Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Media Dakwah Berbuah Rupiah


0

Salah satu bidang bisnis yang berjaya di tengah gejolak konsumen generasi muslim (GenM) belakangan ini adalah fashion. Bisnis busana muslim terutama di segmen kaum hawa memang meningkat potensinya, terlebih lagi menurut Yuswohady, penulis buku GenM, #GenerationMuslim Islam Itu Keren, karakteristik GenM adalah religius modern, selalu mengikuti perkembangan zaman, serta memiliki daya beli yang tinggi.

Karakteristik tersebut tentu saja menjadi sasaran empuk bagi para marketer dan fashion designer busana muslim. Sejak tiga tahun terakhir, pasar busana mulim Tanah Air memang ramai diwarnai desainer lokal berbakat yang jumlahnya kian bertambah. Indria Miranda adalah salah satunya. Pengusaha sekaligus desainer busana muslim untuk perempuan ini memang lebih dikenal publik sebagai Ria Miranda.

Nama tersebut juga menjadi paten dari beberapa brand karyanya, yakni “RM by riamiranda” untuk feminin look, “RM Prime” untuk casual moslem wear, serta “RM Daily” untuk gaya modern dan easy to wear. Di kalangan perancang busana muslim, Ria sebenarnya bukan pemain baru. Kiprahnya sudah dirintis sejak tahun 2009. Tren fashion hijab ditambah jumlah GenM yang melonjak membuat gaung brand-nya makin melambung.

“Saya senang sekali melihat pesatnya perkembangan industri fashion muslim di Indonesia. Selain karena mayoritas penduduk muslim, masyarakat Indonesia juga kreatif. Banyak desainer baru dengan tampilan karakternya masing-masing. Hal ini justru sebagai pemersatu untuk mewujudkan mimpi Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia,” ujar Ria ketika ditanya mengenai pasar busana muslim.

Sejak awal, Ria mengaku sudah fokus pada satu positioning, yakni busana muslim yang simpel dan cenderung berwarna “kalem”. Perempuan kelahiran Padang, 15 Juli 1985 ini secara konsisten menampilkan sosok wanita muslim yang sederhana dan bersahaja melalui kelembutan pilihan warna pastel. Hampir keseluruhan busana Ria menitikberatkan pada kenyamanan bahan, pasalnya semua rancangannya ready to wear sehari-hari untuk perempuan berhijab dari usia 19 hingga 30-an tahun.

Segmen konsumen yang dibidik Ria berasal dari kalangan middle up, dengan harga jual pakaian mulai Rp300 ribu-Rp3 juta. Mulai dari desain sampai produksi dilakukan Ria dengan melibatkan perajin lokal. Per bulannya ia bisa membuat 2.500-3.000 potong baju muslim dengan omzet yang tak tanggung-tanggung, Rp500 juta.

Komunikasi dan distribusi brand sejak awal dilakukan Ria melalui digital. Pertama kali ia merilis koleksi busana muslim melalui blog pribadinya. Selain lewat blog, dia juga memasarkan karyanya via BlackBerry Messenger (BBM). Lantas, namanya yang makin berkibar dilirik e–commerce. Blibli.com misalnya, menjalin kerja sama eksklusif

sebagai distributor online untuk rancangan Ria Miranda Signature. Sementara terkait jumlah outlet, Ria Miranda Store kini mencapai angka 20 outlet yang tersebar secara nasional.

Satu hal yang menarik dari bisnis fashion busana muslim adalah ikon. Para desainer ini tidak hanya didaulat untuk menciptakan rancangan yang memikat, melainkan juga harus mampu menjadikan karakter diri mereka sebagai ikon dari produk yang dipasarkan. Hal tersebut sangat penting untuk me-maintain jumlah konsumen yang mengarah pada fans loyal. Tidak heran desainer kondang sekelas Dian Pelangi, Jenahara, dan tentu saja Ria Miranda memiliki fan base di media sosial dan di dunia nyata yang terus dijaga.

“Desainer muda dan baju muslim memang sulit untuk masuk ke market, makanya saya bikin komunitas dan membuat market tersendiri, misalnya di central shopping area. Prinsipnya, saya menjadikan pelanggan sebagai sahabat,” jelas Ria.

Jumlah member komunitas Ria Miranda tidak sedikit, dan tersebar di seluruh pelosok daerah. Kisaran usianya sekitar 25-30 tahun, paling banyak diisi oleh kaum wanita dewasa. Store Ria Miranda yang tersebar luas di Indonesia dijadikan sebagai tempat berkumpul para anggota komunitas. Selain menyukai dan membeli karya-karya yang dibuat oleh si desainer, komunitas Ria Miranda ini juga selalu mendukung Ria dalam ajang fashion show atau festival fashion lainnya.

“Paling tidak lewat bisnis (karya) ini secara tak langsung mengajak muslimah di Indonesia untuk mempercantik penampilan mereka dengan busana muslim dan berhijab. Bisa juga dianggap sebagai salah satu dakwah untuk mengajak muslimah juga berhijab melalui desain saya. Jadi, sebagai sarana dakwah yang sebisa saya,” pungkas Ria. 

(***)

Sumber: marketing.co.id 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...