak hingga 36 penerbit

image: innovation-village.com

Sebagai pendiri salah satu media berita bernama The Huffington Post ini nyatanya juga memiliki cerita mengenai kegagalan yang harus dialaminya sebelum berhasil membangun salah satu media paling populer di Amerika Serikat bahkan di dunia. Huffington mengawali karirnya sebagai seorang penulis. Kala itu, dia ingin menerbitkan bukunya yang kedua namun alih-alih harus menerima berbagai penolakan dari 36 penerbit! Bahkan ketika akhirnya bukunya berhasil diluncurkan, Huffington masih harus mendapatkan berbagai kritik besar terkait buku karangannya.

Sebagai seorang public figure, Huffington juga mengaku bahwa dia sudah terbiasa menghadapi kegagalan. Kuncinya adalah dari sebuah nasehat ibunya yang berkata bahwa kegagalan bukanlah kebalikan dari kesuksesan, melainkan sebuah batu pijakan untuk mencapai kesuksesan. Sepertinya jelas terbukti jika dia selalu berpegang teguh dengan prinsip tersebut, karena nyatanya dia bisa menjadi sukses seperti sekarang ini.

3. Steve Jobs, pernah dipecat dari perusahaannya sendiri

image: newyorker.com

Steve Jobs memang tidak perlu menunggu lama untuk sukses. Di usia 20-an dia sudah berhasil membangun perusahaan Apple dan menuai keuntungan. Namun nyatanya, kesuksesan pun masih tidak luput dari kendala. Beberapa tahun menjabat di jajaran direksi, Jobs terlibat konflik dengan rekan kerjanya yang membuatnya dipecat dari perusahaan yang dia bangun.

Meski begitu, hal ini gak membuat Jobs putus asa. Selang dipecat dari Apple, di tahun 1985 Jobs kemudian membangun perusahaan baru bernama NeXT dan lanjut berkarya. Kehebatannya dalam berinovasi pun tak terbantahkan lagi, sampai akhirnya perusahaan Apple tertarik untuk membeli perusahaan barunya tersebut. Dengan dibelinya perusahaan NeXT oleh Apple memungkinkan Jobs kembali lagi ke perusahaan lamanya, dan membuktikan bahwa keberadaannya merupakan kontribusi yang besar terhadap perusahaan Apple.

4. Colonel Sanders, baru bisa mencapai kesuksesan di usia yang tidak muda

image: theatlantic.com

Kamu pasti udah familiar dengan gambar tokoh kakek-kakek di logo restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). Kakek tersebut ternyata bukan sembarang kakek-kakek. Dia adalah Colonel Sanders, orang yang mendirikan KFC.

Lahir di tahun 1890, Sanders berhasil menemukan resep terbaik membuat ayam goreng dan membuka restorannya di tahun 1930-an. Meski menu andalan ayam gorengnya cukup terkenal dan ramai dikunjungi, nyatanya Sanders harus menunggu hingga usia yang gak muda lagi untuk menyaksikan keberhasilan besar yang diraih usaha kecilnya itu. Di usia yang ke 75, Sanders pun baru memutuskan untuk menjual usahanya. Keputusan itu pun tidak sia-sia. Berkat itu, restoran KFC menjadi terkenal di penjuru dunia dan Sanders pun dikenang sebagai tokoh dibalik ayam goreng yang khas itu.

5. Milton Hershey, 3 kali membangun usaha, 3 kali gagal

image: mhskids.org

Hershey’s merupakan merek cokelat yang gak asing lagi dan sudah mendunia. Pendiri salah satu perusahaan cokelat terbesar ini tak lain adalah Milton Hershey. Bagi Hershey sendiri, untuk berhasil membangun sebuah usaha memang dibutuhkan kerja keras dan berbagai pengalaman pahit. Hershey sempat dipecat dari pekerjaannya dan membanting tulang membuat usahanya sendiri yang berujung pada kegagalan.

Sejak awal, Hershey sudah memiliki minat besar membangun usaha yang menjual produk manis-manisan seperti permen dan cokelat. Namun sepertinya, minat tersebut harus dihadapi oleh berbagai rintangan besar. Berulang kali Hershey membangun usaha namun gagal hingga tiga kali. Sampai akhirnya, Hershey terinsipirasi untuk memproduksi cokelat susu dalam jumlah banyak. Usaha tersebut pun tidak sia-sia, karena terbukti cokelat produksinya bisa laku di pasaran.

6. Walt Disney, pernah dipecat dan dibilang “tidak kreatif”

image: disneybaby.com

Sempat mengawali karir bekerja di sebuah surat kabar, Disney dipecat dan disebut tidak punya imajinasi dan kreativitas. Setelah itu, Disney mencoba peruntungan dengan membangun perusahaannya sendiri untuk membuat animasi.

Ternyata tidak cukup sampai disitu. Karena terlilit hutang, Disney menyatakan bahwa perusahaannya bangkrut. Kemudian  dia mencoba membangun kembali perusahaannya namun lagi-lagi tertimpa masalah ketika rekan kerjanya mencoba mengambil hak cipta tokoh kartun karangannya. Tidak menyerah dengan apa yang menimpanya, Disney tetap melanjutkan karyanya dan bisa sukses ketika dia pertama kali memperkenalkan karakter Mickey Mouse yang dibuatnya, serta saat dia meluncurkan film animasi pertamanya yaitu Snow White.

7. Soichiro Honda, sampai menggadaikan cincin istrinya

image: Thebestyoumagazine.com

Sebelum perusahaan otomotif miliknya yang bernama Honda berkembang pesat dan menjadi kompetitor perusahaan Toyota, Soichiro Honda sempat bekerja memproduksi ring piston untuk perusahaan tersebut. Jalan yang dilalui Honda juga terbilang tidak mulus. Sempat membuka bengkel dan berulang kali ring piston buatannya ditolak karena tidak memenuhi spesifikasi, bahkan hingga harus menggadaikan cincin istrinya untuk bertahan hidup, Honda tetap gak menyerah.

Setelah  berhasil memproduksi ring piston buatannya, Honda lagi-lagi dihadapkan dengan musibah ketika gempa bumi juga sebuah serangan akibat Perang Dunia kedua menghancurkan pabriknya. Namun, tidak berhenti sampai disitu, Honda tetap meneruskan usahanya dan kemudian mengawali karir besarnya dengan memproduksi sepeda motor.

Kisah-kisah penuh perjuangan para pengusaha sukses tersebut membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Kegagalan juga bukanlah akhir, melainkan suatu langkah menuju kesuksesan.

Jadi, buat kamu yang sedang mengalami musibah dalam usaha atau karirmu, jangan terburu-buru untuk menyerah ya. Bisa saja ada cerita sukses yang menunggumu jika kamu berhasil melaluinya.

(***)

Sumber: idntimes.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...