Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Inilah Cara Agar Tetap Produktif Ketika Memilih Bekerja Dari Rumah


0

Dunia startup sangatlah dinamis. Baik itu dari kehidupan startupnya sendiri maupun dari tim yang mengerjakan startup tersebut. Dari sisi tim sebuah startup, hampir dapat dipastikan bahwa anggota tim tersebut pernah atau bahkan sedang melakukan pekerjaan startup dari rumah mereka masing-masing.

Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti startup yang ada mempunyai pengaruh di beberapa negara sehingga anggota tim yang dimiliki tersebar dan diharuskan bekerja secara remote, startup yang ada masih dalam tahap awal pengembangan secara bootstrap dan tidak mempunyai biaya untuk menyewa sebuah co-working space, atau berbagai alasan lainnya.

Sebelumnya, kami telah membuat sebuah artikel yang menyebutkan alasan-alasan kenapa bekerja di co-working space akan menguntungkan bagi startup kamu.

Namun, bagi kamu yang masih ingin bekerja dari rumah, berikut kami hadirkan tips-tips untuk menjaga produktivitas ketika bekerja dari rumah.

1. Buat area kerja khusus

Area bekerja sangatlah penting bagi produktivitas kamu. Dengannya, kamu mempunyai satu “ruang” khusus dimana kamu bisa fokus melakukan apa yang perlu kamu lakukan. Yang kamu butuhkan hanyalah sebuah meja dan kursi untuk menyimpan semua barang serta dokumen yang diperlukan untuk pekerjaan kamu dan tidak harus berada di dalam satu ruangan khusus.

Hindari penempatan area kerja ini di dekat kasur atau TV karena kamu akan sangat sulit menahan godaan kedua barang tersebut.

Terakhir, usahakan area ini mempunyai suasana yang sama persis seperti sebuah kantor untuk menunjang sesi Skype yang mungkin akan kamu lakukan beberapa kali dalam sebulan.


2. Melakukan pengaturan waktu dan pekerjaan

Untuk terus fokus, kamu akan memerlukan sebuah pengaturan waktu dan pekerjaan. Lakukan hal-hal kecil seperti penjadwalan porsi kerja, daftar to-do, atur pertemuan dengan terperinci, dan lain sebagainya. Selain itu, atur waktu kerja kamu agar tidak berbentrokan dengan dunia pribadi. Hal ini akan sangat sulit dilakukan, namun dengan membiasakan diri, kamu akan mendapatkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Lebih lanjut lagi, tentukan jam kerja yang telah disetujui oleh tim startup kamu. Yang paling penting, pastikan anggota tim lainnya mengetahui jam kerja ini karena mereka dapat mengetahui kapan waktu kamu tidak tersedia secara profesional.

3. Ambil jam istirahat seperti pekerjaan kantoran biasanya

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu harus selalu bekerja selama jam kerja. Ambil jam istirahat dan pergilah keluar rumah jika diperlukan. Berjalan-jalan di taman sekitar rumah, atau sekadar pergi dan bertemu teman selama satu jam sangat membantu untuk meredakan beban pikiran yang didapatkan ketika sedang bekerja. Ketika kita bekerja di rumah, komunikasi secara non-verbal tidak dapat dipungkiri pasti terjadi antara anggota tim. Dengan berbicara secara langsung dengan teman-teman, kamu akan merasakan interaksi yang lebih nyata.

4. Disiplin ketika sedang berada dalam jam kerja

Sebelumnya kamu telah menentukan jam kerja dan jam istirahat. Selanjutnya adalah disiplin dalam melaksanakan jam kerja tersebut. Hindari melakukan kegiatan pribadi seperti berbincang santai dengan keluarga atau mengantarkan anggota keluarga ke satu tempat.

Ini memang sangat sulit, namun solusi yang paling tepat adalah berbicara dengan semua anggota keluarga kamu mengenai jam kerja yang dimiliki dan meminta mereka untuk menghargai waktu kerja tersebut. Kamu harus bisa berkata tidak dan mengikuti jadwal yang telah ditentukan serta fokus pada pekerjaan yang ada.

5. Selalu online

Baik itu melalui komputer, laptop, smartphone, atau tablet; usahakan kamu selalu terhubung ke internet dan bisa dihubungi dengan mudah oleh anggota tim Anda lainnya. Miliki beberapa sumber koneksi internet. Baik itu sambungan internet ADSL, modem, atau melakukan tethering dari smartphone Anda. Utarakan apa saja yang Anda lakukan selama jam kerja agar anggota tim lainnya tahu. Lagi pula mereka tidak mempunyai kamera di atas meja kamu untuk selalu mengawasi pekerjaan kamu .

6. Kamu harus cepat belajar

Bekerja dari rumah berarti kamu harus melakukan segala sesuatu pekerjaan kantor sendiri. Jangan harapkan bantuan dari anggota tim startup kamu karena jarak yang menghalangi. Sebagai contoh, ketika komputer kamu rusak, Anda harus bisa melakukan tindakan perbaikan sendiri. Atau, ketika ada insiden-insiden lain yang biasanya bisa dibantu secara langsung oleh tim, kamu harus mulai belajar untuk bisa mengatasinya sendiri.

7. Sediakan semua peralatan yang kamu butuhkan

Jika kamu membutuhkan sebuah printer, jangan jadikan “mencetak sebuah dokumen” menjadi alasan untuk pergi ke tempat percetakan terdekat. Sediakan semua peralatan kantor yang kamu butuhkan langsung di dalam rumah dan di atas meja kerja kamu. Ketika kamu mulai tidak fokus dan mencari alasan untuk keluar rumah, di situ kamu akan merasakan produktivitas yang menurun.

8. Jaga profesionalisme

Akan sangat mudah untuk tergoda berbicara mengenai kehidupan pribadi kepada rekan-rekan kamu ketika sedang berada di rumah karena faktor “hawa” ruang personal yang terdapat di dalam rumah. Tahan pemikiran tersebut. Jagalah profesionalisme agar tidak mempengaruhi kinerja kamu.

Sekali lagi, ikuti jadwal jam kerja dan bicaralah hal-hal yang menyangkut pekerjaan pada waktu tersebut. Ketika jam kerja telah selesai, kamu baru bisa melakukan sharing atau curcol kepada rekan-rekan kamu secara pribadi.

9. Secara rutin bertemu langsung dengan tim kamu

Yang terakhir adalah poin yang sangat penting. Untuk menjaga hubungan, jadwalkan waktu untuk bertemu dengan semua tim kamu. Baik itu sekadar menonton di bioskop secara bersamaan, acara makan malam bersama, dan lain sebagainya. Selain sebagai acara bonding, waktu bersama yang singkat ini akan mempererat kerjasama antar anggota tim ke depannya.

(***)

Sumber: techinasia.com 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.  

 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...