Chat with Us

Aktifkan STARBOX

J.K Rowling, dari Pengangguran hingga Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia


0

Bagi sebagian besar penduduk dunia, sosok Harry Potter bukan lagi sosok asing. Sosok yang berawal dari novel tersebut akhirnya masuk dunia film. Baik novel maupun film, Harry Potter merupakan produk laris.

Adalah Joanne Rowling (JK Rowling) yang melahirkan sosok Harry Potter. Wanita kelahiran 31 Juli 1965 itu punya kisah perjalanan hidup yang luar bisa. Semua berawa kegagalan pernikahannya pada 1993.

Status pengangguran dan harus mengasuh satu anak tentu tidaklah mudah. Rowling yang saat itu tergolong miskin pun mengandalkan bantuan sosial dari pemerintah Inggris. Tak heran bila sulitnya kondisi membuat Rowling mengalami depresi berat. 

Di tengah hidupnya yang sulit, satu-satunya hal yang bisa dilakukan wanita ini adalah menulis. Bermodal mesin tik tua dan alat seadanya, Rowling berkarya lewat tulisan. Bahkan, untuk menggandakan tulisannya, Rowling harus susah payah mengetik ulang semua tulisannya.

Lebih menyakitkan lagi, sebanyak 12 penerbit menolak buku pertama yang susah payah ia buat. Meski demikian, penolakan tersebut tak membuat Rowling patah arang.

Terus berusaha dan sabar, akhirnya pada 1995 agensi Christopher Little mau menerbitkan buku pertamanya, Harry Potter dan Batu Bertuah. Buku ini mengisahkan seorang anak yang datang ke sekolah sihir.

Rowling mendapat ide Harry Potter ketika melakukan perjalanan dengan kereta yang telat selama empat jam pada 1990. Ternyata banyak yang menyukai buku pertama ini. Sebanyak 450 juta buku yang dicetak dalam beberapa bahasa itu akhirnya terjual. Kisah Harry Potter sendiri terbagi dalam tujuh buku dan semuanya masuk layar perak.

Kembali masuk daftar orang terkaya dunia

Setelah sempat tersingkir dari daftar miliarder dunia di tahun 2012,  akibat kekayaannya yang tergerus pajak besar pemerintah Inggris juga memberikan donasi dalam jumlah besar senilai US$ 160 juta yang mengakibatkan kekayaan penulis satu ini makin menyusut, Rowling kembali masuk dalam daftar prestisius tersebut. 

Menurut laporan dari New York Times, kesuksesan teater Harry Potter dan film terbarunya Fantastic Beasts and Where To Find Them mampu memberikan pemasukan tambahan bagi wanita satu ini sehingga berhasil membawa Rowling kembali ke daftar orang terkaya di dunia. 

image: HogwartsLA

Laporan dari New York Times menilai bahwa penghasilan yang ia dapat dari penjualan buku Harry Potter terus menjadi sumber pemasukan yang besar. 7 Seri Buku Harry Potter yang terjual 450 juta copy menghasilkan US$ 7,7 miliar. Dengan standar 15 persen royalti untuk penulis, maka Rowling mendapatkan US$ 1,15 miliar dari Buku Harry Potter. 

Total, delapan film Harry Potter mampu mendapat keuntungan US$8 miliar. Film barunya juga mampu mendapat penghasilan US$ 473 juta secara internasional. Novel barunya The Casual Vacancy yang diangkat menjadi serial televisi juga ikut menyumbang tambahan kekayaan J.K Rowling. 

Menurut Business Insider, total kekayaan J.K Rowling saat ini ditaksir berada di angka US$ 1,2 miliar. Sementara Daily Record mengungkapkan, posisi Rowling naik menjadi penulis terkaya ketiga di dunia setelah sebelumnya berada di posisi tujuh. 

Selain menjadi seorang penulis andal, Rowling juga pandai mengelola keuangannya. Kekayaan Rowling sendiri berasal dari investasi, penjualan produk Harry Potter, penjualan video, film dan buku. Rowling juga bekerja sebagai konsultan untuk stasiun TV NBCUniversal. Lewat pekerjaannya ini ia mampu mendapat pemasukan tambahan US$ 60 juta. Jadi, jangan heran bila kekayaan Rowling dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan signifikan. 

“Pengalaman berada di posisi terbawah menjadi dasar yang kuat saya membangun kembali kehidupan saya,” kata Rowling.

Penulis berbakat yang terus menginspirasi

Sebagai salah satu penulis terbaik di dunia, J.K. Rowling tidak hanya menginspirasi orang-orang melalui ajaibnya kisah Harry Potter. Buku-buku dengan genre berbeda yang J.K Rowling tulis juga mampu membuktikan kejeniusannya dalam menulis. Tertarik untuk membaca karyanya? Berikut 5 karya J.K Rowling yang tidak kalah keren dibandingkan Harry Potter, seperti melansir dari Trivia.id, Jumat (20/01/2017):

1. Fantastic Beasts and Where to Find Them

Buku Fantastic Beasts and Where to Find Them merupakan salah satu dari tiga buku pendamping seri Harry Potter. Buku ini diterbitkan pada tahun 2001. Keunikan buku ini terletak pada tidak adanya pencantuman nama J.K Rowling sebagai penulis. J.K Rowling sengaja melakukan hal ini dan memunculkan nama Newt Scamander di cover buku. 

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ternyata buku Fantastic Beasts and Where to Find Them merupakan text book yang wajib dimiliki Harry Potter sejak tahun pertama bersekolah di Hogwarts. Buku tersebut berisi informasi tentang hewan-hewan sihir. Misalnya, ciri-ciri hewan sihir, tempat mereka dapat ditemukan, hal-hal yang mereka sukai, dan lain-lain. Nama Newt Scamander sendiri muncul di Harry Potter and the Philosopher’s Stone sebagai nama pengarang dari text book yang dimiliki Harry Potter. Jadi, buku ini memang tidak terkait dengan seri Harry Potter lain.

Tahun 2016 lalu sebuah film yang diadaptasi dari buku ini akan dirilis. Film Fantastic Beasts and Where to Find Them menceritakan perjalanan Newt Scamander dalam mempelajari pelbagai hewan sihir yang akhirnya menjadi pedomannya dalam menulis text book. Jika kamu sudah penasaran akan film tersebut, tak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk membaca bukunya terlebih dahulu. 

2. The Tales of Beedle the Bard

The Tales of Beedle the Bard merupakan buku pendamping seri Harry Potter, sama halnya seperti buku Fantastic Beasts and Where to Find Them. Jika kamu penggemar Harry Potter, tentu kamu tak akan lupa pada kisah pembagian wasiat yang Albus Dumbledore lakukan di buku terakhir Harry Potter and the Deathly Hallows. Saat itu Hermione mendapat peninggalan unik berupa sebuah buku cerita anak-anak. Meski pada awalnya Hermione tak paham fungsi dari buku tersebut, ternyata warisan peninggalan Dumbledore sangat berguna untuk mempermudah pencarian Harry akan relikui kematian. Nah, buku yang Dumbledore berikan untuk Hermione tadi adalah The Tales of Beedle the Bard.

Buku ini berisi lima cerita dongeng, yaitu “Sang Penyihir dan Kuali Melompat”, “Air Mancur Mujur Melimpah”, “Penyihir Berhati Berbulu”, “Babbity Rabbity dan Tanggul Terbahak”, serta “Kisah Tiga Saudara”. Cerita “Kisah Tiga Saudara” inilah yang muncul di seri pamungkas Harry Potter. Di buku The Tales of Beedle the Bard ini J.K Rowling menunjukkan kelihaiannya dalam berdongeng. Meski berbau dunia sihir, buku dongeng ini sarat dengan pesan moral yang mendidik. Rindu akan cerita-cerita dongeng? Cobalah untuk membaca salah satu karya J.K Rowling ini.

3. The Casual Vacancy

Inilah buku pertama J.K Rowling setelah move on dari seri Harry Potter yang terbit di tahun 2012. The Casual Vacancy tak lagi menawarkan cerita fiktif remaja dan sama sekali tidak memuat unsur sihir di dalamnya. J.K Rowling mencoba melepaskan bayang-bayang Harry Potter yang melekat pada dirinya melalui buku ini. 

The Casual Vacancy berkisah tentang sebuah kekosongan jabatan di kota Pagford pasca meninggalnya anggota dewan bernama Barry Pagford. Kekosongan jabatan yang ada tersebut menjadi perebutan tiga orang yang cukup memiliki pengaruh di kota tersebut, yaitu Miles Howard, Simon Price, dan Club Wall. Dalam nuansa penuh politik ini, J.K Rowling memasukkan problem keluarga yang dialami oleh ketiga calon tadi. Uniknya, J.K Rowling juga mengangkat masalah-masalah yang dialami oleh anak-anak di kota Pagford. Secara keseluruhan, The Casual Vacancy merupakan novel remaja yang sarat dengan nilai moral dalam hubungan keluarga. J.K. Rowling begitu cerdas meramu konflik yang dialami karakter menjadi satu kesatuan cerita yang utuh.

4. The Cuckoo’s Calling

Jika sebelumnya J.K Rowling memunculkan nama Newt Scamander dalam buku Fantastic Beasts and Where to Find Them, kali ini dia kembali menghebohkan dunia dengan memakai nama samaran Robert Galbraith dalam seri buku fiksi detektif pertamanya. Kalau kamu terbiasa mengenal seri kisah Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle, kini J.K Rowling pun tak mau kalah menghadirkan sosok Cormoran Strike dalam The Cuckoo’s Calling

Setelah kisah dunia sihir, dongeng, fiktif remaja, J.K. Rowling menunjukkan keberaniannya untuk menulis cerita detektif ini. Cormoran Strike adalah seorang detektif yang kehilangan salah satu kakinya pada sebuah serangan bom di Afganistan. Pelbagai kasus kriminal yang ditemui Strike ternyata mampu menyedot minat pembaca. Setelah sukses sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2013, dua buku sekuel pun lahir: The Silkworm (2014) dan Career of Evil (2015). Meski pada awalnya J.K. Rowling enggan menunjukkan identitasnya sebagai penulis The Cuckoo’s Calling, toh pada akhirnya rahasia tersebut terbongkar juga. Sayangnya, buku seri detektif Cormoran Strike ini belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Jika kamu penasaran akan kehebatan J.K Rowling menulis cerita misteri, mungkin kamu bisa membaca versi Inggris terlebih dahulu.

5. Very Good Lives

Very Good Lives merupakan buku karya J.K. Rowling yang berbeda dari buku-buku lain yang pernah ditulisnya. Ini bukanlah buku fiksi layaknya Harry Potter, The Casual Vacancy, The Cuckoo’s Calling, dan buku lainnya. Buku ini berisi pidato yang diberikan J.K Rowling di Harvard University pada tahun 2008. Dua poin utama yang disampaikan dalam buku ini adalah keuntungan dari sebuah kegagalan dan pentingnya memiliki impian dalam hidup. Di sini J.K. Rowling menekankan agar kamu selalu mengikuti kata hati untuk meraih mimpi. Sebelumnya, dia mengajak kamu untuk lebih dulu paham tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup dan berusahalah untuk meraihnya. Dia menggambarkan bahwa berawal dari imajinasinya akan sosok Harry Potter, kini dia bisa meraih kesuskesan di dunia menulis yang memang sudah menjadi impiannya semasa kecil. Pelbagai penolakan yang dia alami tak membuatnya menyerah. 

.


We do not need magic to transform our world; we carry all the power we need inside ourselves already: we have the power to imagine better.” ―J.K. Rowling


(***)

Dari berbagai sumber

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.   

PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...