Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Merantaulah, Kerap Kamu Akan Rasakan 7 Perjuangan Ini


0

Kamu merupakan anak ratauan bukan sobiz? Kalau iya, sebagai anak rantau sobiz ada beberapa hal yang memang membuat kamu mendapatkan banyak pengalaman yang mungkin belum tentu kamu dapatkan di rumah asal. Kabar baiknya di perantauan kamu bisa mengenal lebih banyak orang, benar tidak? Juga kamu bisa membuka lebih banyak sudut pandang, dan tentu saja menambah berbagai wawasan.

Namun sobiz, ternyata menjadi anak rantau bukan berarti harus merasakan enaknya terus. Tentu ada rasa batin yang belum siap, tiap kali merasa rindu akan rumah. Berkumpul bersama keluarga jelas keinginan kamu, bukan?

Hidup diperantauan memang akan menjadi hal yang sulit diwujudkan. Hiudp di perantauan memang akan memberikanmu beragam warna kehidupan. Dan beberapa perjuangan ini pasti kamu pernah rasakan sebagai anak rantauan, apa sajakah itu? Berikut kita bagikan 7 pengalaman yang mungkin juga sering kamu lewatin.

1. Anak rantau sering dibilang beruntung

Ya, bisa bebas dan sesukanya tanpa banyak kekangan orangtua. Kadang ada benarnya juga. Tapi anak rantau sepertimu pasti kerap mendengar perkataan seperti itu, bukan? Betapa beruntungnya kamu yang diikhlaskan orang tuanya untuk bisa mengenyam pendidikan atau bekerja di luar kota. Kebebasanmu membuat mereka yang tinggal satu kota dengan orangtuanya merasa iri.

Ada kalanya kamu merasa senang bisa tinggal berjauhan dari orangtua. Pulang jam berapapun kamu bebas, makan mie instan sesukamu juga bisa. Jauh dari kata jangan yang kerap dilontarkan orangtua.

Asik memang bisa sedikit bisa lebih leluasa daripada lainnya, namun bukan berarti kamu bisa bertingkah seenaknya. Ada tanggung jawab pada orangtua yang kamu pikul, ada rasa rindu yang kerap memberatkan langkahmu.

2. Saat sakit tidak ada yang urus

Kamu yang anak rantau pasti tahu rasanya sakit dan tidak ada yang mengurus. Pasti ingin telfon Ibu dan minta dijenguk. Ketika sedang tidak enak badan, ingin sekali rasanya ada yang merawat. Namun, anak rantau sepertimu mungkin jarang ada yang merawat ketika sakit.

Berjauhan dari Ibu dan Ayah membuatmu harus bisa menjaga diri sebaik-baiknya. Namun ketika sakit, selalu ada rasa ingin berkeluh kesah dan ingin dirawat orangtua. Sayangnya kamu tak bisa melakukan hal itu karena tak ingin membuat orangtuamu khawatir.

Bebanmu terasa makin berat ketika jauh dari keluarga, tak hanya harus pintar-pintar jaga diri, namun juga menjaga perasaan mereka dan membuktikan bahwa kamu bisa mandiri dengan sendirinya.

3. Rindu masakan ibu di rumah

Seenak-enaknya makan di restoran tiap awal bulan, namun masakan Ibu tak akan pernah bisa dikalahkan.

Jadi anak rantau membuatmu jarang makan enak, hanya awal bulan atau momen ulang tahun teman saja yang bisa menjauhkanmu dari makan di warteg atau mie instan. Mengelola uang saku per bulan jadi keahlian yang harus segera kamu miliki biar bisa hidup aman.

Kalaupun kamu dapat kesempatan makan enak di restoran, tapi rasanya tak akan pernah mengalahkan kenikmatan masakan ibu di rumah. Anak mana yang tak mengatakan masakan ibu mereka adalah yang paling enak?

4. Kesepian?

Kamu pun kerap merasakan sepi dan sendiri sekalipun memiliki banyak teman. Merantau di kota orang, membuatmu selalu merasa asing.

Sepi dan kerap merasa sendirian pasti kamu pernah alami. Ketika berkumpul bersama teman atau sedang ada kegiatan, rasa sepi itu mungkin menguap, tapi saat kamu sendirian di dalam kamar kos, bayang-bayang rumah dan kamarmu yang nyaman kerap membuatmu merasa asing sekalipun telah lama merantau.

Berada jauh dari kota kelahiran, tak memiliki saudara yang bisa kamu kunjungi sesekali kian membuatmu tersiksa. Tiap doamu hanya ingin cepat bisa pulang dan bisa berkumpul dengan mereka yang kamu kenali, karena kamu lelah merasa sendiri dan terasing.

5. Mandiri, dan jauh dari kata "manja"

Semua kamu lakoni sendiri, mulai dari masak sampai mencuci. Diharuskan mandiri padahal masih sangat ingin bisa bermanja-manja.

Jadi anak rantau membuatmu banyak belajar. Mulai dari mengatur keuangan sendiri sampai mandiri untuk bisa berbenah dan bersih-bersih, yang ketika di rumah sudah dibereskan oleh Ibu. Hidup merantau tanpa keluarga menuntutmu bisa melakoni banyak pekerjaan sendiri, hingga mencuci dan memasak kini telah jadi rutinitasmu.

Bukannya tak bisa mengerjakan sendiri, tapi kamu masih kerap berharap ada Ibu atau saudara-saudaramu untuk bisa diajak berbagi pekerjaan. Sifat manjamu masih sesekali muncul, apalagi ketika kamu lelah dan merasa rindu rumah.

6. Super sibuk

Inginnya bisa sesering mungkin pulang dan menengok orangtua. Tapi beban pekerjaan seakan tak ada ujungnya.

Jadi anak rantau yang tidak bisa sering-sering pulang tentu membuatmu menimbun rindu. Wajah orang-orang di kampung halaman kerap membuatmu terbayang tentang indahnya bisa selalu dekat dengan mereka. Namun kamu menyadari bahwa merantau selalu sepaket dengan jarak dan konsekuensinya, tak bisa sesering yang kamu mau untuk bisa pulang.

Selain dipisahan jarak, rentetan tanggung jawab jadi salah satu tembok penghalang untukmu. Jangankan punya waktu untuk pulang, sekadar bisa merebahkan badan di kamar kos saja tak leluasa. Namun itulah yang mesti kamu jalani, memutuskan merantau untuk mengejar kesuksesanmu sendiri, dan kamu pasti bisa melewatinya meski seorang diri.

7. Sering memberi kabar keluarga hanya lewat suara

Sebagai gantinya, kamu hanya mampu menyapa keluarga lewat suara. Tak bisa memberi kepuasan memang, tapi kamu setidaknya mampu membuatmu lega.

Ponsel menjadi satu-satunya alat yang bisa menjembatani rindumu dengan keluarga. Bisa mendengar suara keluargamu saja sudah membahagiakan luar biasa, walau tak bisa membayar rasa rindumu dengan tuntas.

Tapi melalui suara bisa meyakinkanmu bahwa keluargamu disana dalam keadaan baik, atau sekadar bisa saling bertukar cerita sudah membuatmu lega. Perlu kamu tahu, ada sebuah cara untuk mengungkapkan rindu dengan lebih indah dan bahkan langsung tersampaikan, yaitu dengan doa.

Hidup berjauhan dari keluarga memang buat kamu jadi bebas dan belajar mandiri. Namun batin pasti tersiksa bukan? Tak mengapa, berjuanglah sampai kamu merasa tak mampu lagi bangun, karena hidup memang harus terus diperjuangkan.

(***)

Sumber: hipwee.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Ingin Buka Bisnis Penginapan? 5 Hotel Milik Artis Ini Bisa Dijadikan Referensi

Jika Sobiz ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis yang cukup populer dan menguntungkan adalah hotel dan resort. Bahkan artis pun juga turut meramaikan bisnis tersebut. Sangat wajar, sebab bis ...

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis

Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dom ...

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku

Bicara bisnis setelah lebaran, ada beberapa usaha yang bakal ramai banget seusai lebaran ini. Buat Sobiz yang telah menjalankan usaha tersebut, ada baiknya siapkan waktu dan tenaga lebih buat menampun ...

Mengantongi Untung Saat Lebaran Dengan Menyewakan Lahan Parkir Kendaraan

Tingginya animo masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan untuk membeli kendaraan bermotor roda empat, tidak berbanding lurus dengan kepemilikan lahan pribadi yang cukup untuk memarkir ...

Meraup Keuntungan Dari Fenomena Game Online, Bisnis Ini Bisa Sobiz Coba

Kini main game tidak hanya sekadar hobi. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia sudah ada organisasi perkumpulannya dan dinamakan Pe ...

Belajar Dari Bisnis Sewa Modem Di Luar Negeri, Teknologi Wifi Kian Berkembang Menjadi Bisnis

Internet merupakan bahan utama bagi masyarakat zaman sekarang untuk mewujudkan aktualisasi diri mereka di dunia digital. Update di Instagram, foto di tempat wisata, ibaratnya telah menjadi oleh-oleh w ...

Temukan Banyak Referensi Bisnis Khusus di Bulan Ramadhan Hanya di Website Smartbisnis

Untuk menemukan peluang usaha yang cocok dengan Sobiz dan juga membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus, terutama Sobiz perlu tahu apa yang ada dalam diri Sobiz? Kemampuan apa saja ...

Berbagai Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan di Bulan Puasa Menggunakan Sosial Media Bersama Wifi.id Corner

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk memulai usaha mulai dari modal sedikit  sampai dengan modal besar, khususnya usaha online. Berbisnis melalui sosial media contohnya adalah usaha rumah ...

Berbagai Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan Yang Bisa Datangkan Jutaan Rupiah

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadhan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak sekali orang menciptakan usaha dadakan selama bulan puasa den ...

Tips dan Trik Memulai Usaha Baru di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi Sobiz yang mau memulai usaha, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersiap-siap. Seperti diketahui, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan h ...