Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Layanan Pembuatan Kontrak Online untuk UKM dan Startup


0

Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan penting. Sayangnya, saat ini tidak sedikit pelaku usaha UKM yang masih kurang melek hukum. Terutama saat melindungi bisnis mereka dengan perjanjian kontrak. Bukan hanya itu saja, mahalnya jasa hukum dan cenderung sulit diakses membuat para pelaku UKM seolah seakan enggan berurusan dengan beberapa masalah dokumen hukum. Buatkontrak.com mencoba menjembatani persoalan itu.

Bukakontrak.com adalah platform online yang menghubungkan UKM dengan para penasehat hukum. Adapun layanan yang diberikan terdiri dari dua jenis, yakni pembuatan (drafting) dan peninjauan kontrak (review) bisnis yang sudah ada.

Founder dan Managing Partner Buatkontrak.com Rieke Caroline, menjelaskan pembentukan website ini didasari keinginan yang kuat untuk memberi perlindungan hukum kepada UKM karena keterbatasan terhadap akses hukum.

"Bila selama ini kita mengenal Fintech, ini disebut Legaltech. Yaitu, memadukan hukum dan teknologi yang pertama di Indonesia untuk melayani kebutuhan hukum pelaku UKM," jelas wanita yang juga merupakan News Anchor MetroTv Bisnis ini, di Gedung Kemenkop dan UKM, Jakarta, Rabu (08/02).

image: instagram.com/riekecaroline  

Rieke ingin melindungi bisnis UKM dengan kontrak yang terjangkau. Sasarannya adalah segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta perusahaan rintisan (startup) yang bermodal pas-pasan.

Dikatakannya, dari sisi harga yang ditawarkan Buatkontrak.com pun terjangkau. Untuk pembuatan kontrak atau perjanjian dengan maksimal 10 halaman berbahasa Indonesia dihargai Rp1 juta (diatas itu, dikenakan biaya tambahan Rp500 ribu per 5 halaman). Dan untuk peninjauan kontrak, biayanya Rp900 ribu.

Sementara biaya untuk pembuatan kontrak atau perjanjian menggunakan bahasa Inggris, sebesar Rp2 juta (kontrak lebih dari 10 halaman, dikenakan biaya tambahan Rp1 juta per 5 halaman). Dan untuk biaya review atau peninjauan kontrak dalam bahasa Inggris sebesar Rp1,9 juta.

Jika dibandingkan dengan skema tradisional, angka tersebut memang jauh lebih terjangkau. Rieke mencontohkan, misalnya, untuk konsultasi dengan lawyer itu paling murah sekitar Rp2,5 juta per jam. Setelah konsultasi pun, konsumen harus membayar biaya pembuatan dokumen yang nilainya tidak sedikit.

Dengan biaya yang jauh lebih terjangkau, Rieke yakin Buatkontrak.com bisa menjadi solusi ideal bagi UKM dan startup untuk mengurus kebutuhan di bidang dokumen hukum. Terlebih, UKM dan startup sebenarnya membutuhkan surat hukum untuk mengamankan setiap langkah bisnisnya. 

"Legaltech bisa membuat cost jauh lebih terjangkau. Jadi tidak perlu tatap muka antara UKM dengan lawyer," terang Rieke seperti dikutip dari Merdeka.com, Kamis (09/02/2017). 

Meski memasang banderol harga yang jauh lebih terjangkau, Rieke menjamin kualitas para pengacara yang tergabung dalam Buatkontrak.com. Rieke pun membuat saringan yang ketat bagi para pengacara yang hendak bergabung di perusahaannya. Di antaranya, wajib memiliki pengalaman minimum tiga tahun, dan fasih dalam membuat ataupun meninjau dokumen kontrak. 

Sejauh ini, pihaknya telah memiliki hampir seratus lawyer yang bergabung dan merupakan hasil kurasi. Diklaim mereka, para lawyer ini biasanya memiliki tarif ratusan USD per jam dan pembuatan satu kontrak bisa memakan sekurangnya dua digit juta rupiah.

Sepanjang kurang lebih 10 bulan berjalan, pihaknya telah memiliki ribuan user. Dari ribuan user itu, Buatkontrak.com telah melayani ratusan UKM. Untuk satu lawyer, rata-rata mampu merampungkan ratusan kontrak dalam sebulan.

Rieke menekankan para pengacara Buatkontrak.com bahwa mereka harus memiliki keinginan untuk membantu dan memajukan UKM. Dengan begitu maka mereka tidak semata mengejar materi, melainkan memiliki misi yang lebih mulia, yakni membantu menyelesaikan problema bidang hukum para pelaku usaha kecil.

Meski demikian, karena bagaimanapun Buatkontrak.com merupakan sebuah bisnis yang membantu UKM untuk membuat kontrak, maka tetap ada pendapatan bagi para lawyer dan Buatkontrak.com sendiri. Mekanismenya yakni berbagi pendapatan.

"Tetapi lawyer lebih banyak. Konsepnya hampir sama dengan model Go-Jek dan Airbnb," ujarnya.

Dia pun mengatakan selama berjalannya Buatkontrak.com, investasi yang dilakukan masih menggunakan dana pribadi. "Kami belum ada funding dari pihak investor," tutur dia.

Awal mula pembuatan Bukakontrak.com

Buatkontrak.com resmi beroperasi sejak Maret 2016. PT Teras Perjanjian Digital resmi berdiri menaungi Buatkontrak.com. Rieke mendirikan perusahaan ini bersama Billy Boen yang dikenal sebagai motivator dan entrepreneur di bidang digital. Ide pembuatan Buatkontrak.com muncul berdasarkan pengalaman pribadi keduanya. 

Pengalaman pahit yang dialami ayahanda Rieke di masa lalu adalah salah satu alasan terbentuknya Buatkontrak.com. Saat Rieke kecil, ayahnya yang merupakan pengusaha mobil bekas menandatangani kontrak kredit dengan sebuat institusi keuangan. Siapa sangka, surat perjanjian tersebut ternyata mengandung aturan-aturan menjebak yang tidak dipahami sang ayah yang minim pengetahuan hukum. Akibatnya sebagian besar aset keluarga habis disita. Sejak itulah Rieke membulatkan tekad untuk menjadi ahli hukum.

image: instagram.com/riekecaroline 

"Bisnis UKM Ayah saya pernah tertipu soal kontrak. Maka, kami ingin juga melindungi bisnis UKM dengan kontrak yang terjangkau," ujar lulusan Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan dan S-2 Kenotariatan Universitas Indonesia itu.

Ketika dirinya berbincang Billy Boen, lawan bicaranya itu menyambut baik idenya. Billy Boen sendiri juga pernah mengalami modal macet akibat ketidakjelasan kontrak. Billy dan Rieke pun berpikir, masalah ketidakjelasan kontak itu sangat mungkin dialami UKM lain di Indonesia. Sehingga jika mereka bisa membuat UKM setara dalam hal kontrak, maka ada banyak UKM yang bisa terbantu.

Kontrak yang dikerjakan Buatkontrak diantaranya perjanjian kerja sama, perjanjian jasa, perjanjian pengadaan barang, kontrak dengan vendor, kontrak dengan tenant, kontrak kerja (employment contract) baik karyawan tetap maupun karyawan kontrak, kontrak dengan freelancer, perjanjian waralaba (franchising), perjanjian keagenan, kerja sama sponsorship, kerja sama endorsement, perjanjian jual beli, perjanjian penyertaan modal, perjanjian sewa menyewa,perjanjian kepemilikan hak cipta, surat kuasa, surat pernyataan, addendum perjanjian, dan lain sebagainya.

Cara mengakses layanannya cukup mudah. Setelah membuat akun di Buatkontrak.com, peminat dapat mengisi kolom kebutuhan kontrak yang diperlukan. Dari situ pengacara akan membuat rancangan kontrak yang dibutuhkan. Setelah melalui maksimum dua kali revisi, klien bisa mendapatkan kontrak bisnis yang diinginkan.

Apresiasi Kemenkop

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) mengapresiasi kehadiran Buatkontrak.com, layanan digital pembuatan kontrak bisnis bagi pelaku UKM. Melalui layanan tersebut diharapkan pelaku UKM di Indonesia dapat mengerti serta terlindungi secara hukum, terutama dalam hal pembuatan dan penerapan kontrak bisnis dengan mitranya.

"Masih banyak pelaku UKM yang buta akan kontrak bisnis, atau segan berurusan dengan bank yang juga ada kontraknya, dan sebagainya. Kehadiran Buatkontrak.com bisa membantu UKM dalam hal kontrak bisnis," kata Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS, seperti dikutip dari Kompas.com.

Menurut dia, pelaku UKM perlu ditingkatkan pemahaman tentang kontrak bisnis secara intens agar bisnis yang digeluti para UKM dapat berkembang dengan baik. "Jangan lagi para UKM alergi dengan kontrak bisnis, bercuriga terhadap kontrak bisnis, dan apa perlunya kontrak bisnis," tambahnya.

Menurut dia, pelaku UKM harus melek hukum, khususnya terkait pemahaman kontrak bisnis dengan pihak lain. Sebab, hal itu akan menghindarkan pelaku UKM dari penipuan dan melindungi usahanya.

.


"Until the contract is signed, nothing is real." ―Glenn Danzig


(***)

Dari berbagai sumber 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.    


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...