Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Lucy Wiryono: Start Small, Start Right Now!


0

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama. Bisa dibilang, berbisnis makanan/kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah “mati”.

Peluang bisnis makanan yang bisa dilakukan calon pebisnis sangat banyak. Masyarakat Indonesia terkenal sangat konsumtif dibanding negara-negara lain. Di samping itu, Indonesia juga terkenal dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan ringan hingga berat.

Jika kita perhatikan, pengusaha-pengusaha yang sukses di bisnis kuliner adalah orang-orang yang sudah memprediksi peluang usaha makanan ini sejak lama. Mereka tidak seperti pebisnis pada umumnya yang hanya ikut-ikutan saja. Mereka sudah memperkirakan bahwa permintaan terhadap satu jenis makanan akan terus meningkat setiap tahunnya. 

Salah satu pengusaha kuliner yang sukses di Indonesia adalah Lucy Wiryono dan Afit. Pasangan suami istri ini telah sukses menggoyang lidah masyarakat dengan steaknya, Holycow! Steakhouse by Chef Afit.

Lucy Wiryono

Kesuksesan demi kesuksesan yang mereka raih tidak membuat mereka cepat puas. Mereka pun berambisi untuk mengembangkan bisnis-bisnis baru, sampai akhirnya mereka memutuskan untuk menjual lobster.

Lucy bercerita, ketika ingin membuka usaha baru, yang terpikir adalah lobster. Bisa dibilang lobster adalah salah satu makanan yang tergolong mahal. Mereka pun tertantang untuk menyajikan makanan yang dianggap mewah tersebut dengan harga yang terjangkau.

“Makanan ini memang terbilang mahal. Namun karena benang merah bisnis kita adalah “affordable luxurious dish”, ya cocoklah jualan lobster,” cetus Lucy.

Rencana pembangunan outlet pertama Loobie Lobsters & Shrimps tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan, karena ada suatu permasalahan yang harus mereka selesaikan. Setelah masalah tersebut selesai, akhirnya mereka melanjutkan pembangunan outlet yang sempat terhenti hampir setahun tersebut.

Tepat tanggal 20 Februari 2013, untuk pertama kalinya outlet Loobie Lobsters&Shrimps di Jl. Gunawarman no. 32 di buka. Lokasi ini dipilih karena market di kawaan ini memiliki potensi yang sangat besar, dekat pusat bisnis dan perkantoran.

Outlet pertama Loobie Lobsters & Shrimps tidak terlalu besar. Hal ini karena mereka ingin melakukan tes pasar terlebih dahulu sebelum membangun tempat yang lebih besar. “Kami ingin tes pasar terlebih dahulu, respon pasarnya seperti apa. Kalau bagus nanti akan kami bangun outlet yang lebih besar,” jelas Lucy.

Ternyata, respon pasar terhadap makanan satu ini sangat baik. Ketika pertama kali dibuka, banyak yang rela antri untuk dapat menikmatinya. Alhasil, outlet pertama yang dibangun sudah tidak mampu lagi menampung/melayani pengunjung yang datang. Akhirnya, mereka pun membuka outlet kedua di kawasan Panglima Polim, yang mulai beroperasi Oktober lalu.

“Pasar ini (lobster) sangat menjanjikan, apalagi belum ada tempat yang menjual lobster dengan harga terjangkau. Kamilah yang pertama,” ujarnya bangga.

Memanfaatkan Media Sosial

Kesuksesan yang mereka raih tidak lepas dari strategi yang digunakan untuk menarik pengunjung datang ke outlet Loobie Lobsters & Shrimps. Salah satu alat yang mereka gunakan untuk mempromosikan usaha barunya tersebut adalah media sosial.

Mereka memanfaatkan media sosial terutama Twitter untuk kegiatan promosi. Setidaknya ada tiga promo yang gencar mereka promosikan melalui Twitter setiap harinya untuk menarik pengunjung, yaitu free dessert bagi yang mention @loobielobster di Twitter, free half lobster platter bagi yang ulang tahun, dan free 1st drink bagi ibu hamil.

Bagi Lucy, berpromosi di media sosial sangat efektif dan murah. Hal itu terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke outlet setiap harinya kebanyakan dari Twitter.

Dibanding yang lain, Loobie Lobsters & Shrimps memiliki keunggulan tersendiri. Mereka merupakan yang pertama yang menjual lobster dengan harga terjangkau. “Menjadi pionir tentu merupakan keunggulan tersendiri bagi kami. Jadi, Loobie-lah yang ada di top of mind banyak orang ketika mencari lobster dengan harga terjangkau,” terang Lucy bangga.

Lucy sangat puas dengan pencapaian yang diraihnya. Ia berambisi membuka lebih banyak lagi outlet Loobie. “Start from small, start from yourself, start right now,” itulah pesan Lucy bagi calon pengusaha yang ingin memulai bisnis agar sukses seperti dirinya. Semoga sukses!

(***)

Sumber: marketing.co.id

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar disini .


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...